Beranda > Artikel > 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah

cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah

Di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, Anda harus mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Situasi seperti saat ini mengharuskan kita untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk menghindari risiko terpaparnya virus COVID-19. Oleh karena itu, melalui artikel ini Carevo akan memberikan informasi untuk Anda mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah.

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah?

Berikut ini, ada 7 cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang perlu Anda ketahui dan lakukan, yaitu:

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Cara pertama dan yang paling penting adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Konsumsilah makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral untuk memperkuat  sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin E 400 IU untuk Kesehatan

2. Istirahat yang Cukup

Tidur menjadi salah satu hal yang penting dalam peningkatan daya tahan tubuh. Jika Anda sering memiliki jam tidur yang kurang, maka imunitas tubuh akan mulai turun dan lemah sehingga meningkatkan potensi untuk terpapar penyakit, khususnya COVID-19. Untuk itu, dapatkan istirahat yang cukup setidaknya 7 hingga 8 jam sehari untuk orang dewasa dan 9 hingga 10 jam untuk remaja agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Imunitas Agar Tidak Mudah Sakit

3. Rajin Berolahraga

Banyak hal yang didapat dari rajin berolahraga, salah satunya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Meskipun saat ini Anda tidak bisa berolahraga seperti lari pagi di luar rumah, ada berbagai pilihan olahraga alternatif yang dapat dilakukan seperti melakukan lompat tali atau melakukan olahraga beban tubuh seperti squat, sit-up, push-up, dan lainnya. Luangkanlah setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga.

Personal Health Record

4. Konsumsi Suplemen dan Vitamin

Cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh lainnya adalah dengan mengkonsumsi suplemen dan vitamin. Di situasi seperti sekarang ini, minimumnya Anda perlu mengkonsumsi vitamin C dan zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pastikan suplemen dan vitamin yang Anda konsumsi aman untuk digunakan setiap hari dan tidak mengganggu kinerja lambung.

Baca Juga: Awas! Hindari Makanan Ini bila Anda Penderita Penyakit Autoimun

5. Hindari Stres

Stres dapat menjadi salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Terutama di situasi pandemi COVID-19 saat ini yang terus menerus meningkat, tidak sedikit orang yang mulai stres karena hal tersebut. Untuk itu, sangat penting untuk Anda agar dapat menghindari stres agar daya tahan tubuh tidak melemah. Jika diperlukan, Anda dapat menemui Psikolog untuk membantu meredakan stres apabila sudah berkepanjangan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal-hal yang disukai atau hobi yang dapat membantu untuk menghindari stres.

6. Hindari Rokok dan Alkohol

Siapapun tentu tahu betapa bahayanya rokok dan alkohol bagi tubuh. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, Anda perlu menghindari rokok dan alkohol. Tidak hanya daya tahan tubuh saja yang dapat melemah, tapi kedua hal tersebut dapat berpotensi untuk menyebabkan infeksi paru. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghentikan sama sekali kedua barang tersebut.

7. Menjaga Kebersihan

Cara terakhir yang juga tidak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan diri dan juga tempat di mana Anda tinggal. Lingkungan yang kotor tentu dapat menjadi sarang penyakit, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan ruangan dan seluruh bagian rumah, serta rajinlah mencuci tangan demi menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemi COVID-19.

Jadi, itulah 7 cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan penting untuk Anda ketahui. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda, serta catat kondisi Anda dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :