Beranda > Artikel > 15+ Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Medis

15+ Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Medis

Artikel Carevo - 15+ Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Medis

Apakah Anda memiliki kantung mata? Ternyata ada lebih dari 15 cara menghilangkan kantung mata yang bisa dilakukan lho! Mulai dari cara alami yang bisa dilakukan di rumah hingga perawatan medis yang dapat membantu mengurangi warna gelap dan kerutan di sekitar mata dan membuat wajah Anda terlihat lebih segar.

 

1. Menggunakan teh hijau untuk mengurangi kantung mata

Teh hijau telah lama dikaitkan dengan sifat antioksidannya yang kuat, yang efektif dalam melawan tanda-tanda penuaan. Sekarang sedang diteliti sebagai cara untuk mengurangi kantung mata dan bengkak. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau mengandung kafein yang diperlukan untuk mengurangi aliran darah, mengurangi peradangan, dan mengurangi retensi air di kulit sekitar mata Anda. Hal ini membuat teh hijau menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata yang signifikan jika dikombinasikan dengan diet sehat dan kebiasaan tidur yang tepat. Disarankan untuk minum teh hijau secara konsisten sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk efektivitas maksimum.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

 

2. Mengonsumsi buah-buahan yang dapat mengurangi kantung mata

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa jenis buah dapat mengurangi kantung mata. Beberapa di antaranya adalah:

– Jeruk dan jambu biji

Buah-buahan yang tinggi vitamin C dan E seperti jeruk dan jambu biji dapat sangat membantu mengurangi kantung mata. Keduanya dianggap dapat mengurangi peradangan di sekitar mata dan membuat kulit menjadi halus dan kenyal.

– Biji delima

Mengandung asam ellagic, antioksidan yang dikenal karena sifat melawan jerawat, yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan bengkak yang disebabkan oleh retensi cairan di bawah mata.

– Stroberi

Stroberi menjadi pilihan ideal karena mengandung asam ellagic, yang telah terbukti mengurangi pembengkakan inflamasi di bawah mata.

– Apel

Selain dikenal karena khasiat penyembuhannya, irisan apel yang dihancurkan dapat dioleskan langsung di atas mata selama 30 menit atau lebih dapat mengurangi lingkaran hitam dan mengurangi retensi air.

– Timun

Irisan mentimun segar adalah metode yang telah dicoba dan terbukti dapat menenangkan kantung mata.

– Pisang

Pisang juga menjadi alternatif yang bagus karena mengurangi munculnya keriput saat dioleskan pada kulit di sekitar mata.

Buah-buahan tersebut dapat dikonsumsi ataupun diiris / dihancurkan untuk diletakkan di area sekitar mata untuk mengurangi kantung mata dengan efektif.

Baca juga: 10 Buah untuk Meningkatkan Imun Tubuh Anda

 

3. Mencuci mata dengan air hangat

Cara menghilangkan kantung mata yang paling sederhana adalah dengan menggunakan air hangat. Cukup basahi kain lap atau kapas lembut dengan air hangat dan tahan dengan lembut pada mata yang tertutup selama 5-10 menit pada suatu waktu. Panas membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata dengan mengecilkan pembuluh darah untuk sementara, yang menyebabkan berkurangnya bengkak dan kantung di bawah mata secara nyata.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Hangat

 

4. Mengompres bagian mata dengan es batu atau kompres dingin lainnya

Cara efektif untuk mengurangi kantung mata adalah dengan mengompres area sekitar mata Anda dengan es atau kompres dingin. Hal ini akan mengurangi pembengkakan dan menghasilkan kulit yang lebih halus dengan lebih sedikit kerutan. Suhu dingin mengurangi peradangan yang tidak diinginkan dan membuat sel-sel kulit lebih sehat, yang mengarah ke jaringan yang lebih kencang dan secara alami mengurangi kantung mata. Menerapkan kompres dingin juga membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh iritasi atau kelelahan. Mendinginkan kulit Anda selama beberapa menit setiap hari dapat membuat perbedaan besar dalam mengurangi kantung mata dan mendapatkan penampilan awet muda yang Anda inginkan.

 

5. Menggunakan pelembap mata 

Pelembab bawah mata adalah solusi yang bagus untuk siapa saja yang memiliki kantung mata yang mengganggu. Pelembab ini membantu mengurangi bengkak dan merevitalisasi warna kulit di sekitar mata. Asam hialuronat, minyak alami, dan bahan aktif lainnya membantu mengurangi lingkaran hitam, menghidrasi area bawah mata yang halus, mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, produk ini menutrisi kulit sambil mengunci kelembaban vital untuk mengurangi munculnya bengkak. Jika digunakan dengan benar, produk ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata yang cepat dan efektif.

 

6. Menggunakan masker khusus untuk mata

Masker mata adalah cara yang bagus untuk mengurangi munculnya kantung mata. Produk ini dapat mengurangi bengkak, lingkaran hitam, dan kerutan di sekitar mata, memberikan kulit penampilan yang lebih muda. Masker mata bekerja dengan memberikan sensasi dingin sambil mengompres area tersebut, yang membantu mengurangi pembuluh darah yang meradang dan mengurangi penumpukan cairan di kulit sekitarnya. Menggunakan masker mata secara teratur dapat mengisi kembali kulit bawah mata yang tipis dengan hidrasi dan minyak esensial yang sangat dibutuhkan.

 

7. Memijat area sekitar mata secara lembut

Memijat mata adalah tip yang bermanfaat bagi mereka yang ingin mengurangi kantung mata dan mendapatkan penampilan yang segar. Kulit di sekitar mata bisa sangat sensitif dan rentan terhadap lingkaran hitam dan tanda-tanda kelelahan, yang dapat mempengaruhi penampilan fisik. Dengan menggunakan pijatan lembut di area ini dengan jari-jari Anda atau alat pijat lainnya, Anda dapat membantu mengurangi bengkak pada kantung mata. Dengan melakukan hal tersebut membantu merangsang sirkulasi dan drainase limfatik, menyingkirkan cairan yang terperangkap di daerah mata dan membantu mengurangi ukuran kantung mata. Memijat mata mudah dilakukan di rumah; tidak hanya memberikan kelegaan untuk mata yang tegang tetapi juga dapat membantu mengurangi kantung mata bila dilakukan secara teratur.

Baca juga: Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya

 

8. Mencuci muka secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati

Penting untuk merawat kulit Anda untuk kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Salah satu cara untuk mengurangi kantung mata adalah dengan mencuci muka dengan benar setiap hari. Mencuci menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran lainnya dari kulit dan membantu mengurangi bengkak di sekitar mata. Untuk mengurangi kantung mata, gunakan pembersih yang lembut dengan air hangat dan pijatkan ke kulit dengan gerakan memutar. Yang paling penting, pastikan untuk melembabkan setelahnya untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

 

9. Menghindari paparan sinar matahari langsung

Menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari langsung dapat merusak kesehatan mata Anda dan mengurangi elastisitas kulit halus Anda, yang mengakibatkan timbulnya kantung mata. Menghindari paparan sinar matahari secara langsung adalah cara yang mudah, namun efektif untuk mengurangi pembentukan kantung mata yang mengganggu dan merusak penampilan yang sempurna. Mengenakan sunscreen, kacamata hitam, topi, atau pakaian pelindung sinar matahari dapat secara efektif membantu mengurangi kantung mata.

 

10. Mengurangi aktivitas di depan layar

Menatap layar sepanjang hari bisa berbahaya bagi kesehatan mata kita, yang mengakibatkan kantung mata yang ditakuti. Untuk mengurangi dampak terlalu banyak waktu menatap layar pada mata kita, kurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk menatap perangkat layar dan pilihlah cahaya yang lebih alami. Pastikan untuk beristirahat secara teratur dari semua jenis perangkat digital dan biasanya berkedip saat melihat layar. Memasukkan strategi seperti ini dapat membantu mengurangi kantung mata yang mungkin terbentuk sebagai akibat dari terlalu banyak paparan layar yang terlalu lama.

 

11. Meminum banyak air putih sehari-hari

Tetap terhidrasi adalah bagian penting dari rutinitas kesehatan dan kebugaran, tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa minum cukup air setiap hari dapat mengurangi munculnya kantung mata. Kantung mata adalah tanda kurang tidur atau dehidrasi, jadi memastikan Anda minum cukup air adalah salah satu solusi alami untuk mengurangi penampilan mereka. Kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda, Anda bisa menggunakan fitur Fit Tracker di Aplikasi Carevo untuk mengetahui jumlah air putih harian yang tepat untuk Anda.

 

12. Menghindari merokok dan minum alkohol

Seiring dengan bertambahnya usia, adalah wajar jika kulit di sekitar mata mulai terkulai dan terlihat longgar. Untuk mengurangi kantung mata seperti itu, salah satu tindakan yang paling efektif adalah mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol. Keduanya dapat mengurangi elastisitas pada kulit, yang menyebabkan kerutan atau kendur. Selain itu, konsumsi rokok dan alkohol yang sering dapat menyebabkan dehidrasi, memperburuk penampilan kantung mata serta berkontribusi pada tanda-tanda penuaan dini. Untungnya, menjauhkan diri dari kebiasaan-kebiasaan ini akan meningkatkan tingkat hidrasi dan mengurangi kantung mata dari waktu ke waktu.

 

13. Tidur cukup setiap malam

Tidur sangat penting bagi tubuh, tidak hanya untuk energi tetapi juga untuk mengurangi kantung mata. Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dan estetika, terutama bengkak di sekitar mata. Untuk mengurangi kantung mata, penting untuk memastikan Anda mendapatkan 7-8 jam tidur setiap malam di lingkungan yang nyaman dan gelap yang mendorong tidur nyenyak. Tidur yang berkualitas membantu mengurangi kelelahan dan akan memastikan bahwa jaringan halus di sekitar mata Anda tidak terganggu atau teriritasi karena istirahat yang tidak cukup. Jadi jangan meremehkan pentingnya istirahat yang cukup.

 

14. Mengurangi stres dengan meditasi atau olahraga

Ada dua aktivitas mudah dan murah yang dapat mengurangi munculnya kantung mata, yaitu olahraga dan meditasi. Olahraga ringan yang teratur akan mengurangi bengkak dengan mengarahkan aliran darah menjauh dari wajah sambil mendorong regenerasi jaringan, sementara meditasi yang selalu populer membantu mengurangi hormon stres yang berkontribusi pada pembengkakan. Kedua aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat lain untuk  kesehatan fisik dan mental, jadi mengapa tidak mencoba keduanya?

 

15. Treatment untuk Kantung Mata di klinik kecantikan

Ada berbagai perawatan medis yang tersedia bila Anda ingin mengurangi kantung mata secara instan. Konsultasi dengan dokter kecantikan atau dermatologist dapat membantu menentukan solusi terbaik untuk kasus Anda. Perawatan yang dapat mengurangi kantung mata termasuk terapi laser, chemical peeling, suntik filler dan operasi. 

– Terapi Laser

Terapi laser dirancang untuk mengurangi kegelapan di bawah mata, 

– Chemical Peeling

sementara chemical peeling mengelupaskan jaringan di sekitar bola mata, sehingga penampilan lebih muda.

– Suntik Filler

Filler dapat mengurangi bengkak atau membantu mengurangi kerutan yang terbentuk di sekitar area mata.

– Operasi

Prosedur bedah seperti blepharoplasty dirancang untuk membentuk kelopak mata Anda dan menghilangkan timbunan lemak yang menumpuk di bawah mata.

Apapun metode yang Anda pilih untuk mengurangi kantung mata, pastikan Anda berkonsultasi dengan profesional medis yang berpengalaman untuk hasil yang paling aman dan efektif. Booking konsultasi dan treatment dari klinik kecantikan lebih praktis lewat Aplikasi Carevo.

 

Itulah serangkaian informasi seputar 15 cara menghilangkan kantung mata. Selalu jaga kesehatan dan simpan catatan kesehatan anda di Aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Artikel ini direview oleh: dr. Mikhael Yosia

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics