Beranda > Artikel > Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami

Kutu rambut menjadi “masalah” musiman yang biasanya menyerang anak-anak. Tetapi, orang dewasa juga tidak imun dari kutu rambut. Biasanya, kehadiran kutu rambut di kepala ditandai dengan rasa gatal yang begitu mengganggu, kemudian munculnya kutu dan telur-nya. Jika Anda ingin segera membasmi kutu rambut dalam sekali treatment, ternyata bisa menggunakan tanpa obat pembasmi kutu dan Anda bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai solusi bahan alami alternatif untuk menghilangkan kutu rambut. 

Efektivitas minyak kayu putih terhadap kutu rambut

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih ternyata tidak hanya digunakan di Indonesia saja, tetapi juga di luar negeri. Hal ini bisa dilihat dengan adanya beberapa studi mengenai efektivitas minyak kayu putih (eucalyptus oil) dalam membasmi kutu rambut (head lice). 

Dalam sebuah studi di tahun 2017, dikatakan bahwa sampo dengan kandungan minyak kayu putih lebih efektif dalam membasmi kutu rambut daripada sampo permethrin karena adanya efek menenangkan dari kandungan minyak kayu putih. 

Selain itu, sebuah studi di Australia menggabungkan minyak kayu putih dengan Leptospermum petersonii (EO/LP) dan membuktikan bahwa campuran ini efektif membunuh kutu rambut beserta dengan telurnya. Bahkan, 100% dari kutu rambut yang ditangkap sudah mati karena campuran EO/LP. 

Baca Juga : 5 Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-Tiba

Ini dikarenakan senyawa aktif utama dari minyak kayu putih, cineol, yang merupakan insektisida nabati. Cineol dapat meracuni, mengurangi nafsu makan, menghambat pertumbuhan, serta menurunkan fertilitas dan peletakan telur pada serangga seperti kutu rambut.

Apakah Kutu Rambut Bisa Hilang Dengan Sendirinya?

Kutu rambut tidak akan bisa hilang dengan sendirinya jika dibiarkan tanpa perawatan. Bahkan kutu yang sudah mati pun masih bisa meninggalkan telur yang akan menetas dan beranjak dewasa di kulit kepala, terus berkembang biak menghasilkan telur. Siklus ini terus berputar, sehingga tidak akan ada habisnya jika dibiarkan begitu saja.

Personal Health Record

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih

Untuk itu, mari simak lebih lanjut soal cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih di bawah ini. 

1. Menyisir rambut saat basah

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih yang satu ini dikenal juga dengan metode wet-combing. Mula-mula, Anda memerlukan sisir bergigi rapat atau menggunakan sisir serit agar bisa lebih mudah menangkap kutu rambut. Lalu, pisahkan rambut dalam beberapa bagian kecil untuk memudahkan Anda. 

Kemudian, oleskan minyak kayu putih yang banyak di sisir dan pastikan sudah menutup seluruh gigi sisir. Sisirkan rambut dari ujung akar sampai ujung batang rambut. Pastikan Anda melakukan ini di tempat yang terang. Setelah setiap sisiran, bilas sisi dengan air panas, dan oleskan lagi dengan minyak kayu putih. Jika semua bagian rambut sudah disisir dan Anda sudah yakin tidak ada lagi kutu yang tertinggal, segera keramas dengan shampo biasa. 

2. Minyak kayu putih dengan alkohol

Jika ingin cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih yang jauh lebih mudah tanpa harus menyisir setiap helai rambut, Anda bisa mencampurkan minyak kayu putih dengan cairan alkohol antiseptik. Ambil botol spray sebagai wadah. Tuangkan 15-20 tetes minyak kayu putih ke dalam 4 oz alkohol (sekitar setengah gelas) dan masukkan ke dalam botol spray tadi.

Anda pun tinggal membasahi rambut dengan larutan ini dan diamkan hingga 12 jam. Setelahnya, jangan lupa untuk menyisir rambut secara menyeluruh untuk membuang bangkai kutu rambut dan telurnya dari kulit kepala.

3. Minyak kayu putih dengan jeruk nipis

cara menghilangkan kutu rambut secara alami lainnya yang bisa dicoba adalah dengan mencampurkannya bersama jeruk nipis. Tidak perlu repot, tuangkan enam sendok makan minyak kayu putih dengan perasan dua buah jeruk nipis. Lalu, oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala. 

Pijat lembut agar minyak kayu putih bisa lebih meresap, diamkan hingga 2 jam. Setelah itu, Anda tinggal sisir rambut dan keramas menggunakan shampo dan bilas rambut dengan air hangat hingga bersih untuk mengusir kutu.

4. Minyak kayu putih dengan minyak zaitun

Cara ini hampir mirip dengan cara-cara sebelumnya. Anda cukup mencampurkan 15-20 tetes minyak kayu putih ke dalam 2 oz minyak zaitun. Aduk dulu hingga merata, lalu ambil kapas untuk mengoleskan campuran ini ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama 12 jam atau semalaman. Sisir rambut dan keramas hingga bersih. Anda bisa mengulangi proses ini selama beberapa hari untuk hasil yang lebih optimal. 

5. Oleskan minyak kayu putih secara bertahap

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih yang satu ini merupakan cara yang dilakukan oleh sebuah studi di Australia untuk menghitung efektivitas minyak kayu putih terhadap kutu rambut. Anda bisa menggunakan salah satu dari 4 metode di atas, namun lakukan selama berkali-kali dalam sebulan. 

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Kepala Pusing

Dianjurkan untuk mengoleskan minyak kayu putih ke kepala sekali dalam 3 minggu agar bisa membasmi kutu rambut dan telur-telur yang belum menetas. Ini karena telur kutu rambut baru menetas setelah 10 hari, jadi cara ini menjamin kulit kepala 100% bersih dari kutu rambut. Jangan lupa untuk menyisir rambut secara menyeluruh untuk menangkap kutu-kutu rambut yang sudah mati. Pastikan selalu menjaga kebersihan rambut agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini.

Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

  1. EFEKTIFITAS BEBERAPA MERK MINYAK KAYU PUTIH TERHADAP MORTALITAS Pediculus humanus capitisSECARA IN VITRO
    https://ejurnal.stikes-bth.ac.id/index.php/P3M_JKBTH/article/view/148/139 

  2. Effectiveness of eucalyptus and cinnamon essential oils compared to permethrin in treatment of head lice infestation
    https://www.researchgate.net/publication/318092446_Effectiveness_of_eucalyptus
    _and_cinnamon_essential_oils_compared_to_permethrin_in_treatment_of_head
    _lice_infestation
     

  3. The efficacy of Australian essential oils for the treatment of head lice infestation in children: A randomised controlled trial
    https://www.researchgate.net/publication/314300963_The_efficacy_of_Australian
    _essential_oils_for_the_treatment_of_head_lice_infestation_in_children_A
    _randomised_controlled_trial
     

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :