Beranda > Artikel > Cara Menumbuhkan Rambut Botak

Cara Menumbuhkan Rambut Botak

Artikel Carevo cara menumbuhkan rambut botak

Rambut sehat merupakan impian bagi banyak orang. Namun sayangnya tak sedikit orang yang sulit untuk mendapatkannya. Masalah rambut rontok hingga botak seringkali sulit untuk disembuhkan sehingga menyebabkan frustasi.

 

Apa Ciri – Ciri Rambut Botak? 

Botak atau aloplecia seringkali diawali dengan kerontokan rambut yang berlebihan, yaitu lebih dari 100 rambut perhari. Pada tepi daerah yang botak bisa terdapat rambut yang mudah patah, tipis, suram dan bagian pangkal rambut lebih halus dibandingkan ujung rambut.  

Pola kebotakan dapat terjadi di satu atau beberapa area kepala dengan bercak berbentuk bulat atau lonjong, atau biasa sering dikenal dengan sebutan pitak. Kebotakan juga dapat terjadi secara merata di seluruh area kepala. Pada pria, biasanya garis kebotakan dimulai dari daerah dahi atau puncak kepala. Sedangkan pada wanita, pola kebotakan lebih sering dimulai dari daerah puncak kepala. Pada beberapa kasus, kebotakan dapat disertai dengan rasa gatal dan terbakar pada kulit kepala.

Baca juga: Mengenal Penyakit Aloplecia Atau Kebotakan Rambut

 

Personal Health Record Carevo

 

Penyebab Rambut Botak 

Kebotakan terjadi karena rambut sehat tidak cukup cepat bertumbuh menggantikan rambut yang rontok. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan kebotakan pada rambut. Umumnya pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh kondisi dari dalam tubuh seperti hormon, metabolisme dan nutrisi. Sekitar 95% kebotakan rambut disebabkan oleh faktor keturunan, sedangkan sisanya disebabkan oleh stress, penyakit dan obat obatan.  

Faktor yang dapat menyebabkan kebotakan pada rambut adalah :  

1. Faktor Keturunan 

Pada kedua orang tua yang menderita kebotakan, umumnya semua anak laki laki dan setengah anak perempuannya akan mengalami hal yang sama.  

2. Kondisi Kesehatan  

Penyakit pada kulit kepada, misalnya karena infeksi jamur, penyakit autoimun – yaitu kondisi sistem kekebalan tubuh menyerang tubuhnya sendiri – dapat menyebabkan kebotakan dengan pola pitak. Kondisi lain seperti penyakit berat, melahirkan, kemoterapi dan obat obatan tertentu dapat menyebabkan kerontokan parah pada seluruh daerah kepala sehingga rambut menjadi tipis hingga botak.

3. Faktor Lainnya 

Kebotakan sering terjadi pada penuaan atau aging. Selain itu nutrisi yang buruk yang biasanya ditandai kurangnya zat besi dan protein, penurunan berat badan yang drastis, stress berat dan kondisi kejiwaan seperti trikotilomania – yaitu kondisi saat seseorang tidak dapat menahan rasa ingin mencabut rambut –   dapat menyebabkan kebotakan yang bersifat sementara.

 

Cara Menghindari Kebotakan 

Kebotakan yang disebabkan oleh karena faktor keturunan dan aging umumnya sulit untuk disembuhkan. Sedangkan kebotakan karena faktor lainnya umumnya bersifat sementara dan dapat sembuh bila penyebab utamanya diatasi. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kebotakan adalah : 

1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut 

Penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, sebab kulit kepala yang kotor dan berminyak merupakan tempat yang ideal untuk pertumbuhan jamur. Infeksi jamur pada kulit kepala dapat diawali dengan ketombe dan sisik yang banyak, kemudian diikuti oleh rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Apabila anda memiliki masalah pada kulit kepala, sebaiknya konsultasikan pada dokter anda agar kebotakan tidak semakin parah.

Beberapa cara untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut adalah mencuci rambut secara teratur, mengeringkan rambut dengan baik, menghindari tidur dengan rambut basah, mengganti jilbab setelah olahraga atau berkeringat. Selain itu menggunakan kondisioner, mengurangi pemakaian catok rambut atau mengaplikasikan serum pelindung sebelum mencatok dapat membantu mengurangi kerontokan.

2. Pola Hidup Sehat 

Hidup sehat dapat dimulai dengan makan makanan bernutrisi dan diet gizi seimbang. Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah makanan yang mengandung zat besi, zinc dan biotin (vitamin B7). Anda bisa mendapatkan zat tersebut dengan mengkonsumsi mengkonsumsi daging; kacang – kacangan; sayuran hijau seperti kubis, bayam, dan sawi; ikan dan telur. Anda juga dapat menanyakan pada dokter supplement yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Berolahraga dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit berat yang dapat mempercepat kerontokan rambut seperti kegemukan, penyakit jantung, stroke dan lainnya. 

Penelitian mengungkapkan bahwa merokok berhubungan dengan terjadinya kebotakan pada pria sehingga pada seseorang yang memiliki risiko kebotakan sebaiknya menghindari atau berhenti merokok. 

Baca juga: Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Rambut

 

Cara Menumbuhkan Rambut yang Sudah Botak 

Tujuan pengobatan rambut botak adalah menumbuhkan rambut. Beberapa cara untuk menumbuhkan rambut yang sudah botak adalah : 

1. Penggunaan Obat – Obatan 

Kortikosteroid dapat dioleskan pada daerah yang botak. Kortikosteroid sering digunakan pada pengobatan rambut botak karena autoimun atau rambut botak yang terjadi pada anak anak. Penggunaan obat ini memerlukan pengawasan dokter karena pengunaan jangka panjang memiliki efek samping. Kortikosteroid juga dapat disuntikkan pada area yang pitak.

Minoxidil juga umum digunakan dalam pengobatan rambut botak dan mencegah kerontokan rambut lebih lanjut. 

Obat – obatan lain seperti finasteride dan spironolakton dapat menjadi alternatif pilihan lain untuk pengobatan rambut botak.

2. Prosedur Medis 

Salah satu prosedur yang dapat menjadi pilihan pengobatan adalah PRP atau platelet rich plasma, yaitu prosedur yang mengunakan serum darah pasien sendiri yang disuntikkan pada kulit kepala pasien. Prosedur ini dapat memperbaiki pembuluh darah, merangsang produksi kolagen, dan meningkatkan pertumbuhan sel. 

Laser rambut, merupakan teknologi untuk merangsang pertumbuhan akar rambut dan meningkatkan aliran darah.

Transplatasi rambut, merupakan prosedur pilihan pada kebotakan yang disebabkan karena faktor keturunan dan kebotakan karena adanya luka bakar pada kulit kepala.

 

Perlu diingat, tidak semua pengobatan rambut dapat cocok untuk Anda sebab pengobatan rambut botak bervariasi tergantung penyebab kebotakan, usia, area kepala yang botak dan keparahan kebotakan. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan masalah kebotakan Anda kepada dokter untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal.

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Referensi 

  1. Aad.org. 2022. Do you have hair loss or hair shedding?. Available at: <https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/shedding#:~:text=It’s%20normal%20to%20shed%20between,this%20condition%20is%20telogen%20effluvium.>  

  1. WebMD. 2022. Foods for Hair Loss: 5 Things You Can Eat for Fuller, Healthier Hair. [online] Available at: <https://www.webmd.com/connect-to-care/hair-loss/foods-for-hair-loss>  

  1. Mayo Clinic. 2022. Hair loss – Symptoms and causes. Available at: <https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926>  

  1. Aad.org. 2022. Hair loss types: Alopecia areata diagnosis and treatment. Available at: <https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/types/alopecia/treatment>  

  1. WebMD. 2022. Treatment Options For Hair Loss. Available at: <https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/cosmetic-procedures-hair-loss#:~:text=Finasteride%20(Propecia)%20and%20Minoxidil%20(,prevnting%20hairloss%20and%20stimulating%20regrowth.>  

  1. Kang, S. and Kang, S., 2019. Fitzpatrick’s dermatology. New York: McGraw-Hill Education. 

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics