Beranda > Artikel > Cara Tepat Menghadapi Keluarga dengan Penyakit Kronis

Cara Tepat Menghadapi Keluarga dengan Penyakit Kronis

Penyakit kronis? Apakah itu?

Penyakit kronis merupakan salah satu jenis penyakit yang berlangsung panjang dan tidak dapat menghilang dari seseorang, berlangsung panjang dan seumur hidup penderita tersebut. Penyakit kronis ini dapat dikontrol dengan syarat pengobatan yang teratur. Lalu apa saja yang termasuk dalam penyakit kronis? Penyakit kronis seperti diabetes mellitus atau kencing manis, penyakit jantung, penyakit kanker atau keganasan, penyakit paru kronis (PPOK), demensia, penyakit asma, Parkinson, dan sebagainya.

Mengapa dukungan atau support orang lain itu penting?

Penyakit kronis merupakan penyakit yang tidak langsung selesai dalam waktu sebentar, perjalanan mereka sangat panjang dan bahkan seumur hidup. Dukungan menjadi salah satu yang penting, dikarenakan seseorang yang sedang sakit menerima kabar buruk bahwa ia menderita salah satu penyakit kronis, bisa membuat mereka terpukul dan bisa masuk ke dalam jurang depresi. Depresi akan memperburuk kesehatan fisik mereka yang sedang sakit.

Selain depresi, pengobatan yang dilakukan berlangsung seumur hidup. Minum obat merupakan hal yang tidak mudah bagi penderita, ditambah lagi harus meminum obat dengan jumlah banyak dan beragam. Tanpa dukungan dari orang lain, kendala minum obat menjadi faktor utama kegagalan pengobatan atau bertambah buruknya penyakit yang diderita oleh orang terdekat Anda.

Orang lansia merupakan orang yang paling berdampak terhadap penyakit kronis. Seseorang yang semakin tua, menyebabkan penurunan fungsi kerja nya, misal seperti mudah lupa akan suatu hal. Bisa Anda bayangkan bila tidak ada orang yang membantu? Bagaimana mereka saat sedang sakit harus menyiapkan semua nya sendiri, seperti mempersiapkan alat mandi sendiri, membuat masakan sendiri, menyiapkan makanan sendiri? Bila mereka lakukan sendiri sangat berisiko menguras energi atau tenaga mereka yang justru harus dipakai untuk memperbaiki keadaan mereka.

Orang terdekat merupakan orang yang mengetahui kondisi pasien. Dukungan dari orang sekitar menjadi satu hal yang penting dimana, mereka menjadi tempat dimana dokter akan bertanya terkait bagaimana perjalanan penyakit yang diderita pasien, atau bagaimana kemajuan pengobatan pasien selama diberikan obat tertentu. Orang terdekat pula yang menjadi pengingat penderita untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh dokter yang merawat.

Penyakit kronis juga berhubungan dengan kualitas hidup seseorang. Seseorang yang menderita penyakit kronis sudah kehilangan satu faktor yang menjadi bagian kualitas hidup, yaitu kesehatan fisik. Bila mereka kemudian tahu menderita sakit tertentu dan tidak bisa sembuh kondisi mereka akan menurun, sehingga faktor kedua, yaitu faktor psikologis. Kehilangan kedua komponen ini akan mempercepat perburukan kondisi penderita.

Apa yang bisa dilakukan?

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda memiliki sanak saudara, orang tua, suami atau istri yang menderita penyakit kronis. Sebagai orang terdekat yang dimiliki penderita penyakit kronis, dukungan Anda sangat lah penting bagi mereka. Tindakan yang Anda lakukan menjadi salah bentuk dukungan bagi keluarga yang sedang sakit.

Berikut ini tindakan-tindakan yang bisa Anda lakukan:

  1. Tunjukkan bahwa Anda peduli

Menunjukkan Anda peduli terhadap seseorang yang menderita penyakit kronis itu bisa membantu meringankan beban penyakit yang orang tersebut rasakan. Kepedulian bisa membuat orang tersebut menjadi nyaman dan termotivasi untuk terus melanjutkan hidup, karena menganggap masih ada orang yang peduli.

  1. Belajar dari ahli terkait penyakit yang diderita seseorang.

Misalkan orang tua Anda menderita suatu penyakit, Anda kemudian bertanya ke dokter yang merawat orang tua Anda terkait apa-apa saja yang bisa dilakukan, itu merupakan salah satu bentuk kepedulian yang bisa Anda tunjukkan. Dengan demikian Anda bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan.

  1. Mendengarkan keluh kesah mereka.

Kehadiran Anda sebagai seorang terdekat orang-orang yang menderita sangat diperlukan. Ketika mereka sedang bercerita atau mengeluarkan keluh kesah mereka itu menjadi salah satu bentuk dukungan untuk mereka. Karena terkadang mereka hanya membutuhkan orang yang mau mendengarkan.

  1. Ajak mereka bertemu dengan kelompok sesama penderita suatu penyakit.

Temani teman atau keluarga atau pasangan Anda yang menderita suatu penyakit kronis untuk ikut serta dalam kelompok diskusi. Kelompok diskusi ini diharapkan bisa membantu para penderita untuk bertukar pikiran terkait penyakit yang mereka derita.

  1. Berdiskusi dengan parah ahli kesehatan jiwa.

Sebagai orang terdekat, Anda mungkina bisa membantu dengan cara mengajak mereka untuk bertemu dengan para ahli seperti psikolog, atau dokter spesialis kesehatan jiwa untuk bertukar pikiran terkait masalah yang diderita mereka. Berdiskusi diharapkan mampu memberikan perbaikan dan bagaimana cara penderita penyakit kronis mengubah mindset nya terhadap penyakit yang dideritanya.

Menjaga kesehatan mental sendiri juga penting

Menjaga kesehatan diri sendiri mulai dari kesehatan fisik dan mental merupakan dua hal yang sama-sama penting. Merawat orang dengan penyakit kronis merupakan hal yang melelahkan dan memerlukan kesabaran lebih. Saat Anda terlalu lelah, bisa jadi boomerang bagi diri Anda dan penderita. Anda bisa jadi bekerja secara asal-asalan dan bisa berbahaya bagi kesehatan penderita.

Saat kondisi seperti ini, berarti Anda harus beristirahat dan harus mencari pertolongan juga, misalkan seperti meminta bantuan pertolongan keluarga yang lain.

Referensi

  • Living with a chronic illness – reaching out to others. Diakses pada: 2021, Mei 17. Dari: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000602.htm
  • Holland K. What is a chronic illness? Diakses pada: 17 Mei 2021. Dari: https://www.healthline.com/health/chronically-ill
  • Rosland AM, et al. Current and potential support for chronic disease management in the united states: the perspective of family and friends of chronically ill adults. Fam Syst Health. 2013. Jun: 31(2): 119 – 131. DOI: 10.1037/a0031535
  • Rosland AM, and Piette J.D. Emerging models for mobilizing family support for chronic disease management: a structured review. Chronic Illn. 2010 Mar: 6(1): 7 – 21. DOI: 10.1177/1742395309352254
  • Davidson E. How can you support someone with a chronic illness (and some real advice on how ‘not’ to). Diakses pada: 17 Mei 2021. Dari: https://creakyjoints.org/support/how-to-support-someone-with-chronic-illness/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :