Beranda > Artikel > Gejala Kurang Tidur

Gejala Kurang Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan biologis dalam manusia. Tidur berdampak pada kondisi fisik dan mental seorang manusia. Tidur yang cukup pada orang dewasa berkisar antara 7-9 jam per tidur setiap malam. Pada anak-anak dan remaja, waktu tidur yang dibutuhkan lebih panjang daripada orang dewasa. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dan konsentrasi seseorang akan menurun jika tetap bangun selama 16 jam berturut-turut. Kurang tidur yang cukup juga akan berakumulasi sehingga menyebabkan gangguan lebih lanjut pada seseorang. Kondisi medis seperti mendengkur, nyeri, stress dan jet lag dapat menyebabkan seseorang sulit tidur sehingga menyebabkan gangguan kesehatan pada dirinya.

Berikut adalah tanda-tanda seseorang kekurangan tidur :

  1. Pikiran yang melambat
  2. Kesulitan memusatkan perhatian
  3. Gangguan ingatan
  4. Membuat keputusan yang buruk
  5. Kekurangan energi
  6. Perubahan emosi, seperti lebih gampang stress, cemas atau mudah tersinggung

 

Dalam kondisi seseorang kekurangan tidur, terdapat beberapa hal yang berdampak buruk terhadap tubuh. Berikut masalah yang dapat terjadi :

  1. Masalah jantung dan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat antara kekurangan tidur dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, diantaranya adalah tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, serangan jantung hingga stroke.
  2. Sistem imun melemah. Kekurangan tidur menyebabkan sistem imun seseorang melemah dan respon yang lebih buruk terhadap vaksin.
  3. Meningkatkan risiko obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang lebih sering mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan kalori ketika tidak mendapatkan tidur yang cukup, sehingga hal tersebut berisiko meningkatkan berat badan dan menyebabkan obesitas.
  4. Meningkatkan risiko diabetes mellitus tipe 2. Kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan regulasi gula darah pada tubuh seseorang sehingga berisiko menyebabkan penyakit diabetes.
  5. Gangguan kesehatan jiwa. Penelitian terhadap kesehatan mental dan tidur menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antar kedua hal tersebut. Gangguan kesehatan jiwa yang dapat terjadi jika seseorang kekurangan tidur diantaranya adalah depresi, cemas, hingga gangguan bipolar.
  6. Seseorang yang kekurangan tidur berisiko menimbulkan nyeri yang semakin berat, dan nyeri tersebut dapat menganggu tidur seseorang sehingga menjadi siklus gangguan kesehatan.
  7. Gangguan hormonal. Pada saat tidur, tubuh akan memproduksi dan meregulasi berbagai hormon untuk tubuh. Jika seseorang mengalami kekurangan tidur, maka regulasi hormon dalam tubuh akan mengalami gangguan.

 

Beberapa orang akan secara tidak sadar menganggap bahwa diri mereka sudah terbiasa dengan kekurangan tidur, hingga melazimkan jika hal tersebut terjadi. Namun terdapat beberapa orang yang memang menyadari bahwa diri mereka kesulitan tidur. Beberapa cara mengatasi kekurangan tidur, yaitu

  1. Sadari jika anda memiliki gangguan tidur. Hal tersebut penting karena akan membangun kesadaran dalam membenahi masalah tidur ini.
  2. Menjadikan tidur sebagai prioritas. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal ini yaitu memiliki jadwal tidur yang konsisten, pisahkan antara pekerjaan dan kehidupan sosial, hingga menciptakan rutinitas sebelum tidur (seperti membaca buku, stretching, gosok gigi, dan lain sebagainya sebelum tidur).
  3. Lingkungan kamar tidur yang nyaman. Kondisi kamar tidur yang baik yaitu selimut dan bantal yang nyaman, kasur yang nyaman, suhu ruangan yang pas, dan kamar yang gelap dan sunyi.
  4. Hindari hal-hal yang dapat menganggu tidur, seperti alat elektronik, alkohol, kafein, hingga tidur sebentar yang tepat (maksimal 30 menit dan tidak pada waktu sore hari).

 

Referensi

  • Worley SL. The Extraordinary Importance of Sleep: The Detrimental Effects of Inadequate Sleep on Health and Public Safety Drive an Explosion of Sleep Research. P T. 2018;43(12):758-763.
  • Sleep: The foundation for healthy habits – Mayo Clinic [Internet]. Mayo Clinic. Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep-the-foundation-for-healthy-habits/art-20270117
  • Sleep Deprivation: Causes, Symptoms, & Treatment [Internet]. Sleep Foundation. 2020 [cited 2021 Jul 3]. Available from: https://www.sleepfoundation.org/sleep-deprivation

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :