Beranda > Artikel > Cara Mengatasi Pilek yang Mengganggu Aktivitas

Cara Mengatasi Pilek yang Mengganggu Aktivitas

cara mengatasi pilek

Pilek membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman. Jika tidak diatasi segera, pilek dapat mengganggu aktivitas dan rutinitas Anda sehari-hari. Agar Anda bisa segera bekerja dengan produktif kembali tanpa takut menularkan virus, ada cara mengatasi pilek yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Berkumur

Cara mengatasi pilek yang pertama adalah dengan berkumur. Ini akan membantu Anda merasa lega, terutama di area tenggorokan, yang umumnya terasa sakit juga selama sedang pilek. Anda dapat membuat campuran garam dan air hangat untuk dipakai berkumur. Cukup lakukan tiga hingga empat kali sehari.

Selain campuran garam dan air hangat, Anda juga dapat berkumur dengan menggunakan obat kumur dengan kandungan astringen. Kandungan astringen ini bermanfaat untuk mengatasi iritasi dan gejala peradangan di area tenggorokan Anda. Berkumur dengan madu yang dicampur air hangat juga dapat Anda lakukan karena kandungan anti bakteri serta anti mikroba pada madu dapat membantu membersihkan bakteri dengan baik.

Minuman hangat

Cara mengatasi pilek lainnya adalah dengan meminum minuman hangat, salah satunya adalah teh hitam hangat. Teh hitam kaya akan kandungan astringen yang dapat membantu melegakan tenggorokan yang sakit dan meradang.

Jika Anda tidak memiliki teh hitam, Anda dapat menggantinya dengan air putih hangat. Minuman hangat tidak hanya dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi, tetapi juga dapat menenangkan selaput yang meradang baik di tenggorokan atau di area saluran hidung dan membuat hidung yang tersumbat jadi terasa lebih lega.

Gunakan salep

Salah satu alasan mengapa pilek bisa sangat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas adalah karena pilek membuat hidung Anda tersumbat. Rasanya mengganjal dan membuat sulit bernafas. Menggunakan salep dengan sensasi dingin mentol di area hidung Anda bisa jadi cara mengatasi pilek yang efektif mengurangi hidung tersumbat.

Tidak hanya berbentuk salep, pereda hidung tersumbat juga tersedia dalam bentuk minyak. Tapi hati-hati, jangan gosok atau oleskan di area dalam hidung karena bisa membuat selaput hidung iritasi. Jadi oleskan saja di area luar hidung, di atas tapi tidak terlalu dekat dengan mata, atau di area bawah hidung.

Rutin keluarkan lendir

Saat Anda pilek, tubuh akan memproduksi lendir di area saluran hidung cukup banyak. Untuk itu pastikan Anda rutin mengeluarkan lendir tersebut. Jangan biarkan lama mengendap di dalam hidung karena akan membuat kondisi Anda semakin lama untuk dapat pulih.

Pastikan juga saat akan mengeluarkan lendir Anda melakukannya dengan benar. Lakukan dengan tidak terlalu memberi tekanan kuat karena dapat membawa kuman yang terkandung di dalam lendir tersebut masuk ke dalam saluran telinga yang terhubung dengan saluran hidung. Alhasil, telinga jadi berdengung dan terasa nyeri. Saat mengeluarkan lendir, cukup tekan salah satu sisi hidung hingga lubangnya menutup lalu tiup nafas dan dorong lendir keluar dari lubang lain di hidung yang masih terbuka. 

Istirahatkan tubuh

Cara mengatasi pilek yang terakhir yang tidak boleh Anda abaikan adalah memastikan Anda mengistirahatkan tubuh Anda. Beri kesempatan tubuh Anda untuk mendapatkan energi tambahan demi melawan virus di tubuh. Berusahalah untuk tidur lebih cepat. Akan lebih baik jika Anda bisa mengambil cuti dari pekerjaan selama satu-dua hari.

Saat beristirahat di rumah, pastikan tubuh Anda tetap hangat. Tubuh yang tetap hangat dapat membuat Anda terhindar dari potensi masuk angin selama sedang pilek. Jaga suhu kamar tempat Anda tidur agar lebih lembab dan sejuk karena dapat membantu membunuh virus penyebab flu dan pilek.

Ingat untuk mulai berjaga jarak mulai saat ini, apalagi jika berada di tempat umum. Berikut cara memproteksi diri agar tetap steril dari virus corona. Semoga bermanfaat!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :