Beranda > Artikel > Gejala Campak Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Gejala Campak Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Campak merupakan suatu penyakit yang sering terjadi pada usia muda atau anak anak. Campak dapat diobati dengan baik, namun jika lalai maka dapat menyebabkan komplikasi yang berat. Anda sebagai orang tua wajib mengetahui serta mengidentifikasi lebih awal agar si buah hati terhindari dari komplikasi yang berat.

Apa it campak ?

Campak merupakan penyakit tropis yang disebabkan akibat morbilli virus. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dengan percikan cairan pernafasan atau menyebar melalui percikan udara. Pada negara tropis, penularan campak lebih tinggi pada musim panas dimana lebih banyak orang yang bersosialisasi dan berkumpul. Virus campak akan menginfeksi saluran pernafasan yang kemudian menyebar ke beberapa target organ seperti kulit, mata, saluran pencernaan, hati, ginjal dan genitalia.

Kenali tanda dan gejalanya

Virus penyebab campak memiliki masa inkubasi selama 10-14 hari sampai menimbulkan gejala. Campak memiliki gejala awal seperti demam, hidung berair, mata merah dan batuk. Gejala-gejala ini umumnya akan bertahan selama 3-4 hari sampai timbul ruam-ruam kemerahan pada tubuh. Sebelum terbentuknya ruam pada tubuh, tanda khas yang dapat ditemukan pada penderita adalah bercak Koplik’s yang merupakan bercak kemerahan dengan pusat yang bewarna putih pada mukosa mulut. Setelahnya, ruam kemerahan pada tubuh akan muncul. Ruam kemerahan yang muncul bersifat tidak gatal yang akan muncul pertama kali pada kepala dan leher yang lalu akan menyebar ke badan, tangan dan kaki dalam waktu 3-4 hari. Ruam-ruam kulit ini pertama kali akan muncul bewarna kemerahan lalu seiring berjalannya waktu, ruam ini akan berubah menjadi gelap, kecoklatan dan akhirnya akan mengelupas.

Jika tidak mendapatkan penanganan dengan baik, campak dapat membuat komplikasi yang sangat serius seperti infeksi pada telinga, pencernaan, gagal nafas serta infeksi pada selaput otak maupun otak. Ketika komplikasi-komplikasi ini terlambat ditangani, maka dapat berujung sebuah kematian.

Cara pencegahan dan tatalaksana

Untuk mencegah buah hati anda tertular penyakit campak, maka sebaiknya anak anda mendapatkan vaksinasi wajib pemerintah yang didalamnya terdapat vaksinasi campak. Walaupun demikian hal ini tidak mencegah sepenuhnya anak anda terhindari dari infeksi campak. Maka dari itu, pemberian asupan gizi yang cukup serta istirahat yang cukup sangatlah penting untuk meningkatkan imunitas buah hati anda.

Ketika buah hati anda terkena campak, segera bawa anak anda ke dokter. Dengan demikian, maka penanganan serta tatalaksana yang tepat perlu diberikan. Berikut ini merupakan penangan yang akan diberikan oleh dokter:

  1. Pemberian pengobatan simptomatis yakni mengobati gejala seperti demam, batuk dan pilek
  2. Pemberian vitamin A
  3. Saran untuk tirah baring dirumah
  4. Saran agar mendapatkan nutrisi serta rehidrasi yang adekuat untuk mencegah dehidrasi.


Dengan mengetahui hal-hal diatas, maka anda sebagai orang tua diharapkan dapat mengidentifikasi lebih dini ketika buah hati anda menderita penyakit serupa. Selalu jaga kesehatan anak anda, dan catat gejalanya dengan Apps Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :