Beranda > Artikel > Bagaimana Cara Mengobati Glaukoma dengan Daun Sirsak?

Bagaimana Cara Mengobati Glaukoma dengan Daun Sirsak?

cara mengobati glaukoma dengan daun sirsak

Glaukoma adalah penyakit mata serius yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan alias kebutaan permanen. Penyakit ini seringkali tidak memiliki tanda atau gejala khusus yang membuatnya terkadang tidak kita sadari, dan jika tidak terdeteksi diobati, dapat menyebabkan kebutaan. Dalam kebanyakan kasus, glaukoma disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di dalam mata, tekanan intraokular atau TIO, yang merusak saraf optik. Segera setelah glaukoma ditemukan, pasien harus mengikuti rekomendasi pengobatan glaukoma dari dokter mata mereka untuk memperlambat atau mencegah kehilangan penglihatan, atau menggunakan cara yang satu ini. Mari cari tahu cara mengobati glaukoma dengan daun sirsak berikut ini.

Cara Mengobati Glaukoma dengan Daun Sirsak

Glaukoma telah menjadi penyebab utama kebutaan permanen di seluruh dunia. Pengobatan yang tepat penting untuk melindungi penglihatan. Standar terapi glaukoma saat ini adalah dengan menurunkan tekanan intraokular (TIO) melalui terapi medis, laser, dan/atau bedah. Namun, sudah ada peningkatan jumlah pasien glaukoma yang menggunakan obat-obatan alternatif untuk mengobati penyakit ini.

Daun dari spesies Annona muricata L. berasal dari pohon dengan tinggi antara 4 dan 6 meter, dari keluarga tumbuhan Annonaceae. Daunnya sederhana, lonjong, dan seperti telur atau berbentuk elips dengan panjang antara 5 dan 15 cm. Daun sirsak memiliki kegunaan yang berbeda menurut negara asalnya. Kegunaan terpenting dalam pengobatan tradisional, yang sudah dibuktikan secara ilmiah dalam uji praklinis adalah untuk peradangan, nyeri, infeksi, diabetes, dan kanker.

Untuk bisa memanfaatkan daun ini dengan benar, ikuti langkah berikut ini:

  • Siapkan 10-15 lembar daun sirsak
  • Cuci bersih dengan air mengalir 
  • Panaskan air sebanyak 600cc di atas api kecil
  • Masukkan daun sirsak
  • Tunggu hingga menguap hingga tersisa air rebusan yang cukup untuk satu gelas.

Minumlah selagi hangat secara rutin untuk bisa merasakan berbagai macam manfaat yang ditawarkan oleh obat herbal ini.

Cara Lain Mencegah atau Mengobati Glaukoma

Berikut adalah beberapa tip kesehatan yang dapat membantu mata Anda merespons sebaik mungkin terhadap perawatan medis. Pengobatan alami untuk glaukoma tidak akan cukup untuk mengobati kondisi ini dan tidak akan bisa menyembuhkan secara sempurna, namun akan bisa mendukung pengobatan yang diresepkan.

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga ringan dapat membantu Anda mempertahankan tingkat TIO yang sehat. Ini karena olahraga meningkatkan aliran darah ke mata dan ke seluruh tubuh. Sebaliknya, olahraga berat dapat meningkatkan TIO, jadi hindari olahraga yang berlebihan.

2. Konsumsi tanaman herbal lainnya

Tumbuhan tertentu dipercaya dapat membantu pengobatan glaukoma. Secara khusus, ginkgo dan bilberry mungkin memiliki beberapa manfaat. Manfaat pengobatan herbal untuk glaukoma ini antara lain:

  • Ginkgo (ginkgo biloba): Dalam beberapa model ilmiah, ramuan ini telah menunjukkan peningkatan aliran darah mata.
  • Bilberry (Vaccinium myrtillus): Bilberry populer karena sifat antioksidannya yang kuat. 

 

3. Terapkan diet sehat

Secara khusus, buah dan sayuran yang lebih tinggi vitamin A dan C, serta karotenoid, tampaknya bermanfaat. Sayuran terpenting yang bisa Anda dimasukkan ke dalam menu adalah sayuran hijau seperti bayam, collard greens, kangkung, dan kubis Brussel. Antioksidan juga dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada saraf optik. Anda dapat menemukan antioksidan dalam makanan seperti cranberry, teh hitam dan hijau, biji rami, delima, dan beri acai.

Itulah cara mengobati glaukoma dengan daun sirsak serta berbagai informasi penting lainnya, selalu perhatikan kesehatan dari mulut dan gigi Anda. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :