Beranda > Artikel > Cara Menghilangkan Insomnia dengan Tepat

Cara Menghilangkan Insomnia dengan Tepat

Artikel Carevo cara menghilangkan insomnia

Tidur cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tidur sehat yang normal ditandai dengan durasi yang cukup, kualitas yang baik, waktu yang tepat dan teratur, dan tidak adanya gangguan dan gangguan tidur. Saat tidur, kerusakan jaringan karena polusi dan radikal bebas akan diperbaiki tubuh. Tidur juga dapat meningkatkan imunitas. Oleh karena itu apabila Anda mengalami gangguan tidur, maka sebaiknya gangguan tidur tersebut segera di Atasi. 

Salah satu gangguan tidur yang sering terjadi adalah insomnia. Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia, salah satu nya stress. Gangguan tidur insomnia  lebih sering muncul pada orang dewasa dibandingkan anak anak.

 

Apa itu Gangguan Tidur Insomnia? 

Gangguan tidur insomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan sulit memulai tidur, sulit mempertahankan tidur, atau bangun terlalu dini kemudian sulit untuk kembali tidur. 

 

Personal Health Record Carevo

 

Gejala Gangguan Tidur Insomnia 

Gejala gangguan tidur pada penderita insomnia dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa bulan. Selain sulit tidur, beberapa gejala lain yang dirasakan penderita gangguan tidur insomnia adalah :  

1. Rasa Tidak Puas pada Kualitas Tidur 

Insomnia meyebabkan kualitas tidur menurun karena jam tidur yang terlalu sedikit atau tidur tidak lelap sehingga seringkali penderita insomnia bangun dengan perasaan tidak puas terhadap kualitas tidur 

2. Gangguan Tidur Terjadi Berulang ulang 

Umumnya gangguan tidur insomnia akan terjadi setidaknya 3 malam setiap minggunya dan gejala gangguan tidur ini dapat bertahan selama 3 bulan. 

3. Mengantuk pada Siang Hari 

Buruknya kualitas tidur sering menyebabkan penderita insomnia  merasa ngantuk sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan penderita insomnia tidak fokus dalam bekerja dan aktivitas sehari hari. 

Baca juga: Gejala Susah Tidur

 

Penyebab Gangguan Tidur Insomnia

Beberapa hal yang sering menyebabkan gangguan tidur insomnia adalah : 

1. Stress 

Kecemasan akan masalah kehidupan, misalnya pekerjaan, keuangan atau sosial, atau kejadian traumatik yang baru saja terjadi dapat menyebabkan insomnia. Selain itu insomnia juga dapat muncul pada orang yang memiliki gangguan jiwa lainnya misalnya: gangguan bipolar, gangguan cemas, gangguan depresi, gangguan stres pasca trauma, dan skizofrenia. 

2. Pola Tidur Buruk 

Kebiasaan pola tidur tidak teratur, beraktivitas di tempat tidur, bermain handphone sebelum tidur dapat menyebabkan pola tidur terganggu sehingga memicu terjadinya insomnia.

3. Penyalahgunaan Zat dan Obat – Obatan 

Gangguan tidur insomnia juga dapat disebabkan oleh penyalahgunaan zat dan obat-obatan, seperti alkohol dan obat narkotika. 

Baca juga: 5 Fungsi Hormon Melatonin untuk Kebutuhan Tidur

 

Dampak Gangguan Tidur Insomnia 

Kualitas tidur yang buruk akan menyebabkan konsekuensi yang buruk bagi mental dan tubuh baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang 

1. Konsekuensi Buruk Jangka Pendek 

Secara umum, dalam waktu jangka pendek gangguan tidur insomnia berdampak buruk bagi kesehatan mental dan kehidupan sehari hari berupa :  

  • Tidak dapat mengelola stress dengan baik  
  • Kualitas hidup menurun, termasuk kehidupan pekerjaan, sekolah atau sosial 
  • Tertekan secara emosional
  • Gangguan mood hingga perilaku 
  • Memori terganggu dan tidak bisa berpikir jernih 

2. Konsekuensi Buruk Jangka Panjang 

Tidur cukup bermanfaat bagi imunitas tubuh. Oleh karena itu gangguan tidur dalam jangka waktu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan risiko mengalami berbagai penyakit berupa : 

  • Hipertensi, atau darah tinggi 
  • Dislipidemia, atau gangguan kolestrol 
  • Masalah pembuluh darah , termasuk penyakit jantung 
  • Masalah saraf, termasuk stroke 
  • Masalah terkait berat badan, termasuk obesitas dan diabetes 
  • Kanker dan kematian tertentu. 
  • Gangguan pencernaan 

Baca juga: 7 Makanan Yang Mengandung Melatonin untuk Kebutuhan Tidur

 

Cara Menghikangkan Gangguan Tidur Insomnia 

Oleh karena insomnia tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental, maka sebaiknya gangguan tidur ini harus segera diatasi. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan gangguan tidur tersebut adalah:

1. Memperbaiki Pola Tidur Bersih (sleep hygiene) 

Tujuan melakukan sleep hygene adalah untuk mengembalikan pola tidur agar menjadi teratur kembali. Beberapa cara untuk melakukan sleep hygiene adalah : 

  • Pertahankan jam tidur dan jam bangun secara teratur 
  • Pertahankan jadwal olahraga secara teratur 
  • Luangkan waktu tenang selama 1 jam sebelum tidur 
  • Jika Anda mengkhawatirkan suatu hal, coba tulis pada selembar kertas dan selesaikan besok hari 
  • Buat suasana kamar menjadi sejuk, gelap dan tenang 

Perlu diperhatikan, hal hal berikut sebaiknya Anda hindari sebab hal – hal tersebut dapat mencetuskan insomnia: 

  • Menonton televisi di atas ranjang ketika sulit tidur 
  • Tidur siang 
  • Minum kopi saat sore dan/atau malam 
  • Makan berat sebelum tidur dengan harapan mengantuk setelah makan 
  • Merokok ketika sulit tidur 
  • Minum minuman beralkohol untuk membantu tidur 
  • Membaca di atas ranjang ketika sulit tidur 
  • Makan, berolahraga, atau memainkan gadget di atas ranjang 

2. Berkonsultasi pada Dokter 

Anda dapat berkonsultasi pada dokter apabila setelah melakukan sleep hygine, keluhan insomnia tidak menunjukkan perbaikan. Dengan berkonsultasi, dokter dapat menemukan apakah Anda sedang mengalami penyakit tertentu sehingga menyebabkan insomnia, misalnya gangguan jiwa, gangguan saraf, atau penyakit medis lainnya.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur

 

Konsultasi Psikiater Psikolog Online - Banner Artikel SMC

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan Aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Referensi: 

  1. Boland R. Kaplan and Sadock’s Synopsis of Psychiatry. 12th ed. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins; 2021. 

  1. Insomnia: Practice Essentials, Background, Anatomy. Emedicine.medscape.com. 2022. Available from: https://emedicine.medscape.com/article/1187829-overview#a2 

  1. 10. Insomnia – Symptoms and causes [Internet]. Mayo Clinic. 2022. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/symptoms-causes/syc-20355167 

  1.  Medic G, Wille M, Hemels M. Short- and long-term health consequences of sleep disruption. Nature and Science of Sleep. 2017;Volume 9:151-161. 

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics