Beranda > Artikel > Inilah Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit Dengan Benar 

Inilah Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit Dengan Benar 

cara menyembuhkan saraf kejepit

Saraf kejepit atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan piched nerves atau compressed nerve merupakan kondisi yang terjadi disaat terdapat tekanan pada area dimana saraf tersebut berada sehingga saraf akan mengirimkan impuls ke otak dan menyebabkan gejala seperti nyeri, rasa kebas atau lemah pada bagian yang dipersarafinya. 

Sistem saraf dibedakan menjadi dua macam, yaitu saraf pusat dan juga saraf tepi. Sistem saraf pusat merupakan otak dan sumsum tulang belakang, lalu dari sinilah akan keluar cabang-cabang yang akan menjadi sistem saraf tepi.  

Saraf paling rentan terkena trauma pada tempat dimana saraf harus melewati celah sempit, namun hanya sedikit jaringan lunak yang melindunginya, sehingga sering kompresi atau tekanan pada saraf ketika terjepit antara ligamen, tendon atau tulang disekitarnya.   

Normalnya, saraf akan keluar dari sumsum tulang belakang dan akan keluar dari celah antar tulang belakang atau vertebra. Namun, jika celah ini mengecil karena trauma, bantalan yang keluar dari tempatnya, stenosis spinal atau penyempitan ruas tulang belakang atau karena penyakit degeneratif yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia, maka saraf terjepit akan terjadi. Perubahan degeneratif menjadi penyebab terbanyak dari saraf terjepit, yaitu sekitar 70-90% kasus. Selain itu, kondisi ini bisa juga terjadi karena gerakan yang berulang-ulang ataupun berada dalam satu posisi dalam jangka waktu yang lama seperti menindih siku saat tidur, obesitas, kehamilan dan juga kadar gula darah yang tinggi. 

 

Ciri-ciri Saraf Terjepit 

Ketika saraf tubuh manusia ada yang tertekan, maka gejala yang mucul antara lain : 

  • Nyeri pada area kompresi saraf seperti pada leher atau punggung belakang 
  • Nyeri yang menjalar seperti dari leher sampai ke lengan, atau dari pinggang sampai ke kaki 
  • Rasa baal atau geli 
  • Sensasi terbakar atau tertusuk-tusuk 
  • Kelemahan sisi tubuh 

Gejala-gejala tersebut berbeda tiap orangnya dan biasanya akan lebih memberat jika sedang melakukan aktivitas atau pada posisi tertentu seperti menggerakan kepala ke kanan atau ke kiri, atau meluruskan tubuh dan lain-lain. 

Selain dari gejala yang ada, ada beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis seseorang mengalami saraf terjepit, antara lain : 

  • Rontgen/ X-Ray: dari foto polos ini dapat menunjukan penyempitan dan perubahan struktur daru tulang belakang dan juga jika ada tulang yang patah 
  • Computed Tomography (CT) Scan: pemeriksaan ini dapat memproyeksikan gambar 3D sehingga menjadi lebih detail dan akurat dibandingkan dengan foto polos saja 
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI): pemeriksaan MRI dapat mengetahui apakah ada kerusakan dari jaringan penunjang disekitarnya yang menyebabkan saraf dapat terjepit atau adanya kerusakan dari sumsum tulang belakang, 
  • Electromyography (EMG): alat EMG berfungsi untuk mengukur impuls elektrik pada otot, dan diganung dengan pemeriksaan konduksi saraf dapat menentukan apakah saraf pada bagian tersebut berfungsi secara normal. EMG juga dapat menentukan saraf terjepit ini disebabkan adanya tekanan pada saraf atau kondisi sistemik lain seperti penyakit diabetes mellitus yang menyebabkan neuropati.  

 

Personal Health Record Carevo

Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit  

Tatalaksana atau terapi pertama yang dilakukan untuk menyembuhkan saraf terjepit adalah non-surgical atau tanpa operasi seperti : 

1. Istirahat cukup 

Pada beberapa orang, saraf yang terjepit dapat membaik dengan sendirinya tanpa terapi dalam beberapa hari sampai minggu hanya dengan istirahat yang cukup.

2. Kompres es atau air hangat 

Nyeri yang dirasakan dapat diperingan dengan mengompres area tersebut dengan es ataupun air hangat untuk meredakannya sementara dan membuat menjadi lebih nyaman.

3. Splint dan cervical collar (untuk pergelangan tangan, tangan ataupun leher) 

Ini digunakan pada saraf terjepit pada bagian tangan, pergelangan ataupun leher dengan tujuan untuk membatasi gerakan yang dapat menambah rasa nyeri.

4. Obat-obatan pereda nyeri 

Obat pereda nyeri yang dikonsumsi dapat dijual bebas seperti NSAID, ibuprofen atau aspirin. Namun sebaiknya untuk konsumsi obat-obatan ini tetap berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan obat yang paling tepat dan diberikan dalam dosis yang sesuai.

5. Obat anti-inflamasi 

Obat anti inflamasi yang digunakan yaitu golongan steroid, dapat diberikan secara oral ataupun disuntikkan ke area yang bermasalah. Karena obat ini merupakan obat yang cukup keras, maka dosis yang diberikan harus dikontrol oleh dokter dan untuk menyuntikkan obat juga harus dilakukan oleh dokter yang telah berpengalaman di bidangnya.  

6. Terapi fisik 

Stretching dan aktivitas fisik ringan dapat membantu mengurangi nyeri dan mengurangi tekanan pada saraf yang terjepit.

Jika semua hal diatas sudah dilakukan namun masih belum ada perbaikan, gejala yang dirasakan sangat berat, sulit berdiri dan berjalan dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari  maka pilihan terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan pembedahan. Tindakan yang dilakukan tergantung dengan area dimana saraf tersebut terjepit. 

Baca juga: Inilah Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit di Tulang Ekor

 

Banner Artikel NKHealth

Booking janji dan konsultasi online Fisioterapi di klinik NKHealth bisa dilakukan secara online melalui booking.nkhealth.fit.


Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Daftar Pustaka 

1. Stuart A. Pinched Nerve (Compressed Nerve): Symptoms and Treatment. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/pain-management/guide/compressed-nerves 

2. Pinched nerve – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. Available from: https://www. mayoclinic.org/diseases-conditions/pinched-nerve/diagnosis-treatment/drc-20354751 

3. Pinched Nerves: Causes, Symptoms & Treatment. Cleveland Clinic. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/6481-pinched-nerves 

4. Treating a pinched nerve. Harvard Health. 2021. Available from: https://www.health. harvard.edu/pain/treating-a-pinched-nerve 

5. Pinched Nerve | National Institute of Neurological Disorders and Stroke. Available from: https://www.ninds.nih.gov/health-information/disorders/pinched-nerve 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics