Beranda > Artikel > 5 Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing

5 Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing

cara menurunkan panas badan dan pusing

Tubuh manusia beraksi signifikan terhadap perubahan suhu di luar tubuh. Contohnya saat sedang melakukan aktivitas fisik yang cukup intens di luar ruangan pada hari yang panas, suhu tubuh bisa naik dari suhu normal (36o-37o C) sebanyak 1o-2o. Jika Anda terus-menerus berada di area yang terlalu panas, maka tubuh Anda bisa demam. Anda kemudian juga bisa merasakan pusing karena suhu tubuh yang meningkat tersebut. Maka itu, menurunkan badan panas dan pusing sangatlah diperlukan.

Apalagi jika kondisi meningkatnya suhu tubuh diikuti dengan kondisi tubuh tidak mengeluarkan keringat, ini berarti panas tersebut terjebak di dalam tubuh dan akhirnya membuat tubuh demam. Namun jangan khawatir, kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa cara menurunkan panas badan dan pusing berikut ini.

Minum air

Saat melakukan aktivitas fisik berat seperti berolahraga di tempat bersuhu panas untuk waktu yang lama, ada baiknya Anda mengkonsumsi air selama melakukan aktivitas tersebut. Usahakan untuk meminum air yang tidak terlalu dingin (bersuhu ruangan) karena dapat mengurangi suhu tubuh dari dalam.

Selain itu, meminum air juga dapat mempertahankan tubuh tetap terhidrasi. Saat suhu tubuh panas, air di tubuh menguap lebih cepat dan menyebabkan tubuh lebih cepat kekurangan cairan. Meminum air dapat menyeimbangakan kebutuhan cairan tubuh Anda.

Berpindah ke lokasi yang lebih sejuk

Saat sedang beraktivitas di tempat bersuhu panas untuk beberapa waktu, Anda pasti akan mulai merasa kelelahan. Hal tersebut adalah wajar. Namun jika Anda sudah merasa terlalu panas bahkan pusing, sebaiknya segera berpindah atau mencari lokasi yang sejuk atau lebih dingin.

Selain berpindah ke tempat yang bersuhu lebih dingin, cara menurunkan panas badan dan pusing juga dapat dilakukan mengambil jeda waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh Anda. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan saat Anda sudah terlanjur demam. Pastikan ruangan atau kamar tempat Anda beristirahat tetap sejuk untuk membantu tubuh menurunkan panas badan.

Mandi air hangat

Saat suhu tubuh panas atau Anda sudah mulai merasakan gejala demam dan pusing, sebaiknya mandi menggunakan air hangat agar tubuh merespon dengan menurunkan panas di dalam tubuh. Rasa pusing juga akan berangsur-angsur berkurang. Jangan gunakan air dingin karena air dingin akan mengejutkan tubuh yang sedang panas dan membuat suhu tubuh Anda semakin meningkat.

Kurangi pergerakan

Cara menurunkan panas badan dan pusing berikutnya adalah dengan mengurangi pergerakan tubuh. Tubuh manusia akan melepaskan panas saat sedang aktif-aktifnya bergerak. Itu sebabnya Anda akan merasa panas atau gerah saat berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang berat.

Namun selama beraktivitas Anda hanya merasa panas tetapi tidak mengeluarkan keringat, ini berarti panas terjebak di dalam tubuh dan dapat menyebabkan demam Saat mendapati gejala ini, Anda bisa mengurangi pergerakan tubuh Anda dengan beristirahat. Biarkan panas tubuh berkurang perlahan dari dalam.

Pakai pakaian tipis

Jika Anda sudah terlanjur demam, maka cara menurunkan panas badan dan pusing yang dapat Anda lakukan adalah dengan beristirahat total. Pastikan Anda mengenakan pakaian yang tipis supaya tubuh tidak kepanasan saat Anda tidur.

Menjaga tubuh tetap sejuk akan membuat tubuh lebih mudah memproses panas keluar dari tubuh berupa keringat. Pakaian yang tipis juga akan menyerap keringat Anda lebih cepat daripada pakaian berbahan tebal sehingga tidak akan terlalu mengganggu Anda. Segeralah ganti baju jika baju yang Anda kenakan sudah basah karena keringat. Jangan sampai Anda semakin sakit karena masuk angin akibat tidur dengan pakaian basah.

Jika cara di atas tidak juga membuat Anda baikan. Maka cobalah berkonsultasi ke rumah sakit terdekat. Namun, sekarang ini Anda dapat berkonsultasi secara online, lho! Coba tanyakan apakah rumah sakit Anda sudah memiliki platform online untuk berkonsultasi. Simak apa keuntungan konsultasi dokter secara online di sini!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :