Beranda > Artikel > Cemilan untuk Penderita Diabetes

Cemilan untuk Penderita Diabetes

Apa itu Diabetes?

Diabetes, atau kencing manis, merupakan suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan penyebab yang multiple, ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau kurangnya produksi insulin yang dihasilkan organ pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel – sel tubuh terhadap insulin.

Insulin merupakan hormon yang dibentuk oleh organ pankreas, berfungsi untuk mengubah makanan yang dimakan menjadi energi. Semua makanan jenis karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa di dalam darah. Hormon insulin akan membantu glukosa masuk ke dalam sel tubuh.

Kegagalan untuk memproduksi insulin atau kegagalan untuk menggunakannya secara efektif akan menyebabkan tingginya kadar glukosa di dalam darah yang dikenal dengan nama “hiperglikemi”. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama, kenaikan kadar gula darah akan merusak tubuh dan menyebabkan kegagalan organ multipel.

           

Jenis – Jenis Diabetes

Terdapat 3 tipe utama diabetes, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Diabetes tipe 1 dapat terjadi pada setiap usia, namun paling sering terjadi pada anak – anak. Ketika Anda mengalami diabetes tipe 1, tubuh Anda memproduksi sedikit sekali insulin, atau bahkan tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, Anda membutuhkan insulin harian dalam bentuk injeksi untuk mengontrol kadar glukosa darah.

Diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada dewasa, dan merupakan tipe diabetes terbanyak, yaitu 90% dari seluruh kasus diabetes. Ketika Anda mengalami diabetes tipe 2, tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Terapi utama untuk diabetes tipe 2 ialah perubahan gaya hidup sehat, salah satunya meningkatkan aktivitas fisik dan diet sehat. Namun, sebagian besar pasien dengan diabetes tipe 2 akan memerlukan terapi obat – obatan minum atau pemberian insulin injeksi untuk mengontrol kadar glukosa darah.

Diabetes gestasional (GDM) terjadi pada ibu yang sedang hamil, dimana ibu hamil mengalami peningkatan kadar glukosa darah, dan dapat menyebabkan komplikasi terhadap ibu maupun anak yang dikandung. GDM pada umumnya akan menghilang setelah kehamilan namun ibu dan anak yang dikandung berisiko mengalami diabetes tipe 2 pada masa yang akan datang.

 

Cemilan untuk Penderita Diabetes

Penanganan diabetes tipe 2 dapat diatasi salah satunya dengan cara modifikasi gaya hidup. Terdapat beberapa cemilan yang dapat Anda makan apabila Anda mengalami diabetes tipe 2:

  1. Telur rebus merupakan pilihan cemilan sehat bagi penderita diabetes. Terdapat 6 gram protein yang terkandung dalam satu buah telur rebus ukuran besar. Protein baik bagi penderita diabetes karena dapat menahan peningkatan gula darah setelah Anda makan.
  2. Yogurt dengan berries merupakan pilihan yang baik, karena buah – buahan berries memiliki komponen antioksidan yang membantu mengurangi inflamasi dan mencegah kerusakan pada sel – sel organ pankreas, organ yang bertugas melepaskan hormon insulin. Selain itu, buah berries juga memiliki kadar serat yang tinggi, sehingga membantu melambatkan pencernaan dan menstabilisasi kadar glukosa darah setelah makan. Sedangkan yogurt memiliki komponen probiotik sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme makanan yang mengandung gula.
  3. Kacang almond memiliki manfaat nutrisi yang baik sehingga juga cocok dijadikan cemilan penderita diabetes. Dalam 28 gram kacang almond, terkandung 15 vitamin dan mineral. Penelitian menunjukkan bahwa kacang almond membantu mengontrol kadar glukosa darah pada penderita diabetes.
  4. Buah alpukat memiliki kadar serat yang tinggi dan asam lemak monosaturasi, yang baik bagi penderita diabetes. Komponen – komponen ini dapat mencegah peningkatan cepat glukosa setelah makan.
  5. Buah apel dengan selai kacang apabila dipadukan akan menjadi cemilan yang enak, selain itu baik juga dikonsumsi oleh penderita diabetes. Keduannya memiliki kadar serat yang tinggi.
  6. 1 cup edamame mengandung 17 gram protein dan 8 gram serat. Edamame dapat menjadi pilihan cemilan yang baik bagi penderita diabetes.

Snacks di atas dapat Anda jadikan pilihan cemilan apabila Anda merupakan penderita diabetes. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan Apps Personal Health Record dari Carevo.

Bibliography

  • What is Diabetes. (2020, March 26). Retrieved from International Diabetes Federation: https://www.idf.org/aboutdiabetes/what-is-diabetes.html
  • Penyakit Diabetes Melitus. (n.d.). Retrieved from Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: http://p2ptm.kemkes.go.id/informasi-p2ptm/penyakit-diabetes-melitus/page/10
  • Elliott, B. (2018, January 14). The 21 Best Snacks Ideas If You Have Diabetes. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/best-snacks-for-diabetes
  • Fletcher, J. (2020, December 22). Which are the best bedtime snacks for diabetes? Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324881

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :