Beranda > Artikel > Cara Meningkatkan Imunitas agar tidak Mudah Sakit

Cara Meningkatkan Imunitas agar tidak Mudah Sakit

Apa itu Imun?

Sistem imun merupakan suatu jaringan sel dan protein yang kompleks, berfungsi untuk menjaga tubuh. Sistem imun bekerja dengan cara melawan zat – zat yang dianggap berbahaya oleh tubuh, dapat berupa zat asing, maupun zat yang terdapat di dalam tubuh. Sistem imun menjaga Anda dari penyakit, infeksi, dan membantu pemulihan luka. Sistem imun akan mencatat setiap kuman yang pernah dilawan sebelumnya, sehingga suatu saat nanti ketika kuman yang sama masuk ke dalam tubuh, sistem imun akan segera mengenali dan melawan kuman tersebut.

Sistem imun merupakan suatu sistem pertahanan yang kompleks yang terdiri dari darah dan limfe. Limfe merupakan cairan bening tidak berwarna yang berjalan di seluruh jaringan dan tubuh. Bersamaan, kedua cairan ini akan mengangkut seluruh elemen dalam sistem imun sehingga dapat melaksanakan fungsinya.

Bagian – bagian utama dari sistem imun ialah:

  1. Sel darah putih

Sel darah putih adalah pemain utama dalam sistem imun, yang dibentuk oleh sumsum tulang dan merupakan bagian dari sistem limfatik. Sel darah putih berjalan melalui darah dan jaringan di seluruh tubuh, mencari kuman dan zat asing seperti bakteri, virus, parasite, dan jamur. Ketika ditemukan, sel darah putih akan meluncurkan serangan. Sel darah putih ialah limfosit (sel B, sel T, dan natural killer cells) dan berbagai sel imun lainnnya.

  1. Antibodi

Antibodi membantu tubuh melawan mikroba atau toksin (racun) yang dihasilkan oleh mikroba, dengan cara mengenali substansi yang dinamakan antigen pada permukaan mikroba, ataupun bahan kimia yang dihasilkannya. Antibodi kemudian akan menandai antigen tersebut untuk dihancurkan.

  1. Sistem komplemen

Sistem komplemen terbentuk dari protein, yang bekerja membantu antibodi

  1. Sistem limfatik

Sistem limfatik merupakan satu jaringan berupa saluran – saluran pada seluruh tubuh, yang fungsi utamanya adalah untuk mengontrol kadar cairan di dalam tubuh, bereaksi pada bakteri, melawan sel kanker, melawan produk – produk dari penyakit atau kelainan tertentu, dan menyerap beberapa jenis lemak dari makanan di usus. Sistem limfatik terdiri dari nodus limfatikus (glandula limfe) yang menjebak mikroba, pembuluh limfe (suatu saluran yang membawa cairan limfe), dan sel darah putih (limfosit).

  1. Limpa

Limpa adalah organ yang menyaring darah dengan cara membuang mikroba dan menghancurkan sel darah merah yang sudah tua atau sudah rusak. Selain itu, limpa juga membentuk komponen pertahanan dalam sistem imun (termasuk antibody dan limfosit).

  1. Sumsum tulang

Sumsum tulang merupakan jaringan seperti spons yang berada di dalam tulang. Sumsum tulang menghasilkan sel darah merah untuk tubuh yang berfungsi mengangkut oksigen, sel darah putih, dan platelet.

  1. Timus

Timus menyaring dan memonitor isi darah. Timus juga menghasilkan sel darah putih yang dinamakan limfosit T.

 

Mengapa Meningkatkan Imunitas itu Penting?

Sistem imun yang bekerja sesuai fungsinya akan membantu Anda dalam melawan berbagai kuman yang Anda temukan dalam kehidupan sehari – hari, lewat serangga, binatang peliharaan, orang – orang di sekitar Anda, dan lingkungan. Tanpa sistem imun yang baik, Anda dapat terinfeksi lebih mudah, dan efek yang ditimbulkan juga lebih berbahaya bahkan dapat fatal.

Pertahanan tubuh pertama ialah barrier fisik, yaitu kulit. Bila virus dan bakteri berhasil menembus kulit, terdapat sel – sel imun di dalam tubuh yang siap melindungi tubuh Anda. Namun terkadang sistem imun dapat bekerja berlebihan dan dapat menyerang sel dalam tubuh Anda sendiri, hal inilah yang terjadi dalam kasus reaksi alergi dan kelainan autoimun.

 

Cara Meningkatkan Imunitas

Beberapa perubahan gaya hidup dan makanan sehat dapat meningkatkan sistem imun. Inilah tipsnya:

  1. Istirahat yang cukup

Tidur penting untuk meningkatkan sistem imun. Kurang tidur atau kualitas tidur yang kurang baik berisiko meningkatkan penyakit. Orang dewasa perlu tidur selama >= 7 jam, remaja perlu tidur selama 8-10 jam, dan anak – anak perlu tidur 14 jam.

  1. Makan banyak sayuran dan buah – buahan

Sayur, buah – buahan, kacang – kacangan, biji – bijian, dan legumes adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, sehingga membantu melawan kuman. Antioksidan membantu mengurangi inflamasi dengan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan inflamasi ketika ditemukan terlalu banyak di dalam tubuh.

  1. Makan lemak sehat

Lemak sehat dapat Anda temukan pada minyak zaitun, ikan salmon, chia seeds, dll. Lemak sehat dapat membantu meningkatkan sistem imun.

  1. Makanan fermentasi dan suplemen probiotik

Makanan fermentasi mengandung bakteri yang baik bagi tubuh, dinamakan probiotik, yang ditemukan dalam saluran pencernaan. Makanan ini misalnya yogurt, kimchi, dll.

  1. Batasi konsumsi gula
  2. Lakukan latihan fisik intensitas sedang

Latihan fisik intensitas sedang misalnya berjalan cepat, bersepeda, jogging, berenang, dan hiking ringan. Lakukanlah latihan fisik selama minimal 150 menit dalam satu minggu.

  1. Minum cukup air

Pastikan status hidrasi Anda tercukupi, karena mencegah dehidrasi penting untuk kesehatan tubuh. Untuk mencegah dehidrasi, minumlah cukup air mineral dan pastikan warna urin Anda kuning muda.

  1. Atur kadar stress Anda

Mengurangi stress dan kecemasan merupakan salah satu kunci untuk menjaga sistem imun yang baik. Lakukan aktivitas yang dapat mengatur mengurangi stress misalnya meditasi, latihan fisik, yoga, dll.

  1. Konsumsi suplemen

Beberapa suplemen dapat meningkatkan kesehatan sistem imun, seperti vitamin C, vitamin D, zink, dll.

  1. Berhenti merokok
  2. Kontrol berat badan Anda

Referensi

  • Shoemaker, S. (2020, April 1). 9 Ways to Boost Your Body’s Natural Defenses. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health
  • Krans, B. (2017, February 8). Fun Facts About the Immune System. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/health/cold-flu/fun-facts
  • Immune system explained . (2017, December 17). Retrieved from Better Health: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/immune-system
  • How to boost your immune system. (2021, February 15). Retrieved from Harvard Health Publishing: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :