Beranda > Artikel > Jenis – Jenis Diet: Diet Vegetarian

Jenis – Jenis Diet: Diet Vegetarian

diet vegetarian

Apa itu Diet Vegetarian?

Diet vegetarian merupakan salah satu pola diet yang populer. Diet vegetarian sudah diaplikasikan hingga 18% dari populasi global. Alasan mengapa diet ini banyak dilakukan ialah oleh karena manfaat kesehatan yang ditawarkan, mulai dari mengurnagi risiko penyakit jantung, penyakit diabetes, hingga beberapa jenis kanker.

Diet vegetarian berarti tidak memakan daging, ayam, maupun ikan, namun Anda diperbolehkan untuk konsumsi telur dan produk dairy.

Baca juga: Jenis – Jenis Diet: Diet Keto

 

Cara Melakukan Diet Vegetarian

Terdapat beberapa jenis diet vegetarian, masing – masing dengan pembatasan jenis makanan yang berbeda – beda, yaitu:

1. Lacto-ovo-vegetarian diet: Anda tidak diperbolehkan makan daging, ikan, dan ayam, namun masih boleh makan telur dan produk dairy.

2. Lacto-vegetarian diet: Anda tidak diperbolehkan makan daging, ikan, ayam, dan telur, namun masih boleh makan produk dairy.

3. Ovo-vegetarian diet: Anda tidak diperbolehkan makan daging, ikan, ayam, dan produk dairy, namun masih boleh makan telur.

4. Pescetarian diet: Anda tidak diperbolehkan makan daging dan ayam, namun masih boleh makan ikan, dan terkadang telur dan produk dairy.

5. Vegan diet: Anda tidak diperbolehkan makan daging, ikan, ayam, telur, produk dairy, termasuk produk hasil hewan seperti madu

6. Flexitarian diet: Sebagian besar melakukan diet vegetarian, namun terkadang dapat memakan daging, ayam, dan ikan dalam porsi kecil.

Dalam melakukan diet vegetarian, sebaiknya Anda memilih variasi makanan berbasis tumbuhan yang sehat, seperti buah – buahan dan sayuran, legumes dan kacang – kacangan, dan gandum. Kurnagi konsumsi pilihan yang kurang sehat seperti menambahkan pemanis di dalam minuman Anda.

Baca juga: Jenis – Jenis Diet: Diet Mediterranean

 

Manfaat Diet Vegetarian

Manfaat melakukan diet vegetarian ialah:

1. Berpotensi menurunakan berat badan

2. Menurunkan kadar kolesterol total dalam darah

3. Terdapat bukti penelitian bahwa insiden kanker lebih rendah pada vegetarian dibandingkan dengan non vegetarian

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler termauk obesitas, hipertensi dan penyakit jantung koroner

5. Menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2

 

Namun perlu Anda ketahui, bahwa manfaat – manfaat ini tidak akan terjadi secara ototmatis ketika Anda berhenti makan daging. Pastikan Anda juga memperhatikan hal – hal berikut ini:

1. Hitung jumlah kalori harian Anda, jangan sampai konsumsi diet vegetarian melebihi kalori harian bila Anda ingin menurunkan berat badan

2. Fokus pada konsumsi berbagai jenis buah – buahan, sayuran, dan gandum

3. Batasi konsumsi makanan yang diproses dan alkohol

4. Hindari lemak tidak sehat, dan kurangi menambahkan gula dan garam

5. Jalani pola hidup sehat termasuk melakukan olahraga

6. Hindari merokok

 

Efek Samping Diet Vegetarian

Meskipun makanan vegetarian bernutrisi, dan Anda dapat memperoleh berbagai macam vitamin yang dapat diserap tubuh melalui diet vegetarian, beberapa nutrisi penting seperti iodin, zinc, dan vitamin B12 sulit untuk diperoleh bila Anda tidak memakan daging, seafood, dan dairy product. Tanpa nutrisi – nutrisi penting ini, Anda berpotensi mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti gondok, diare, kurangnya tajam indera penciuman dan pengecapan, serta kerusakan saraf. Anda perlu mencari pengganti dari nutrisi – nutrisi tersebut untuk menghindari kemungkinan mengalami penyakit.

Selain itu, Anda dapat juga mengalami perut kembung. Beberapa jenis makanan berbasis tumbuhan mengandung banyak serat sehingga menimbulkan gas berlebih.

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Bibliography

Going Vegetarian? Be Aware Of Some Possible Side Effects While a vegetarian diet offers a myriad of health bene. (n.d.). Retrieved from Lifesum: https://lifesum.com/nutrition-explained/going-vegetarian-be-aware-of-some-possible-side-effects

The vegetarian diet. (2018, August 1). Retrieved from National Health Service: https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/the-vegetarian-diet/

Link, R. (2018, October 17). The Vegetarian Diet: A Beginner’s Guide and Meal PlanThe Vegetarian Diet: A Beginner’s Guide and Meal Plan. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/vegetarian-diet-plan

Vegetarian diet: How to get the best nutrition. (2020, August 20). Retrieved from Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/vegetarian-diet/art-20046446

Brazier, Y. (2020, January 20). What to know about the vegetarian diet. Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/8749

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :