Beranda > Artikel > Gejala Cacar Air pada Anak dan Cara Penanganannya

Gejala Cacar Air pada Anak dan Cara Penanganannya

Anak anda demam serta memiliki ruam-ruam merah pada kulit lalu berair? Mungkin anak anda menderita cacar air! Cacar air merupakan suatu penyakit menular yang seringkali dijumpai pada anak-anak. Walaupun cacar air hanya menyebabkan gejala dan tanda yang ringan, namun anda sebagai orang tua wajib lebih berhati-hati agar terhindari dari komplikasi yang berat.

Apa it cacar air?

Cacar air merupakan suatu penyakit infeksius akut yang disebabkan oleh varicela zoster virus (VZV). Virus ini dapat dengan mudah menyebar dan menular melalui droplets, aerosol serta kontak langsung maupun tidak langsung. Pada umumnya, pasien-pasien penderita cacar air lebih infeksius beberapa hari setelah muncul ruam sampai ruam nya sudah mulai mengelupas. Ketika sudah sembuh, virus ini akan bersifat laten pada ganglia saraf yang dimana jika terjadi suatu reaktivasi, penyakit ini akan timbul sebagai suatu herpes zoster atau cacar ular.

Seorang anak akan lebih mudah terjangkit cacar air ketika anak tersebut belum pernah terkena cacar air, memiliki imunitas tubuh yang lemah, mengidap human immunodeficiency viruses, dalam penggunaan steroid jangka Panjang, sedang mengalami keomoterapi, serta belum menerima vaksin cacar air.

Ciri – ciri, tanda dan gejala cacar

Tanda dan gejala yang seringkali muncul berupa demam, ruam kemerahan yang berbentuk seperti gelembung/vesicle(berisi cairan) yang gatal yang muncul pertama kali pada kulit kepala dan wajah. Ruam tersebut akan menyebar ke badan lalu ke anggota gerak seperti tangan dan kaki. Pada umumnya, ruam-ruam tersebut akan mulai kering dan akan menghilang dalam waktu 7-10 hari.

Jika tidak ditangani dengan baik, maka penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang cukup fatal pada anak-anak seperti infeksi otak (ensefalitis), infeksi pada lapisan otak (meningitis), infeksi paru-paru, infeksi sekunder pada kulit, dan penurunan kesadaran. Maka dari itu, penanganan yang tepat sangatlah diperlukan.

Pencegahan dan Pengobatan cacar air

Ada baiknya sebelum buah hati anda terjangkit cacar air, anda sebagai orang tua membawa anak anda ke dokter untuk diberikan vaksinasi cacar air. Namun, jika anak anda sudah terjangkit cacar air terlebih dahulu maka anda perlu cepat mengidentifkasi serta membawa anak anda ke dokter. Pengobatan yang umumnya diberikan oleh dokter berupa:

  • Antivirus seperti asiklovir untuk mempercepat kesembuhan
  • Antipiretik dan analgesik untuk mengurangi keluhan demam
  • Antihistamin untuk mengurangi rasa gatal
  • Antibiotik untuk menangani infeksi sekunder pada kulit
  • Vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh

Selain obat-obatan tersebut, tentunya dokter akan menyarankan anak anda untuk mengisolasi diri dirumah agar tidak menularkan ke orang lain; tidak menggaruk vesikel gatal yang terbentuk untuk mencegah penularan lebih banyak lagi; banyak minum untuk mencegah dehidrasi; istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi.

Dengan melakukan saran dan beberapa tatalaksana yang direkomendasikan dokter, diharapkan buah hati anda dapat sembuh, bahkan terhindari dari cacar air. Selalu jaga kesehatan anak anda, dan catat gejalanya dengan Apps Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :