Beranda > Artikel > Menjaga Kesehatan Tulang, Apakah Perlu?

Menjaga Kesehatan Tulang, Apakah Perlu?

cara menjaga kesehatan tulang

Tulang dalam Tubuh Manusia

Tahukah Anda di dalam tubuh seseorang terdapat sebanyak 206 tulang, belum termasuk gigi dan tulang tambahan di ligament (tulang sesamoid)? Komponen tulang terdiri dari dua jenis tulang, yaitu tulang aksial sejumlah 80 tulang, dan tulang appendicular sebanyak 126 buah. Tulang aksial contoh nya seperti tulang kepala, tulang wajah, tulang telinga, tulang iga, dan tulang sternum. Sedangkan tulang appendicular terdiri atas tulang lengan, tulang bahu, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, tungkai atas-bawah, tulang pinggul, tulang pergelangan kaki, dan tulang telapak kaki.

Tulang juga sama seperti kelompok organ lain, ia merupakan jaringan yang hidup, serta di dalam nya terdiri dari beberapa komponen, seperti :

  • Komponen padat. Komponen ini membungkus lapisan luar sebuah tulang.
  • Komponen spons. Komponen berongga ini mengisi bagian dalam sebuah tulang.
  • Komponen subkondral. Komponen subkondral merupakan komponen yang berada di ujung-ujung tulang.

 

Fungsi Tulang

Seorang manusia memiliki dua ratus tulang, pada prinsipnya tulang memiliki peran yang tidak kalah penting dibandingkan kelompok organ lainnya. Fungsi tulang tidak hanya sebatas sebagai penyangga tubuh, melainkan    tulang memiliki fungsi lainnya:

  1. Menyangga seluruh bagian tubuh
  2. Tempat perlekatan otot
  3. Tempat pembuluh darah (arteri dan vena) dan saraf menempel
  4. Menjadi tempat penyimpanan berbagai jenis nutrisi, seperti mineral
  5. Pada tulang panjang (Contoh: tulang paha) memiliki fungsi pembentukan sel darah.
  6. Pergerakan. Tulang menjadi tempat perlekatan otot, sehingga ketika bergerak otot pun akan berkontraksi, maka terjadilah gerakan yang kita ingingkan.
  7. Fungsi proteksi. Tulang memiliki fungsi melindungi organ-organ dalam.

 

Apa yang Terjadi pada Tulang?

Tulang merupakan salah satu komponen yang terus mengalami perubahan bentuk atau struktur seumur hidup manusia. Perubahan ini, melalui proses berikut:

1. Tulang mengalami resorpsi.

Aktivitas ini didukung oleh osteoclasts. Proses resorpsi merupakan penghancuran sel-sel tulang yang rusak, yang sudah tua.

2. Tulang mengalami pembentukan formasi baru.

Selain sel-sel tulang dihancurkan, tulang juga mengalami pembentukan struktur baru oleh adanya aktivitas osteoblasts.

Pada orang dewasa diperkirakan sekitar 10% tulangnya mengalami pergantian setiap tahun nya. Proses restrukturisasi atau pergantian tulang dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut, yaitu:

  • Hormon paratiroid
  • Hormon calcitonin
  • Vitamin D
  • Pada perempuan dipengaruhi juga oleh hormon estrogen
  • Pada laki-laki dipengaruhi oleh adanya peran hormon testosterone.

 

Perlunya Menjaga Kesehatan Tulang

Setelah melihat fungsi tulang yang begitu banyak dan berperan besar dalam membentuk tubuh seorang manusia, sekarang kita perlu mengetahui, cara-cara merawat tulang itu sendiri. Berikut ini langkah-langkah alamiah untuk membangun kesehatan tulang:

1. Perbanyak konsumsi sayuran.

Sayur memiliki nutrisi yang cukup banyak, salah satu nya mengandung vitamin C dan mineral. Sayuran berwarna hijau dan kuning mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan tulang.

2. Olahraga secara teratur.

Tipe olahraga yang disarankan adalah olahraga dengan tipe kekuatan dan latihan ketahanan. Namun olahraga tipe ini tidak semua orang cocok untuk melakukan aktivitas seperti ini. Olahraga ini disarankan untuk anak-anak hingga dewasa muda guna membentuk formasi tulang baru.

3. Cukupi kebutuhan protein.

Rendahnya kadar protein menyebabkan risiko penurunan penyerapan kalsium dan akhirnya berdampak pada kualitas tulang seseorang.

4. Konsumsi makanan kaya akan kalsium.

Memenuhi kebutuhan kalsium merupakan suatu hal penting. Mineral ini menjadi komponen penting dalam membentuk struktur dan menjaga kesehatan tulang.

5. Konsumsi vitamin D dan vitamin K.

Selain mineral, vitamin juga memiliki manfaat yang penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Kebutuhan vitamin D dalam tubuh seseorang diperkirakan sebanyak 30 ng/mL atau setara 75 nmol/L. Jumlah ini direkomendasikan until mencegah terjadinya osteopenia, osteoporosis, dan penyakit tulang lainnya. Kebutuhan vitamin K juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang terutama komponen vitamin K2.

6. Hindari merokok dan konsumsi alkohol.

Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa kadar mineral tulang dipengaruhi oleh rokok dan kebiasaan minum alkohol.

7. Hindari pola makan dengan kalori yang terlampau rendah.

Konsumsi makanan dengan jumlah kalori yang terlampau rendah di satu sisi terlihat baik, namun di sisi lain malah berdampak buruk untuk kesehatan tulang. Ketika tubuh seseorang terlalu kurus, massa tulang pun akan menurun.

8. Hindari konsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dan saran dari dokter.

Obat seperti kortikosteroid bila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat memicu kerusakan tulang, sehingga terjadilah osteoporosis.

Tulang menjadi komponen yang tidak kalah penting dalam membentuk tubuh seorang manusia. Begitu banyak peran nya mulai dari penyangga, hingga sebagai pusat penyimpanan salah satu nutrisi. Oleh karena itu menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang sama sekali tidak boleh dilupakan.

Baca juga: Olahraga yang Dianjurkan untuk Penderita HNP

 

Daftar Pustaka

  1. John Hopkins Medicine. Anatomy of the Bone. Diakses pada: 2022, Januari 14. Dari: https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/anatomy-of-the-bone
  2. Newman, T. Bones: All you need to know. (2018). Diakses pada: 2022, Januari 14. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320444
  3. Seladischulman, J. Bone Function: Why Do We Have Bones?. (2019). Healthline. Diakses dari: https://www.healthline.com/health/bone-health/bone-function
  4. Spritzler, F. 10 Natural ways to build healthy bones. (2017). Healthline. Diakses dari: https://www.healthline.com/nutrition/build-healthy-bones
  5. Healthy Lifestyle – Adult Health – Bone Health: Tips to keep your bones healthy. Mayo Clinic. Diakses pada: 2022, Januari 14. Dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics