Beranda > Artikel > Ciri-ciri Kanker Payudara yang Bisa Dideteksi sejak Dini

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Bisa Dideteksi sejak Dini

Ciri-ciri kanyek payudara

Kanker payudara bisa menyerang wanita tanpa memandang umur, baik tua maupun muda. Kabar bagusnya, ciri-ciri kanker payudara bisa dideteksi sejak dini, jadi Anda bisa tahu langkah yang harus dilakukan untuk mengobatinya. Apalagi kanker payudara dan serviks masih merupakan penyakit dengan angka yang tertinggi di Indonesia, sehingga wanita harus memiliki kesadaran (awareness) terhadap tubuhnya.

Baca juga: Gejala Kanker Darah yang Wajib Diketahui Sejak Dini

Meskipun kesadaran terhadap penyakit ini sudah digalakkan, masih banyak orang yang belum mengetahui gejalanya. Tak heran, kasus kanker payudara kian meningkat tiap tahunnya, disertai angka kematian yang juga mengganas. Penting bagi kita untuk mengenali kanker payudara sejak dini, tanpa harus menunggu usia tua untuk menyerangnya.

Baca juga:

Alasan Mengapa Anda Harus Cek Darah

Sel kanker payudara biasanya muncul di jaringan yang berada di sekitar payudara.

Baca juga:  Gejala Flek Paru Paru

Penderitanya memang kebanyakan adalah wanita, tapi tak menutup kemungkinan bahwa pria juga bisa terkena penyakit ini. Umumnya, pria yang menderita kanker payudara adalah mereka yang memiliki hormon estrogen berlebih di tubuhnya.

Baca juga: Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Banyak orang mengenali kanker payudara karena ada benjolan di sekitarnya. Padahal, gejalanya bisa berbeda-beda tergantung jenis kanker yang diderita. Tubuh kita juga memproduksi beberapa gejala yang menandakan adanya sel kanker di dalamnya. 

 

Personal Health Record

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Ciri-ciri kanker payudara yang paling umum memang berupa sebuah benjolan, mulai dari bagian dada hingga di bawah ketiak. Bisa juga ditandai dengan puting yang berdarah disertai dengan rasa sakit, atau puting mengeluarkan cairan apapun selain ASI. Selain itu, ada daerah payudara pun ada pembengkakan dan tanda kemerahan, sehingga puting terlihat lebih rata.

Namun, tanda di atas belum menjadi syarat mutlak bahwa Anda menderita kanker payudara. Masih ada faktor yang harus dipertimbangkan dalam sebuah diagnosis. Semakin dini kanker payudara bisa dideteksi, langkah pengobatan yang diambil pun semakin bisa diketahui.

Ada juga tanda-tanda kanker payudara yang sudah menjalar, tapi masih bisa dideteksi lebih awal. Beberapa tandanya adalah:

  1. Payudara yang gatal dan mengalami iritasi.
  2. Perubahan warna payudara.
  3. Perubahan pada ukuran dan bentuk payudara dalam waktu singkat.
  4. Puting yang mengelupas.
  5. Payudara yang membengkak atau menebal.
  6. Payudara mengalami kemerahan.

Mammogram Scan untuk Mendeteksi Ciri-Ciri Kanker Payudara

Sel kanker biasanya bermula dari tumor yang bisa ditandai dengan adanya benjolan. Benjolan pada payudara ada pula yang terlalu kecil sehingga tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Karena itu, wanita harus melakukan mammogram scan untuk mendeteksi sel tumor pada payudara sebelum membesar. Semakin cepat sel tumor bisa dideteksi, semakin mudah pengobatannya.

 

Mammogram scan adalah pemeriksaan payudara manusia yang menggunakan sinar X (X-ray) dengan dosis yang rendah. Pemeriksaan ini dirancang untuk mendeteksi tumor dengan ukuran terkecil sekalipun, bahkan seukuran ujung pensil (1 mm). Sayangnya, mammogram scan ini belum bisa mendeteksi jenis kanker payudara yang diperiksa, sehingga butuh penanganan dokter yang lebih lanjut.

Beberapa tips yang harus diketahui sebelum melakukan pemeriksaan mammogram adalah:

  1. Bagi wanita, jangan melakukan mammogram seminggu sebelum menstruasi atau sedang mengalaminya. Salah satu ciri menstruasi adalah payudara yang membengkak, jadi belum tentu ada sel kanker di tubuh Anda.
  2. Jangan menggunakan parfum atau deodoran saat melakukan mammogram, karena bisa menimbulkan beberapa titik putih pada hasil pemindaian (scan). Salah-salah, bisa menjadi tanda palsu kanker payudara.
  3. Gunakan atasan yang mudah diangkat ketika melakukan mammogram, jangan menggunakan dress atau terusan karena lebih rumit.

Untuk mendeteksi ada tidaknya ciri-ciri kanker payudara sejak dini, mulailah dari memperhatikan perubahan pada bagian tubuh, karena Anda sendiri yang mengetahui kondisi tubuh. Selain itu, Personal Health Record dari Carevo juga sangat membantu merekam jejak kesehatan Anda. Segera download aplikasinya untuk mengetahui kesehatan tubuh Anda.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :