Beranda > Artikel > Gejala Kanker Darah yang Wajib Diketahui Sejak Dini

Gejala Kanker Darah yang Wajib Diketahui Sejak Dini

Gejala Kanker Darah

Gejala kanker darah ternyata cukup beragam, termasuk dari sisi jenisnya. Seperti yang diketahui, ada tiga jenis kanker darah, yaitu leukemia, limfoma, dan myeloma yang terhitung langka. Masing-masing jenis ini memiliki gejala berbeda-beda. Bahkan ada yang muncul secara perlahan tanpa diketahui secara pasti.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, ketahui informasi gejala dari setiap jenis kanker darah yang wajib diketahui sejak dini di bawah ini.

Macam-Macam Gejala Kanker Darah

Gejala kanker darah memang beragam tergantung jenisnya. Carevo akan membedahnya satu per satu untuk Anda.

1. Leukemia

Sel darah memang dibuat di dalam sumsum tulang. Namun dari sanalah leukemia hadir. Kondisi ini membuat tubuh Anda memiliki sel darah putih yang lebih banyak dan tumbuh di luar kendali. Tubuh Anda menjadi sulit untuk melawan penyakit, bahkan menimbulkan gejala kronis. 

Personal Health Record

Beberapa gejala dari leukemia adalah:

  1. Anemia: Kondisi ini membuat tubuh Anda tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Tanda-tanda anemia antara lain sesak napas, pusing, sakit dada, kulit pucat.
  2. Pembekuan darah: Darah Anda bisa menggumpal karena leukemia. Bahkan luka kecil saja dapat membuat darah terlalu lebih banyak. Tanda-tanda pembekuan darah lainnya adalah memar yang tidak biasa, gusi berdarah, bintik-bintik merah kecil di kulit, datang bulan yang berlebih, kotoran berwarna hitam atau merah. 
  3. Gejala lain: Dikarenakan sel darah putih tidak mampu melawan infeksi dengan baik, maka Anda sering sakit dan lebih lama untuk sembuh. Sel-sel kanker juga bisa menumpuk di kelenjar getah bening, amandel, hati, dan limpa sehingga membengkak. Anda bisa merasa kenyang setelah hanya makan sedikit, kehilangan banyak berat badan secara otomatis, hingga nyeri tulang. 

2. Limfoma

Sistem getah bening Anda membawa sel darah putih untuk melawan infeksi yang disebut limfosit ke seluruh tubuh dan membantu membuat zat-zat tidak berguna. Namun limfoma malah menjadikan tubuh Anda menumbuhkan limfosit di luar kendali dan semakin sulit melawan infeksi. 

Anda bisa merasakan pembengkakan kelenjar getah bening, lalu muncul benjolan di ketiak, leher, atau selangkangan. Anda juga bisa merasakan sesak napas, nyeri dada, perut, tulang, hingga batuk. Limpa yang menjadi lebih besar membuat Anda merasa cepat kenyang dan kembung. Termasuk terasa sakit saat mengonsumsi alkohol. 

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur

Beberapa gejala lain dari limfoma adalah:

  1. Muncul keringat pada malam hari
  2. Demam
  3. Merasa lelah
  4. Penurunan berat badan tanpa alasan jelas
  5. Kulit gatal

3. Myeloma

Sel plasma berfungsi untuk menangkal penyakit dalam aliran darah. Namun ketika myeloma datang, sumsum tulang Anda membuat sel plasma tumbuh di luar kendali. Hal ini membuat tubuh Anda tidak mampu memproduksi sel darah sehat yang cukup. Myeloma juga melepaskan zat kimia ke dalam darah yang melukai organ dan jaringan tubuh sehingga membuat kondisi kesehatan lebih cepat memburuk.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Beberapa gejala dari myeloma adalah:

  1. Nyeri tulang: Gejala paling umum dari myeloma adalah nyeri tulang yang berlangsung lama. Biasanya terasa di punggung atau tulang rusuk. Sel-sel kanker menghentikan proses penyembuhan di tulang sehingga membuatnya menjadi tipis, lemah, dan mudah patah. Jika ada kerusakan di tulang belakang, maka dapat memberikan tekanan pada saraf dan menyebabkan rasa sakit, kesemutan, atau kehilangan kontrol kandung kemih dan usus.
  2. Hiperkalsemia: Myeloma menyebabkan kadar kalsium yang tinggi di dalam darah. Kondisi ini menyebabkan mual, sakit perut, rasa haus, buang air kecil berlebih, sembelit, lemah, bingung, kehilangan selera makan, ginjal menjadi rusak, pergelangan kaki bengkak, sesak napas, dan kulit gatal.
  3. Gejala myeloma lainnya: protein yang dilepaskan sel kanker merusak saraf, mati rasa, nyeri lengan, dan kaki. Terdapat juga masalah pendarahan hingga anemia.

Baca juga: Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Jadi itulah beberapa gejala kanker darah berdasarkan jenis-jenisnya. Anda sekarang sudah dapat memahami seluruh gejalanya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa selalu perhatikan dan jaga kesehatan, serta catat kondisi tubuh dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :