Beranda > Artikel > Fungsi Minyak Kayu Putih untuk Penderita Sinusitis

Fungsi Minyak Kayu Putih untuk Penderita Sinusitis

Berbagai metode pengobatan alami ditemukan untuk mengobati atau meringankan berbagai gejala penyakit. Salah satu nya adalah penggunaan minyak berbahan dasar daun Eucalyptus, untuk meringankan penyakit sinusitis. Mari kita lihat bersama.

Apa itu sinusitis?

Di daerah wajah kita, secara normal terdapat beberapa rongga yang berisi udara kosong untuk membentuk struktur muka kita, dan tidak boleh berisi cairan. ‘Sinus’ artinya adalah kantung atau rongga, ‘itis’ adalah peradangan. Secara anatomi normal, sinus terhubung ke hidung. Pada kasus sinusitis, rongga udara ini terisi oleh cairan yang diproduksi oleh hasil infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Bakteri atau virus atau jamur ini menyebabkan peradangan dimana akan memproduksi lendir. Infeksi akan dimulai pada rongga hidung terlebih dahulu. Dalam keadaan normal, sinus pada manusia tidak mudah terisi oleh cairan tadi, karena strukturnya diciptakan agar cairan tidak mudah masuk ke dalam.

Gejala-gejala penyakit sinusitis

Penyakit sinusitis bisa memberikan berbagai gejala yang mengganggu penderita nya untuk beraktivitas. Berikut ini adalah gejala-gejala yang ditimbulkan oleh sinusitis:

  • Nyeri kepala.
  • Wajah terasa penuh dan berat.
  • Nyeri menjalar dari sinus ke telinga dan gigi.
  • Demam
  • Lendir kental yang keluar dari hidung.
  • Nyeri tenggorokan.
  • Batuk
  • Wajah terasa membengkak.

Sinusitis terbagi menjadi dua berdasarkan lama terjadinya, yaitu: sinusitis akut dan sinusitis kronis. Menurut American Academy of Otolaryngology sinusitis akut, didefinisikan sebagai waktu sakit kurang dari empat minggu. Sinusitis kronik diartikan sebagai lamanya sakit berlangsung hingga selama 12 minggu atau lebih, kemudian diikuti dengan perbaikan gejala.

 

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih diperoleh dari pohon eucalyptus yang dibuat dari daun-daun yang dikeringkan, dihancurkan dan didistilasi agar daun mengeluarkan minyak esensial nya. Menurut penelitian minyak yang dihasilkan dari minyak kayu putih ini memiliki sangat banyak manfaat, inilah manfaat-manfaat dari minyak kayu putih:

  1. Meredakan batuk

Minyak kayu putih sudah dipakai untuk meredakan gejala batuk. Karena efek tersebut, minyak ini dipakai untuk menjadi campuran di dalam obat-obatan.

  1. Melegakan nafas

Minyak kayu putih yang dihirup, bisa dipakai untuk membersihkan lendir-lendir yang menghalangi saluran nafas, sehingga efek yang diperoleh adalah rasa lega.

  1. Mengusir serangga

Bau khas yang dikeluarkan oleh ekstrak minyak kayu putih membuat serangga tidak mau mendekat.

  1. Meredakan peradangan.

Efek anti inflamasi yang dimiliki oleh minyak kayu putih dicari untuk meredakan peradangan yang dialami oleh seseorang. Biasanya campuran antara minyak kayu putih dan beberapa senyawa lain nya dipakai untuk memperoleh anti inflamasi yang optimal.

  1. Meredakan nyeri

Pemberian ekstrak kayu putih secara inhalasi pada pasien post operasi membuktikan adanya perbaikan keluhan nyeri. Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Minyak kayu putih untuk meredakan sinusitis

Efek anti peradangan, melegakan nafas, dan meredakan batuk merupakan efek-efek yang bisa diperoleh dari minyak kayu putih, sehingga ekstrak minyak ini banyak dijadikan untuk melegakan nafas para penderita sinusitis. Selain itu di suatu penelitian juga dilakukan pemberian ekstrak kayu putih kepada anak-anak penderita batuk dan pilek, dan didapatkan hasil dimana setelah diberikan ekstrak kayu putih, keluhan batuk, hidung tersumbat, dan kesulitan tidur mengalami perbaikan.

Metode yang bisa dilakukan adalah melalui inhalasi atau ekstrak nya dihirup melalui hidung, dan untuk menghangatkan dioleskan di dada. Namun pemberian langsung di kulit harus dilakukan dengan hati-hati, karena bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi mereka yang mengalami alergi terhadap minyak kayu putih.

Sinusitis merupakan penyakit yang bisa mengganggu aktivitas penderita nya. Berbagai metode dilakukan untuk meringankan keluhan penderitanya, mulai dari pemberian obat-obatan hingga secara alami, salah satunya adalah pemberian minyak kayu putih. Meskipun minyak kayu putih memberikan begitu banyak manfaat, namun penggunaan nya harus diwaspadai dan dianjurkan untuk dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli agar tidak membahayakan pemakainya, berkaitan dengan efek samping yang mungkin terjadi dan dialami oleh pengguna nya.

Referensi

  • Ellis M.E. Sinus infection symptoms. (2020). Diakses pada: 8 Juni 2021. Dari: https://www.healthline.com/health/cold-flu/sinus-infection-symptoms
  • Davis C.P. Sinus infection (Sinusitis). (2021). Diakses pada: 8 Juni 2021. Dari: https://www.medicinenet.com/sinusitis/article.htm
  • Pletcher P. 9 unexpected benefits of eucalyptus oil. Diakses pada: 8 Juni 2021. Dari: https://www.healthline.com/health/9-ways-eucalyptus-oil-can-help
  • Wong C. The health benefits of eucalyptus oil. (2020). Diakses pada: 8 Juni 2021. Dari: https://www.verywellhealth.com/steam-inhalation-with-eucalyptus-essential-oil-88169
  • Jun Y.S, et al. Effect of eucalyptus oil inhalation on pain and inflammatory responses after total knee replacement: a randomized clinical trial. Evid Based Complement Alternat Med.2013; 2013: 502727. Published online 2013 Jun 18. DOI: 1155/2013/502727

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :