Beranda > Artikel > Manfaat Daun Keji Beling untuk Penyakit Batu Ginjal

Manfaat Daun Keji Beling untuk Penyakit Batu Ginjal

Manfaat Daun Keji Beling

Penyakit batu ginjal merupakan bagian dari penyakit batu di saluran kemih (BSK, batu saluran kemih). Selain batu ginjal juga terdapat batu di saluran ureter, kandung kemih (buli-buli), dan uretra atau muara saluran kemih. Di Indonesia sendiri angka kejadian batu saluran kemih (BSK) sebesar 0,6% atau 6 orang per 1000 penduduk. Apabila tidak tertangani dengan baik, batu saluran kemih dapat menyebabkan ginjal mengalami kerusakan hingga berujung pada gagal ginjal kronis yang membutuhkan cuci darah (hemodialisa), di mana angka kejadian nya mencapai 2 orang per 1000 penduduk. Batu saluran kemih merupakan tiga besar penyakit utama di bidang urologi (saluran kemih), bersama dengan infeksi saluran kemih (ISK) dan gangguan prostat, baik jinak seperti pembesaran prostat (BPH, benign prostate hypertrophy) maupun ganas seperti kanker prostat.

 

Apa penyebab timbulnya batu saluran kemih?

Batu saluran kemih merupakan tumpukan kristal yang mengendap, yang dimulai di ginjal dan dapat turun ke saluran kemih, sampai di kandung kemih bahkan dapat tersangkut di saluran tersebut sehingga menimbulkan nyeri yang luar biasa hebat.

Penyebab utama batu saluran kemih adalah timbunan kristal kalsium oksalat. Konsumsi makanan tinggi oksalat seperti coklat, kacang-kacangan, dan bayam dapat mempermudah timbulnya batu. Selain oksalat, kristal asam urat merupakan penyebab tersering kedua. Asam urat dapat naik karena konsumsi makanan tinggi purin, seperti jeroan, daging-dagingan, dan kacang-kacangan. Asam urat akan membuat urine menjadi asam sehingga mudah timbul batu.

Selain karena konsumsi makanan yang tinggi oksalat dan purin, batu saluran kemih dapat dicetuskan karena kondisi-kondisi tertentu, seperti:

  • Dehidrasi
  • Obesitas
  • Makanan tinggi protein dan garam
  • Gangguan saluran cerna seperti radang usus (inflammatory bowel diseases)
  • Obat-obatan tertentu

 

Bagaimana mengobati batu saluran kemih?

Adanya batu saluran kemih dapat menimbulkan nyeri hebat di sekitar pinggang yang menjalar ke sela paha hingga kaki. Frekuensi nyeri hilang timbul sesuai dengan pergerakan batu. Obat anti nyeri yang kuat seringkali dibutuhkan untuk mengatasi nyeri karena batu saluran kemih. Selain itu, batu dapat menggores dan melukai saluran kemih sehingga menimbulkan darah di urine, dari darah samar yang hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan laboratorium hingga urine yang berwarna merah.

Selain anti nyeri, faktor-faktor pencetus batu juga harus diatasi. Seperti mengurangi konsumsi makanan tinggi oksalat dan purin, serta cukup minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Berolah raga yang cukup dan menurunkan berat badan berlebih juga diperlukan.

Dewasa ini penelitian tentang penggunaan tanaman herbal semakin berkembang. Banyak tanaman-tanaman yang memiliki segudang manfaat kesehatan dan banyak ditemukan di Indonesia. Daun keji beling (Strobilanthes crispus) merupakan salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengatasi batu saluran kemih. Tanaman ini mempunyai efek baik merangsang berkemih sehingga mempersingkat waktu pengendapan mineral-mineral penyebab batu. Kandungan zat dan antioksidan di dalam daun keji beling seperti alkaloid, tanin, saponin dan beberapa zat lain mempunyai efek untuk menghancurkan batu ginjal ini, dan dapat menjaga kesehatan ginjal lebih lanjut.

Apabila terapi dengan obat dan menghindari faktor risiko belum cukup, maka dibutuhkan tindakan bedah untuk menghancurkan batu tersebut. Tindakan bisa dilakukan tanpa sayatan seperti penggunaan gelombang kejut (ESWL), laser, dan operasi terbuka untuk mengambil batu tersebut. Namun perlu diingat, batu saluran kemih yang sudah diambil atau dihancurkan dapat muncul kembali apabila gaya hidup tidak berubah dan terdapat beberapa orang yang rentan dan mudah menderita penyakit batu saluran kemih.

Baca juga: Manfaat Daun Cocor Bebek

 

Referensi:

Dr Heben’s Team. (2021). 10 Proven Health Benefits of Strobilanthes Crispus. DrHealthBenefits.Com. https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-plant/health-benefits-of-strobilanthes-crispus

Gul, M. T., Dheyab, A. S., Muhammad, N., Tayyab Gul, M., Shaker, E. K., & Pauzi, A. N. (2020). In vitro evaluation of anti-urolithiatic properties of Strobilanthes crispus extracted using different solvents. Research Journal of Chemistry and Environmentl (Vol. 24, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/338169582

Kurniawan, R., Djojodimedjo, T., Rahaju, S. (2020). Profile of Patients with Urinary Tract Stone at Urology Department of Soetomo General Hospital Surabaya in January 2016-December 2016. Indonesian Journal of Urology, 27(1). https://doi.org/10.32421/juri.v27i1.506

Nisa U., Widhi Astana P., Saryanto., Dewi T. and Wijayanti E. (2020). The Renal Protective Potential Effect of Infusion of Anti-urolithiasis Formula in Urolithiasis Patients: A Randomized Clinical Study.In Proceedings of the 1st Jenderal Soedirman International Medical Conference in conjunction with the 5th Annual Scientific Meeting (Temilnas) Consortium of Biomedical Science Indonesia – Volume 1: JIMC, ISBN 978-989-758-499-2, pages 91-97. DOI: 10.5220/0010488300910097

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :