Beranda > Artikel > 5 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan

5 Cara Menghilangkan Pusing Berkepanjangan

cara menghilangkan pusing

Beberapa orang ada yang mengalami kepala pusing berkepanjangan atau sakit kepala yang berlangsung lebih dari satu hari. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Cara menghilangkan pusingnya pun harus disesuaikan dengan penyebab itu sendiri. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pusing yang berkepanjangan.

Kurangi konsumsi obat penghilang rasa sakit

Salah satu alasan yang paling umum seseorang mengalami pusing berkepanjangan adalah karena terlalu sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Resep dokter pun pada umumnya juga membatasi untuk tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit selama lebih dari 10 hari dalam satu bulan. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang salah satunya adalah membuat kepala terasa pusing. Jika Anda masih mengkonsumsi obat ini secara berlebihan, segera kurangi agar pusing berkepanjangan Anda bisa berkurang.

Berolahraga rutin

Cara mengatasi pusing berkepanjangan lainnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu melakukan olahraga berat, olahraga ringan seperti jogging atau melakukan gerakan stretching juga sudah cukup asal dilakukan dengan konsisten.

Olahraga ini juga perlu diimbangi dengan pola tidur yang teratur, makan tepat waktu, dan tidak bekerja secara berlebihan. Pola hidup sehat seperti ini dapat menyeimbangkan kondisi tubuh dan menghilangkan sakit kepala berkepanjangan yang sering Anda rasakan.

Lakukan relaksasi

Penyebab lain yang bisa menyebabkan kepala pusing berkepanjangan adalah karena stres. Oleh sebab itu, kurangi hal-hal yang membuat Anda stres dengan beralih melakukan aktivitas relaksasi, seperti pijat terapi, meditasi, atau yoga.

Saat beristirahat di malam hari, tidurlah dengan lampu padam atau lampu tidur bercahaya redup, dan pasanglah aromaterapi. Dengan begini, tubuh akan jadi lebih rileks dan mudah tertidur. Tidur juga akhirnya jadi lebih berkualitas dan dapat mengurangi stress yang jadi penyebab kepala sakit.

Terapi fisik

Cara menghilangkan pusing dengan melakukan terapi fisik juga dapat dilakukan, terutama jika penyebab kepala pusing yang Anda rasakan dikarenakan faktor tegang otot leher dan kepala. Salah satu terapi fisik yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan fisioterapi.

Fisioterapi adalah perawatan untuk mengembalikan kembali fungsi otot-otot yang tegang, terutama jika disebabkan oleh kesalahan postur karena tidak banyak bergerak atau cedera saat sedang beraktivitas.

Perbanyak air dan istirahat yang cukup

Jika penyebab pusing berkepanjangan yang Anda alami belum diketahui, maka pastikan saja tubuh tetap terhidrasi dan mendapat istirahat yang cukup setiap harinya. Jika Anda mendapati tubuh mulai kelelahan dan kepala mulai terasa pusing, ini adalah tanda untuk mulai memperhatikan kesehatan diri sendiri. Coba periksa apa kegiatan Anda belakangan ini. Apakah Anda terlalu diforsir bekerja, kurang tidur, atau terlalu lama berolahraga tanpa istirahat cukup untuk mengimbangi aktivitas tubuh Anda.

Setelah melakukan beberapa cara menghilangkan pusing berkepanjangan di atas dan Anda masih tetap merasa pusing, coba perhatikan dengan saksama apakah ada gejala seperti mual, pandangan terasa kabur, pusing begitu bangun dari tempat tidur, keringat dingin, atau jantung berdegup sangat kencang. Apabila ternyata terdapat gejala-gejala lanjutan tersebut, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Untuk saat ini akan lebih aman jika Anda dapat berkonsultsi secara online. Coba tanyakan apakah dokter rumah sakit tempat Anda berkonsultasi sudah menyediakan platform online untuk berkonsultasi. Simak juga beberapa kemudahan berkonsultasi secara online dengan dokter. 

Carevo adalah penyedia fasilitas Telehealth kesehatan berbasis teknologi untuk memudahkan pasien dan tenaga medis.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :