Beranda > Artikel > Inilah Cara Menurunkan Gula Darah dengan Kayu Manis

Inilah Cara Menurunkan Gula Darah dengan Kayu Manis

Cara menurunkan gula darah dengan kayu manis

Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit metabolik yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi didalam tubuh. Angka kejadiannya pun terus bertambah seiring waktu diseluruh dunia dan menyerang seluruh jenis kelamin dan segala jenis usia. Menurut WHO (World Heatlh Organization), pada tahun 2000 jumlah penderita DM adalah 171 juta jiwa dan diperkirakan akan meningkat menjadi 366 juta jiwa pada tahun 2030. Hal yang menyebabkan peningkatan angka diabetes adalah pola hidup tidak sehat, diet Western yang mengkonsumsi banyak makanan cepat saji dan tinggi kalori serta gula dan aktifitas fisik yang kurang. Target tatalaksana penyakit ini adalah untuk mencapai kadar gula darah yang terkontrol, tidak menyebabkan hipoglikemia atau kekurangan gula dalam tubuh dan dapat menjalani aktifitas sehari-hari tanpa ada hambatan. Jika tidak ditatalaksana dengan cepat dan tepat, maka dapat menyebabkan banyak komplikasi penyakit seperti gangguan kardiovaskular, gagal ginjal dan juga gangguan pada saraf.

Tatalaksana diabetes pertama meliputi modifikasi gaya hidup, namun jika kadar gula darah tidak dapat terkontrol dengan perubahan gaya hidup, maka perlu tambahan obat-obatan baik berupa obat minum ataupun obat suntik. Karena jika sudah mengkonsumsi obat-obatan, maka akan diperlukan peengontrolan dan konsumsi obat dalam jangka waktu yang panjang, maka banyak orang yang tertarik dengan pengobatan herbal dan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Salah satu yang cukup populer adalah kayu manis.

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang berasal dari pohon Cinnamomum yang batangnya dikeringkan dan diubah menjadi serbuk, stik batangan ataupun bentuk lainnya. Kandungan antioksidan dalam kayu manis merupakan salah satu yang terbanyak dibandingkan dengan rempah lainnya. Hal ini penting karena dapat mengurangi stress oksidatif dalam tubuh dan mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Cara kerja kayu manis untuk menurunkan kadar gula darah adalah sebagai berikut :

1. Dapat meningkatkan sensitivitas insulin

Pada penderita DM, penyebab dalam tubuh yang dapat terjadi antara pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau tubuh tidak dapat berespon terhadap efek insulin yang keduanya menyebabkan kadar gula darah yang tinggi. Kayu manis dapat bekerja mengimitasi efek insulin dan meningkatkan transpor glukosa ke dalam sel yang digunakan sebagai energi. Selain itu, kayu manis juga dapay meningkatkan sensitivitas insulin sehingga insulin yang sudah ada dalam tubuh dapat bekerja lebih optimal.

2. Menurunkan kadar HbA1C

HbA1C merupakan salah satu marker untuk mengukur kontrol kadar gula darah jangka panjang dalam tubuh. Pada pasien DM, kontrol gula darah dalam tubuh buruk, sehingga terjadi peningkatan kadar HbA1C. Konsumsi kayu manis dalam jumlah tepat, dapat membantu kontrol kadar gula darah jangka panjang.

3. Menurunkan kadar gula darah setelah makan

Gula darah akan meningkat pesat setelah makanan, walaupun hal ini juga dipengaruhi oleh karbohidrat yang terkandung dalam makanan. Peningkatan kadar gula darah yang pesat ini akan meningkatkan kadar radikal bebas dan menyababkan reaksi inflamasi yang dapat merusak sel dalam tubuh. Konsumsi kayu manis dapat memperlambat pengosongan lambung dan juga mencegah keluarnya enzim digestif yang dapat memecah karbohidrat dalam usus halus dalam waktu cepat. Hal ini dapat mencegah peningkatan kadar gula darah drastis setelah makan

4. Menurunkan resiko komplikasi karena penyakit DM

Resiko penyakit kronik lainnya meeningkat 2 kali lipat pada penderita DM. Konsumsi kayu manis dapat mengurangi resiko komplikasi dengan mencegah penyakit kronis itu terjadi, seperti menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh, mencegah perkembangan penyakit alzheimer, mencegah stroke dan serangan jantung karena kandungan antioksidan didalamnya.

Baca juga: Kenali Khasiat Rebusan Sereh, Jahe, Kayu Manis dan Cengkeh

 

Referensi

  1. Bruce DF, PhD. Cinnamon and Diabetes. WebMD. Available from: https://www.webmd. com/diabetes/cinnamon-and-benefits-for-diabetes
  2. Hasanzade F, Toliat M, Emami SA, Emamimoghaadam Z. The Effect of Cinnamon on Glucose of Type II Diabetes Patients. J Tradit Complement Med. 2013;3(3):171–4.
  3. Effect of Cinnamon Administration on Fertility of Normal and Diabetic Male Rats [Internet]. Science Alert. Available from: https://scialert.net/fulltext/?doi=pjn. 2019.491.495
  4. Diabetes treatment: Can cinnamon lower blood sugar?  Mayo Clinic. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/expert-answers/diabetes /faq-20058472

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :