Beranda > Artikel > Inilah Cara Menyembuhkan Punggung yang Sakit dengan Mudah

Inilah Cara Menyembuhkan Punggung yang Sakit dengan Mudah

Ada berbagai macam cara menyembuhkan punggung yang sakit dengan mudah, yang dapat membantu mengurangi asupan obat atau memberikan manfaat tambahan pada perawatan medis yang mungkin sudah Anda jalani sebelumnya. Sakit punggung bisa  mengacu pada rasa sakit yang Anda rasakan di punggung Anda. Mungkin juga mengalami kekakuan, gerakan punggung berkurang, dan kesulitan berdiri tegak. Beberapa cara ini akan bisa membantu Anda dalam proses penyembuhan kondisi ini.

Cara Menyembuhkan Punggung yang Sakit

Beberapa cara dibawah ini bisa membantu kamu untuk menyembuhkan rasa sakit punggung yang sedang kamu alami. Cara-cara tersebut adalah:

1. Tidur lebih baik

Saat Anda mengalami sakit punggung, tidur bisa jadi sulit. Ini bisa menjadi lingkaran setan karena ketika Anda tidak cukup tidur, sakit punggung Anda mungkin terasa lebih buruk. Posisi tidur yang buruk juga bisa memperparah sakit punggung. Cobalah berbaring miring. Letakkan bantal di antara kedua lutut untuk menjaga tulang belakang berada dalam posisi netral dan mengurangi ketegangan pada punggung. Jika Anda perlu tidur telentang, selipkan bantal di bawah lutut. Pastikan untuk tidur di atas kasur yang kokoh dan nyaman.

Baca Juga: 7 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

2. Postur yang baik

Membungkuk adalah hal yang tidak baik, postur tubuh yang buruk akan memperparah sakit punggung yang sedang dialami, terutama jika Anda duduk dalam waktu lama. Duduk tegak, dengan bahu rileks dan tubuh disangga di sandaran kursi. Coba letakkan bantal atau handuk gulung di antara punggung bawah dan tempat duduk Anda. Jaga agar kaki Anda tetap rata di lantai.

3. Terapi fisik

Terapis akan bisa mengajari Anda cara duduk, berdiri, dan bergerak untuk menjaga tulang belakang Anda tetap sejajar dan mengurangi ketegangan di punggung. Mereka juga dapat mengajari Anda latihan khusus yang memperkuat otot inti yang menopang punggung Anda. Inti yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah lebih banyak sakit punggung di masa mendatang. 

4. Menggunakan Es dan Panas

Pemberian es secara teratur ke area yang nyeri di punggung akan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat cedera. Coba hal ini beberapa kali sehari, kira-kira 20 menit setiap kali. Bungkus kantong es dengan handuk tipis untuk melindungi kulit Anda. Setelah beberapa hari, gunakan bantal pemanas atau kompres hangat untuk membantu mengendurkan otot dan meningkatkan aliran darah ke area yang terkena. Anda juga bisa mencoba mandi air hangat untuk membantu relaksasi.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan di Era New Normal

5. Meregangkan sendi Anda dengan lembut melalui yoga

Yoga adalah cara efektif untuk meregangkan punggung, meningkatkan kesehatan otot dan persendian, meningkatkan distribusi nutrisi penyembuhan melalui sirkulasi darah, dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang.

Saat Anda mulai, lakukan peregangan secara perlahan dan lanjutkan hanya jika Anda merasa nyaman. Secara bertahap, Anda bisa menambahkan lebih banyak peregangan ke dalam rutinitas yoga yang dilakukan. Waktu yang ideal untuk yoga adalah pagi hari untuk membantu mengendurkan tulang belakang dan juga mengurangi kekakuan dan nyeri di punggung Anda.

6. Cobalah bermeditasi

Meditasi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan konsentrasi, melepaskan hormon perasaan senang (endorfin), dan mengurangi kecemasan dan stres. Melalui meditasi, Anda dapat mengontrol cara tubuh Anda merasakan nyeri sekaligus menenangkan pikiran.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Corona

Itu dia berbagai cara menyembuhkan rasa sakit pada punggung Anda. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda, serta catat kondisi Anda dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :