Beranda > Artikel > Kenali 6 Gejala Kanker Serviks pada Tubuh Anda

Kenali 6 Gejala Kanker Serviks pada Tubuh Anda

gejala kanker serviks

Perempuan juga harus menyadari bahwa bagian rahim juga rentan ditumbuhi sel kanker, yang kemudian dikenal dengan kanker serviks. Di Indonesia, kanker serviks menempati peringkat dua sebagai jenis kanker yang paling tinggi kasusnya, setelah kanker payudara. Membangun kesadaran tentang penyakit ini bisa dimulai dengan mengenali gejala kanker serviks yang harus diwaspadai.

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Meskipun angkanya tinggi, nyatanya jenis kanker ini bisa dicegah dari awal, asalkan kita mengetahui gejalanya. Tingginya angka penyakit ini mengindikasikan bahwa literasi mengenai kanker serviks belumlah merata. Beberapa rumah sakit juga sudah menyediakan layanan screening untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker di bagian rahim.

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Beberapa Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Mengenali gejala kanker serviks bisa dimulai dari diri sendiri. Perlu diingat, tubuh kita selalu memberikan tanda-tanda adanya sel kanker di dalamnya, termasuk jenis kanker ini. Kita bahkan bisa mengetahui gejala kanker serviks sejak dini dengan mengetahui beberapa perubahan dalam tubuh kita. Semakin cepat dideteksi, semakin mudah langkah pencegahan yang bisa diambil.

Baca juga: Kenali Manfaat Vitamin C untuk Wajah Berjerawat Anda

Mari kita kenali beberapa tanda awal munculnya kanker serviks pada tubuh:

  1. Pendarahan pada vagina selama menstruasi.
  2. Darah menstruasi yang keluar lebih lama atau lebih berat dari biasanya.
  3. Pendarahan setelah berhubungan badan.
  4. Rasa sakit selama berhubungan badan.
  5. Vagina mengeluarkan cairan yang tidak biasa.
  6. Pendarahan pasca menopause.

Personal Health RecordItu adalah tanda awal yang bisa dideteksi dari adanya sel kanker serviks. Namun, ada juga gejala kanker serviks lanjutan yang bisa dideteksi di lebih awal di rumah. Biasanya, gejala ini muncul apabila sel kanker mulai menyebar di jaringan dan organ sekitar rahim.

Anda harus mewaspadai adanya tanda kanker serviks lanjutan apabila:

  1. Rasa sakit di punggung bagian bawah, terutama di bagian panggul.
  2. Rasa sakit yang parah di bagian sisi atau punggung, disebabkan oleh ginjal.
  3. Susah buang air besar (konstipasi).
  4. BAK atau BAB lebih sering dari biasanya.
  5. Tidak bisa menahan BAK atau BAB.
  6. Adanya darah ketika BAK.
  7. Salah satu atau kedua paha mengalami pembengkakan.
  8. Pendarahan di vagina yang parah.

Karena sudah menjalar ke organ tubuh lainnya, seperti pencernaan, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala di atas. Namun, Anda juga bisa mulai berkonsultasi apabila mulai terjadi pendarahan, baik saat berhubungan badan, menopause, atau di luar masa menstruasi.

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks, apapun jenisnya, selalu bermula dari infeksi Human Papillomavirus (HPV) dalam tubuh kita. Virus ini menjadi risiko terbesar munculnya kanker serviks dalam tubuh kita. Tak lupa, gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, bisa menjadi faktor utama munculnya kanker serviks. Selain itu, sistem imun tubuh yang lemah juga bisa menambahkan risiko munculnya kanker serviks.

Deteksi Gejala Kanker Serviks Sejak Awal

Terlepas dari besarnya gejala yang muncul di atas, gejala kanker serviks pun bisa dideteksi sejak dini dengan menggunakan pemeriksaan PAP Smear. Pemeriksaan ini dilakukan pada bagian leher rahim untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker yang tumbuh di sana.

Kanker rahim pun bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV, yang tersedia untuk usia 9 hingga 26 tahun. Dengan begitu, risiko kanker rahim karena virus HPV pun bisa dicegah, terutama ketika anak perempuan mulai memasuki masa pubertas. Tentunya, vaksinasi ini harus dilakukan apabila hasil PAP Smear menunjukkan bebas dari risiko kanker serviks.

Gejala kanker serviks jangan disepelekan, justru harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan ke dokter apabila muncul. Kemudian, gunakan juga aplikasi Personal Health Record dari Carevo untuk mencatat gejala yang ada di tubuh Anda sehingga bisa mendeteksi adanya kanker rahim atau tidak.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :