Beranda > Artikel > Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal

cara menjaga ginjal agar tetap sehat

Struktur saluran kemih

Ginjal merupakan organ yang berbentuk seperti kacang dan berukuran sekepalan tangan. Dalam tubuh manusia terdapat dua buah ginjal yang berada di sebelah kanan dan kiri, posisi nya tepat di bawah tulang iga, dan agak ke belakang mendekat ke tulang belakang.

Ginjal yang sehat mampu menyaring sebanyak setengah cangkir darah dalam semenit. Darah yang disaring oleh ginjal mengandung sisa-sisa dari tubuh atau ‘sampah’ yang tidak terpakai oleh tubuh dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Urin yang diproduksi oleh ginjal, kemudian dialirkan ke saluran yang berbentuk tabung tipis yang disebut ureter. Ureter berjumlah dua buah sesuai dengan jumlah ginjal.

Kedua ureter ini bagian ujungnya berakhir pada kantung kencing. Kantung kencing berfungsi menampung sejumlah urin. Ketika kantung sudah penuh, perut bawah kita akan tampak sedikit membesar dan merasakan ingin kencing. Disinilah sensasi rasa ingin kencing muncul. Sebelum urin keluar, kantung kencing berhubungan dengan saluran pendek yang disebut sebagai uretra.

 

Mengapa ginjal begitu penting?

Ginjal menjadi organ yang bisa membuang sisa-sisa metabolisme yang tidak dipakai tubuh dan cairan berlebih dari dalam tubuh. Selain itu ginjal mempunyai fungsi, yaitu:

  1. Ginjal membuang sisa-sisa dan racun dari dalam tubuh.
  2. Ginjal membuang air yang berlebih dari dalam tubuh
  3. Ginjal mampu mengontrol kadar asam dalam darah, sehingga kondisi tubuh memiliki keseimbangan agar tidak terlalu asam maupun terlalu basa.
  4. Ginjal mempunyai komponen terpenting mengontrol keseimbangan elektrolit tubuh seperti Natrium, Kalium.
  5. Selain itu ginjal memiliki hormonal yang mengatur tekanan darah
  6. Memproduksi sel darah merah.

Fungsi-fungsi yang dimiliki ginjal ini diperantarai oleh jutaan unit kecil yang disebut nefron. Dalam satu buah nefron terdapat yang dinamakan glomerulus dan tubulus. Penyaringan dilakukan oleh glomerulus, sedangkan tubulus bertugas untuk membuang sisa-sisa metabolisme, serta menyerap segala nutrisi yang masih bisa dipakai tubuh.

Di sekitar tubulus terdapat sejumlah pembuluh darah. Ketika ginjal mengalirkan air yang sudah disaring, darah di sekitar tubulus tadi akan menyerap kembali hampir seluruh semua air yang ada, bersamaan dengan mineral dan nutrisi lain nya.

 

Merawat kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting untuk menunjang keseluruhan kesehatan tubuh seseorang. Mengapa demikian? Ginjal dapat bekerja secara optimal dalam proses menyaring dan membuang seluruh sisa-sisa metabolisme. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal:

1. Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Lalu olahraga apa yang bisa dilakukan? Anda cukup berolahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat, namun bila Anda ingin menambah intensitasnya, bisa dengan berolahraga seperti berlari, berenang, dan bersepeda.

2. Mengontrol kadar gula darah

Menjaga kadar gula darah agar tidak tinggi merupakan keputusan yang bijak, dengan menjaga kadar gula darah agar stabil, Anda dapat mencegah risiko terjadinya penyakit kencing manis (Diabetes mellitus) yang berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal saat jangka panjangnya.

3. Mengontrol berat badan dengan menjaga pola makan

Pada orang dengan riwayat kegemukan (obesitas) meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit kronis, seperti kencing manis, serangan jantung, sampai pada kerusakan ginjal.

4. Perbanyak konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari membantu kerja ginjal. Targetkan konsumsi air putih minimal sebanyak 1.5 – 2 liter. Tambahkan porsi air putih sesuai dengan aktivitas Anda, bila suhu panas, lebih baik Anda meningkatkan jumlah air putih yang dikonsumsi.

5. Jangan menahan kencing

Menahan kencing dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu saluran kemih yang dalam jangka panjang dapat terjadi kerusakan ginjal.

6. Hindari merokok

Kerusakan pembuluh darah adalah dampak jangka panjang dari merokok. Salah satu penyebab kerusakan ginjal adalah berasal dari rusak nya pembuluh darah terutama pembuluh darah yang masuk ke dalam ginjal. Akhirnya ginjal tidak dapat bekerja dengan baik.

7. Periksakan diri secara rutin

Bila Anda menemukan kedua kaki Anda bengkak, wajah sembap, sesak nafas, segera memeriksakan diri ke dokter.

Ketika ginjal rusak permasalahan semakin berat, dan biaya pengobatan pun juga tidaklah murah. Oleh karena itu memerlukan kesadaran dari diri sendiri untuk mau hidup sehat dan agar bisa menjalani kehidupan tanpa terbebani pikiran oleh karena penyakit.

Baca juga: Manfaat Daun Keji Beling untuk Penyakit Batu Ginjal

 

Daftar Pustaka

  1. Your Kidneys & How They Work. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. 2018. Diakses dari: https://www.niddk.nih.gov/health-information/kidney-disease/kidneys-how-they-work
  2. Choi, J. 8 Ways to Keep Your Kidneys Healthy. (2020). Diakses pada: 2022, 14 Januari. Dari : https://www.healthline.com/health/kidney-health
  3. Keeping your kidneys healthy. Healthy body. Diakses dari: https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/keeping-your-kidneys-healthy/

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics