Beranda > Artikel > Cari Tahu Manfaat Tomat untuk Kesuburan Anda

Cari Tahu Manfaat Tomat untuk Kesuburan Anda

Manfaat yang Anda dapatkan dari konsumsi sayur-sayuran

Sayuran merupakan salah satu komponen diet yang penting bagi tubuh kita dan seringkali dilupakan. Secara alamiah sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan mencegah kemungkinan kita terkena penyakit kronik. Berikut ini berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh sayur-sayuran:

  • Sayur-sayuran merupakan makanan rendah kalori dan rendah lemak
  • Sayuran memiliki kadar serat yang tinggi, asam folat, vitamin A, dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Kandungan mineral dan elektrolit seperti Kalium.

 

Lalu dari kandungan yang dimiliki oleh sayuran apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayuran secara rutin? Berikut ini manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayuran:

  1. Konsumsi sayuran dalam setiap sajian atau setiap kali makan mengandung kadar kalori yang rendah, sehingga bisa membantu Anda untuk makan dalam jumlah banyak.
  2. Nutrisi yang dimiliki sayuran dapat melindungi Anda dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, kencing manis, dan stroke.
  3. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki oleh sayur-sayuran mempunyai manfaat sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kanker.
  4. Mengonsumsi sayuran secara rutin terbukti untuk menjaga kesehatan saluran cerna Anda, menghindari konstipasi, dan berbagai penyakit saluran cerna lain nya.

 

Rekomendasi asupan sayuran

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat. Anjuran yang disampaikan oleh organisasi ini adalah sebanyak 400 gram per orang hari, yang terdiri dari 250 gram sayuran (setara dengan 2 porsi) dan 150 gram buah-buahan. Kementerian Kesehatan Indonesia juga merekomendasikan hal yang sama dengan WHO, untuk balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buah sebanyak 300 – 400 gram per hari dan bagi remaja hingga orang dewasa sebanyak 400 – 600 gram per hari.

 

Manfaat buah tomat untuk kesuburan

Kesuburan untuk dewasa ini sangat penting, ditambah lagi dengan berbagai faktor stress yang memicu munculnya reaksi oksidasi. Sebagai contoh konsumsi rokok, alkohol, dan minim nya aktivitas fisik menjadi contoh-contoh terjadinya stress oksidatif. Reaksi oksidasi ini terbukti menghambat berbagai proses untuk memproduksi sperma (laki-laki) dan sel telur (perempuan) yang baik. Di suatu penelitian, laki-laki yang terpapar reactive oxygen species (ROS) tinggi hanya memiliki tingkat keberhasilan untuk bisa membuahi hanya sebesar 15%. ROS ini terbukti merusak sperma, namun proses nya masih belum diketahui. Stress oksidatif ini diperkirakan mengganggu motilitas atau pergerakan sperma, dan mengganggu proses pematangan sel-sel telur.

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dikenal oleh banyak orang dengan bentuk buah nya yang bulat atau lonjong, dan berwarna cerah. Buah yang berwarna merah ini mengandung lycopene salah satu jenis karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa lycopene ini bekerja langsung dalam memperbaiki motilitas sperma. Selain senyawa lycopene tadi, tomat memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Ketiga nya juga menjadi penangkal stress oksidatif tadi. Peran dari ketiga vitamin ini pada sperma yaitu meningkatkan konsentrasi sperma yang dimiliki oleh seorang laki-laki. Peneliti menyarankan konsumsi sebanyak 4 sampai 8 mg lycopene per hari selama 8 hingga 12 bulan meningkatkan kesehatan sperma laki-laki dan dapat meningkatkan keberhasilan kehamilan.

Tidak jauh berbeda dari manfaat buah tomat untuk kesuburan pada pria, konsumsi buah yang kaya akan antioksidan ini membuat seorang wanita dapat mencapai waktu kehamilan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Pada percobaan ilmiah didapatkan hasil bahwa peran vitamin C sebagai suatu antioksidan yang memicu produksi hormon progestin untuk mempertahankan dinding endometrium guna mempersiapkan terjadinya proses kehamilan.

         

Referensi:

  • Fruit and vegetables. Diakses pada: 2021, April 11 dari: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/fruit-and-vegetables
  • U.S. Department of Agriculture (USDA). Diakses pada: 2021, April 22. Dari: https://www.myplate.gov/eat-healthy/vegetables
  • Hari gizi nasional 2017: ayo makan sayur dan buah setiap hari. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Diakses pada: 2021, April 22. Dari: https://www.kemkes.go.id/article/print/17012600002/hari-gizi-nasional-2017-ayo-makan-sayur-dan-buah-setiap-hari.html
  • Yamamoto Y, et al. The effects of tomato juice on male infertility. Asia Pac J Clin Nutr 2017;26(1):65-71.
  • Ruder E.H., Hartman T.J., Reindollar R.H., and Goldman M.B. Female dietary antioxidant intake and time to pregnancy among couples treated for unexplained infertility. Fertil Steril. 2014 Mar; 101(3): 759–766. doi: 1016/j.fertnstert.2013.11.008
  • Durairajanayagam D, Agarwal A, Ong C, Prashast P. Lycopene and male infertility. Asian J Androl.2014;16(3):420-425. doi:10.4103/1008-682X.126384

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :