Beranda > Artikel > Cara Mengencangkan Otot Kandung Kemih dengan Senam Kegel

Cara Mengencangkan Otot Kandung Kemih dengan Senam Kegel

cara mengencangkan otot kandung kemih

Salah satu cara mengencangkan otot kandung kemih adalah dengan melakukan senam kegel. Kandung kemih sendiri merupakan organ yang berbentuk seperti kantong dan terletak di belakang tulang kemaluan yang berfungsi untuk menyimpan urin dari ginjal hingga siap untuk dikeluarkan.

Dengan senam Kegel, Anda dapat memperkuat otot-otot dasar dari panggul Anda yang menopang kandung kemih, rahim, usus kecil, dan rektum. Anda dapat melakukan senam Kegel kapan dan di mana saja.

Mulailah dengan memahami apa yang dapat dilakukan senam Kegel untuk Anda — kemudian ikuti petunjuk ini untuk mengkontraksikan dan mengendurkan otot-otot dasar panggul Anda, termasuk otot kandung kemih.

Manfaat Senam Kegel

Secara umum, ada beberapa manfaat senam kegel yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

Meningkatkan Fungsi Kandung Kemih

Seiring bertambahnya usia atau bertambahnya berat badan, otot-otot dasar panggul Anda yang menopang kandung kemih akan semakin melemah. Kondisi ini dapat membuat Anda tidak sengaja buang air kecil saat bersin, tertawa, atau batuk (inkontinensia stres). Salah satu cara untuk menguatkan kembali otot-otot tersebut adalah dengan melakukan senam Kegel.

Selain itu, Anda juga dapat meringankan gejala infeksi kandung kemih lainnya seperti inkontinensia mendesak. Namun, jika Anda mengalami inkontinensia total dan inkontinensia berlebih, senam Kegel kurang dapat membantu Anda.

Baca Juga: Pantangan Makanan untuk Neuropati

Meningkatkan Kinerja Seksual Pada Pria

Senam kegel juga bermanfaat untuk meningkatkan libido serta performa seksual pada pria. Latihan ini dapat mengencangkan otot panggul di sekitar penis, sehingga dapat mengatasi ejakulasi dini maupun disfungsi ereksi.

Memperlancar Proses Kelahiran

Melakukan senam kegel secara teratur selama masa kehamilan dapat memperkuat dan mengendurkan otot-otot dari panggul Anda, sehingga proses persalinan menjadi lebih lancar karena jalan lahirnya terbuka. Selain itu, senam kegel juga dapat mencegah prolaps uteri atau rahim turun.

Baca Juga: Inilah Cara Mengobati Radang Amandel dengan Mudah

Mengatasi Keluhan Pada Ibu Hamil

Melakukan senam kegel secara rutin selama masa kehamilan juga dapat meredakan atau mencegah berbagai masalah kehamilan, seperti:

  • Sakit punggung bawah
  • Sembelit atau kesulitan buang air besar
  • Sakit saat buang air kecil, buang air besar, dan berhubungan seks
  • Inkontinensia feses atau kesulitan mengontrol pengeluaran feses

Personal Health Record

Mengencangkan Vagina

Melahirkan atau bertambahnya usia bisa membuat ukuran vagina sedikit lebih longgar. Namun, kondisi ini tidak permanen. Melakukan senam kegel dapat mempercepat pengencangan vagina dengan cara memperkuat otot dasar panggul yang mengelilingi vagina.

Cara Mengencangkan Otot Kandung Kemih dengan Senam Kegel

Senam Kegel sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Latihan ini juga tidak memerlukan alat dan pakaian khusus serta bisa dilakukan dalam posisi duduk maupun berdiri.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan senam kegel:

  • Identifikasi otot panggul bagian bawah dengan menghentikan urin agar tidak keluar saat Anda buang air kecil. Otot-otot yang menahan urin disebut otot panggul bawah.
  • Saat Anda dapat merasakan otot dasar panggul, kencangkan dan tahan selama 5 detik, lalu rilekskan kembali. Saat mengencangkan otot tersebut, tetaplah bernapas dengan rileks dan hindari mengencangkan perut, paha, dan bokong Anda.
  • Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambah durasinya menjadi 5 hingga 10 detik.
  • Tarik napas dan lakukan dalam keadaan santai. Senam kegel dilakukan minimal 4 sampai 6 kali sehari.
  • Namun, hindari melakukan gerakan menahan kencing ini karena meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Diare dan Muntaber Agar Dapat Menanganinya Dengan Tepat

Anda tidak memerlukan waktu dan tempat khusus untuk melakukan senam kegel. Latihan ini bahkan bisa dilakukan saat Anda sedang duduk sambil melakukan pekerjaan di kantor, menonton televisi, atau berdiri.

Manfaat senam kegel bisa dirasakan dalam 3 hingga 6 minggu jika dilakukan secara rutin. Namun, jika kondisi Anda tidak membaik setelah 4 minggu, sebaiknya periksakan ke dokter agar dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

Lakukan senam kegel secara rutin untuk menghindari atau mengurangi gejala dari infeksi kandung kemih. Selanjutnya, selalu jaga dan periksa kesehatan Anda secara rutin, serta simpan riwayat penyakit maupun catatan kesehatan anda di aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Referensi:

https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000141.htm

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/kegel-exercises/art-20045283

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics