Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Sederhana, Jaga Pola Makan, Yuk!

Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Sederhana, Jaga Pola Makan, Yuk!

cara menjaga kesehatan jantung

Cara menjaga kesehatan jantung menjadi salah satu tips kesehatan yang banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya, sakit jantung telah menjadi penyakit silent killer yang memiliki angka kematian cukup tinggi di dunia. Berdasarkan data yang dilansir WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), jumlah kematian akibat penyakit kardiovaskular sekitar 17,9 juta per tahun. 

Pun seperti dilansir situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hasil rekap data BPJS menunjukkan bahwa jumlah penanganan kesehatan terkait penyakit kardiovaskular terus meningkat setiap tahun. Untuk itu, yuk jaga pola makan dan ikuti tips sederhana dalam menyehatkan jantung berikut ini!

Rutin Konsumsi Biji-bijian Utuh

Mari mulai pagi Anda dengan sarapan sehat yang tidak cuma mengenyangkan, tetapi juga baik dan bisa menjadi cara menjaga kesehatan jantung Anda. Selain itu, biji-bijian utuh juga bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, hipertensi, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya karena biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, antara lain: vitamin B, mangan, zat besi, serat makanan, dan fosfor. 

Jenis biji-bijian utuh juga banyak, lho. Misalnya saja, ada oat yang dikenal tinggi serat dan mengandung banyak mineral, soba yang merupakan sumber zat besi dan magnesium, dan barley yang sangat kaya selenium dan kalium. Anda bisa memilih salah satu dari mereka sebagai teman sarapan sehat setiap hari.

Konsumsi Makanan Kaya Protein

Jika Anda sedang mencari cara menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung koroner yang sederhana tetapi efektif, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Untuk itu, perbanyak asupan protein Anda dengan rutin mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan laut, dan lentil. Dada ayam juga merupakan salah satu sumber protein baik untuk diet sehat, dan membantu mencegah penyakit. Meski begitu, pastikan untuk tidak menyertakan kulit ayam dalam hidangan Anda. 

Pilih Produk Susu, Keju, dan Yoghurt Bebas Gula atau Plain

Susu, keju, dan yoghurt dapat membantu menurunkan risiko dan sekaligus cara menjaga kesehatan jantung Anda. Hal itu karena ketiganya merupakan sumber mineral, protein, dan kalsium. Namun untuk pilihan yang lebih sehat, sebaiknya konsumsi yang tanpa rasa (plain) dan bebas gula. Anda juga bisa memilih versi rendah lemak sebagai bagian dari menu diet harian. 

Sertakan Lemak dan Minyak Sehat dalam Menu Harian 

Lemak dan minyak sehat sangat baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi minyak sehat ini bisa menjadi cara menjaga kesehatan jantung yang baik. Sebagai contoh, extra virgin olive oil telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Sementara itu, lemak sehat seperti polyunsaturated fat dan monounsaturated fat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, yang berguna dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Sumber lemak sehat sendiri mudah dijumpai pada makanan seperti alpukat, ikan, tahu, kuaci, buah zaitun, dan masih banyak lagi. 

Beralih ke Makanan Rendah Sodium 

Apakah Anda ingin menjaga kesehatan jantung? Yuk, ubah gaya hidup Anda dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi sodium dan mulai membatasi asupan garam dalam masakan Anda! Untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko hipertensi, berikan batas ketika mengonsumsi makanan dengan garam maksimal hanya 2.300 miligram per hari. Namun seperti dilansir The American Heart Association, akan lebih baik lagi jika kita bisa membatasi konsumsinya sampai maksimal 1.500 miligram per hari. 

Rajin Makan Buah Berries

Jenis buah berries cukup banyak, termasuk yang populer adalah stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry. Buah ini mengandung antioksidan yang disebut antosianin, yang dapat mengatasi peradangan dan stres oksidatif yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko Anda terserang penyakit jantung, membuat Anda hidup sehat.

Berbagai Hal yang Bisa Menggagu Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung yang buruk bisa saja menyebabkan serangan jantung dan stroke, yang tentu saja salah satu penyebab kematian yang tinggi di dunia. Nah ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui berbagai hal yang bisa menggagu kesehatan dari jantung yang berikut ini.

Stress yang berlebihan

Stres bisa meningkatkan tekanan darah dan memicu penyakit jantung. Bersosialisasi, tertawa dan berkumpul bersama teman-teman dapat membantu menghilangkan stres.

Olahraga yang tidak teratur

Olahraga atau aktivitas fisik yang teratur dan terukur adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan jantung. Bila belum terbiasa olahraga, mulai dengan olah raga ringan. Jika Anda sama sekali tidak berolahraga, maka resiko untuk terkena penyakit jantung mejadi lebih tinggi. Hal ini juga bisa membantu Anda menjaga berat badan.

Makan berlebihan

Makan secukupnya dengan gizi seimbang. Jika terlalu banyak akan menyebabkan kelebihan berat badan yang menjadi salah satu risiko utama terjadinya penyakit jantung. Tingginya lemak jenuh dan gula darah bisa menyebabkan penumpukkan plak di pembuluh darah. Hindari makanan cepat saji atau minuman manis yang berlebihan, karena keduanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung

Merokok

Rokok adalah hal yang sangant buruk untuk jantung. Merokok memiliki risiko untuk meningkatkan pembekuan darah, menghambat aliran darah ke jantung, hingga meningkatkan penumpukkan plak di pembuluh darah. Sebisa mungkin Anda harus berhenti merokok jika ingin menjaga kesehatan jantung.

Terlalu banyak minum alkohol

Sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan dampak buruk jika terlalu banyak menkonsumsi minuman beralkohol bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah jantung. Minum minuman berakohol sangat ampuh untuk meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar lemak dalam darah, dan risiko gagal jantung. Hindari konsumsi minuman beralkohol agar bisa terhindar dari berbagai kondisi kesehatan yang tidak baik seperti serangan jantung.

Itulah sekilas tentang cara menjaga kesehatan jantung yang sederhana tetapi efektif untuk membuat tubuh tetap fit. Namun selain menjaga pola makan, rajinlah berolahraga dan melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sehari untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan bagi Anda yang merokok, mari berhenti merokok demi mendapatkan jantung sehat yang baik untuk kesehatan Anda.

Apabila Anda merasa ada hal yang sedikit menggangu kesehatan jantung Anda, maka manfaatkan layanan telehealth dari carevo yang sudah digunakan oleh berbagai macam fasilitas kesehatan. Siap sedia membantu Anda.

  • American Heart Association AHA (2018). Stress and Heart Health.
  • American Heart Association AHA (2015). Saturated Fat.
  • American Heart Association AHA (2018). Stress and Heart Health.
  • Beckerman, J. WebMD (2017). Tips for Better Heart Health.
  • Healthline (2016). 28 Healthy Heart Tips.
  • Victoria State Government Better Health Channel Australia (2018). Smoking and Heart Disease.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :