Beranda > Artikel > 5 Cara Menghilangkan Pilek Dengan Cepat

5 Cara Menghilangkan Pilek Dengan Cepat

cara menghilangkan pilek

Sebagian orang biasanya menganggap remeh pilek. Padahal, terdapat cara menghilangkan pilek dengan cepat. Tidak jarang beberapa orang yang sedang pilek ini tetap beraktivitas seperti biasa alih-alih mengambil waktu untuk merawat diri. Alhasil, pilek bisa berlangsung cukup lama dan jadi mengganggu beberapa pekerjaan atau aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

Jangan anggap remeh pilek. Kondisi pilek terus-terusan bisa membuat sistem imun Anda melemah sampai akhirnya tubuh jadi drop dan Anda justru tidak dapat beraktivitas sama sekali. Daripada semakin parah, coba terapkan cara menghilangkan pilek yang efektif dengan beberapa cara mudah di bawah ini.

Istirahat yang cukup

Centers for Disease Control and Prevention Trusted Source Amerika Serikat menyarankan Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup saat pilek. Dapatkan tidur yang cukup untuk meningkatkan sistem imun Anda. Bagi Anda yang gemar berolahraga, Anda juga harus istirahat dari ini selama beberapa waktu.

Pada umumnya, pilek dapat berlangsung 7 hingga 10 hari. Itu sebabnya Anda disarankan beristirahat penuh selama 24 jam di rumah, terutama saat Anda masih memiliki gejala umum lainnya seperti batuk, hidung masih memproduksi lendir, merasa kelelahan, hingga demam.

Perbanyak minum air

Selain mendapatkan istirahat yang cukup, cara menghilangkan pilek yang efektif juga adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih. Apalagi jika Anda terkena pilek yang disertai dengan demam, tubuh Anda akan berkeringat dengan lebih mudah sehingga membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan. Banyak minum air putih akan mempertahankan kondisi hidrasi tubuh.

Anda juga dapat mengonsumsi makanan-makanan yang berkuah selama sedang pilek karena bisa mendukung kebutuhan hidrasi tubuh saat Anda pilek. Makan selagi hangat karena makanan jauh lebih mudah untuk dicerna dan tidak membuat tubuh bekerja terlalu keras seperti saat mencerna makanan dingin.

Hirup uap panas

Kondisi yang paling mengganggu saat Anda sedang pilek adalah hidung tersumbat. Selain tidak nyaman, Anda juga akan kesulitan untuk bernafas. Anda dapat mengatasi ini dengan menghirup uap panas.

Caranya, siapkan air panas di mangkok. Lebih baik lagi jika air panas tersebut ditetesi minyak aromaterapi. Setelah itu, arahkan hidung ke atas mangkuk lalu hirup uap panas yang naik dari air panas dan minyak aroma terapi. Uap panas tersebut akan membantu membuka atau melonggarkan rongga hidung sehingga meredakan hidung yang tersumbat.

Keluarkan lendir

Selain menggunakan uap panas untuk menghilangkan lendir saat pilek, Anda juga harus secara rutin mengeluarkan lendir dari hidung. Namun, jangan keluarkan lendir dengan terlalu kencang atau kuat. Tekanan yang terlalu kuat justru dapat membuat Anda pusing atau bahkan menghantarkan sebagian lendir masuk saluran telinga yang akan membuat telinga sakit.

Vitamin C

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harri Hemilä dan Elizabeth Chalker di tahun 2013 yang dimuat di laman Cochrane Library menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi durasi pilek pada orang dewasa hingga 8%, dan pada anak-anak hingga 14%.

Sebaiknya konsumsi vitamin C saat Anda belum benar-benar mengalami pilek atau saat baru timbul gejala-gejala awal, seperti badan mulai terasa kelelahan dan lemas, serta hidung terasa tersumbat. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin C 90 mg untuk pria, 75 mg untuk wanita (tidak sedang hamil) per harinya. Sementara untuk anak-anak, konsumsi paling tidak setengah dari dosis tersebut.

Itu dia kelima cara menghilangkan pilek dengan cepat yang dapat Anda lakukan. Cara-cara di atas tersebut dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan disiplin. karena pilek dapat lebih cepat sembuh jika Anda benar-benar meluangkan waktu untuk perawatan-perawatan tersebut. 

Untuk berjaga-jaga, coba tanyakan apakah dokter tempat kamu berkonsultasi sudah memiliki platform online untuk berkonsultasi. Carevo adalah penyedia fasilitas Telehealth kesehatan berbasis teknologi untuk memudahkan pasien dan tenaga medis.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :