Beranda > Artikel > Apakah Ada Manfaat Daun Meniran untuk Asam Lambung?

Apakah Ada Manfaat Daun Meniran untuk Asam Lambung?

Daun Meniran untuk Asam Lambung

Daun meniran merupakan salah satu tanaman yang tergabung dalam genus Phyllantus dan memiliki nama ilmiah Phyllantus ninuri. Asal tanaman ini adalah dari Asia Selatan, India dan Cina yang memiliki tinggi 40-60 cm dan tumbuh di hutan tropis diseluruh dunia, dari Amazon dan juga di Indonesia. Tanaman ini memiliki daun dengan panjang 7-12 cm dan berderet-deret, memiliki bunga berwarna putih kehijauan diantara daunnya dan batang bulat berwarna coklat. Tanaman ini sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama oleh masyarakat India, Cina, Brazil dan negara di Asia Selatan untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk infeksi bakteri, infeksi virus seperti hepatitis B, diabetes mellitus, gangguan traktus urinarius seperti batu ginjal, darah tinggi, pengobatan kulit dan juga untuk gangguan pada lambung.

Penyakit pada lambung seperti maag atau tukak lambung atau nama ilmiahnya adalah gastritis merupakan kelompok kondisi yang disebabkan oleh inflamasi pada mukosa atau epitel lambung. Penyakit ini dapat disebabkan berbagai hal seperti reaksi stress oksidatif pada sel, paparan agen yang dapat merusak lapisan lambung seperti konsumsi obat-obatan pereda nyeri atau golongan NSAID, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti alkohol berleebih, makanan terlalu asam atau terlalu pedas, kebiasaan makan yang tidak teratur ataupun infeksi bakteri Helicobacter pylori. Walaupun penyakit ini biasanya ringan dan diderita sebagian besar orang, jika tidak segera ditangani, gastritis dapat menjadi kronik dan meningkatkan resiko komplikasi terjadinya kanker lambung.

Efek perlindungan terhadap lambung atau gastroprotektif daun meniran dikarenakan adanya kandungan antioksidan didalamnya dan juga kandungan bioaktif meliputi lignan, phyllantin, flavonoid, glikosida dan tannin.

Berikut adalah beberapa manfaat daun meniran untuk asam lambung :

1. Melindungi dari stress oksidatif

Stress oksidatif memiliki peranan penting terjadinya suatu penyakit, termasuk tukak lambung karena penumpukan stress oksidatif dapat merusak sel dalam lambung yang menyebabkan epitel atau pelapis lambung menjadi rusak. Cairan asam yang diproduksi oleh lambung dapat menembus epitel yang rusak dan menyebabkan tukak pada lambung dan menimbulkan gejala seperti nyeri perut, mual, muntah, nafsu makan berkurang, terasa terbakar, kembung, merasa cepat kenyang, mulut terasa pahit sampai perdarahan yang menyebabkan muntah darah

Antioksidan merupakan salah satu zat yang dapat melindungi sel dari kerusakan karena stress oksidatif, dan pada lambung dapat memiliki efek proteksi terhadap mukosa dari berbagai agen yang dapat menyebabkan kerusakan epitel lambung.

2. Mencegah infeksi Helicobacter pylori

Salah satu penyebab terjadinya gangguan asam lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Daun meniran memiliki efek memodulasi dan mengaktifasi sistem imun sehingga pertumbuhan bakteri ini dapat dihambat dan menghindari terjadinya penyakit lambung

 

Efek untuk lambung memang menjadi salah satu daya tarik untuk mengkonsumsi daun meniran karena banyak orang yang memiliki gangguan asam lambung. Namun, perlu diketahui adapula efek samping yang dapat ditimbulkan konsumsi daun meniran, antara lain:

  • Nyeri perut
  • Nyeri berkemih
  • Diare
  • Reaksi alergi berupa sesak, ruam pada kulit, gatal, bengkak
  • Interaksi dengan obat lain seperti litium, obat untuk hipertensi, obat untuk diabetes dan obat pengencer darah

Maka dari itu, jika anda memiliki penyakit yang sedang diderita, baik baru ataupun sudah lama, memiliki reaksi alergi atau sedang mengkonsumsi obat lain, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun meniran.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Meniran untuk Daya Tahan Tubuh

 

Referensi

  1. Lee NYS, Khoo WKS, Adnan MA, Mahalingam TP, Fernandez AR, Jeevaratnam K. The pharmacological potential of Phyllanthus niruri. Journal of Pharmacy and Pharmacology. 2016;68(8):953–69.
  2. Tjandrawinata R, Susanto L, Nofiarny D. The use of Phyllanthus niruri L. as an immunomodulator for the treatment of infectious diseases in clinical settings. Asian Pacific Journal of Tropical Disease. 2017 Mar 1;7:132–40.
  3. Widiadnyani NKE, Astawa INM, Sukrama IDM. Phytochemical test and identification of active compounds with LC-MS/MS in green meniran leaf (Phyllanthus niruri Linn). Bali Medical Journal. :5.
  4. Phyllanthus niruri: Benefits, uses, and risks. 2020. Available from: https://www.medical newstoday.com/articles/phyllanthus-niruri

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :