Beranda > Artikel > Penderita Maag Akut? Kenali Manfaat Daun Afrika untuk Asam Lambung

Penderita Maag Akut? Kenali Manfaat Daun Afrika untuk Asam Lambung

manfaat daun afrika untuk asam lambung

Daun afrika merupakan keluarga dari Asteraceae dalam genus besar Vernonia. Tanaman ini berupa semak dengan kanopi sedang yang tumbuh di lokasi hutan terbuka yang sering dibesarkan di sekitar tempat tinggal. Daunnya lebar, bulat telur dan tersusun spiral pada cabang. Daun ini sering dimanfaatkan sebagai ramuan pot dan sumber obat-obatan. Dalam proses pengolahannya, daun diperas dalam air dan garam ditambahkan untuk membersihkan bahan beracun yang keluar sebagai eksudat coklat berbusa sampai bersih. Daun ini juga salah satu bentuk sayuran yang dijual di pasar.

 

Daun Afrika telah digunakan sebagai makanan dan obat selama berabad-abad di Afrika. Tanaman ini memiliki spektrum kegunaan yang luas dalam pengobatan tradisional Afrika dan telah digunakan dalam pengelolaan dan pengobatan sejumlah kondisi kesehatan. Salah satu diantaranya adalah tukak lambung atau yang umum disebut dengan penyakti maag akut.

 

Tukak lambung merupakan gangguan saluran cerna umum yang mempengaruhi sekitar 10% dari populasi dunia. Hal ini ditandai dengan adanya erosi dinding lambung karena ketidakseimbangan antara agresif (asam, enzim cerna, dan bakteri) dan faktor defensif (lendir dan zat-zat protektif dari lambung lainnya). Kejadian penyakit ini multifaktorial yang meliputi bakteri, konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), merokok, stres, konsumsi alkohol, metabolisme hormon yang berubah dan kebiasaan diet yang buruk. Pengobatan tukak lambung menggunakan terapi konvensional menghadapi kemunduran besar karena sebagian besar obat yang tersedia di pasaran saat ini menunjukkan kemanjuran yang terbatas terhadap penyakit lambung dan sering dikaitkan dengan efek samping yang parah. Namun, daun afrika  saat ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati gangguan pencernaan dan telah terbukti memberikan hasil yang menjanjikan dalam pengobatan penyakit ini.

 

Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika memiliki efek anti-ulkus pada perkembangan tukak lambung. Mekanismenya diduga karena kemampuannya untuk menghambat sekresi asam lambung melalui pemblokiran efek stimulasi histamin dan efek dari zat tanin yang dikandungnya. Selain itu, zat tanin juga bereaksi dengan protein dari lapisan jaringan lambung dengan mengendapkan protein mikro di lokasi ulkus, membentuk pelikel pelindung (film tipis) yang mencegah mukosa lambung dari iritasi. Ekstrak daun ini juga membantu meningkatkan prostaglandin yang diketahui meningkatkan aliran darah mukosa lambung.

 

Flavonoid yang terkandung dalam ekstrak daun ini bisa mengais radikal bebas, menghambat peroksidasi lipid, dan meningkatkan prostaglandin dan kandungan mukosa dari mukosa lambung sehingga meningkatkan proteksi lambung terhadap asam lambung. Beberapa penelitian juga menunjukkan adanya sejumlah besar protein kasar dan asam amino esensial dalam daun afrika yang erat kaitannya memiliki efek penyangga pada keasaman lambung.

 

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa ekstrak daun ini menyebabkan peningkatan pH lambung dan penurunan volume lambung serta konsentrasi asam lambung bebas dan total pada tikus yang serupa dengan yang dihasilkan oleh simetidin (obat maag yang marak di jual di pasaran).

 

Namun, senyawa aktif yang ada dalam ekstrak daun afrika masih belum sepenuhnya jelas dan kami tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa lebih dari satu senyawa mungkin bertanggung jawab atas efek penghambatannya pada tukak lambung. Oleh karena itu, penjelasan tentang mekanisme yang tepat yang mendasari efek pencegahan pada tukak lambung dari ekstrak daun afrika dan konstituen aktif yang bertanggung jawab atas sifat bermanfaat ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Maag yang Mudah, Praktis, dan Alami

Baca juga: Pantangan Makanan Penderita Sakit Maag

 

Sumber:

Adefisayo MA, Akomolafe RO, Akinsomisoye SO, et al. Gastro-protective effect of methanol extract of Vernonia amygdalina (del.) leaf on aspirin-induced gastric ulcer in Wistar rats. Toxicol Rep. 2017;4:625-633. Published 2017 Nov 13. doi:10.1016/j.toxrep.2017.11.004

Oyeyemi I, Akinlabi A, Adewumi A, Aleshinloye A, Oyeyemi O. Vernonia amygdalina : A folkloric herb with anthelminthic properties. Beni-Suef University Journal of Basic and Applied Sciences. 2018;7(1):43-49.

 

Pantau kesehatanmu secara rutin dengan aplikasi Carevo. Download Carevo di sini.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :