Beranda > Artikel > Hari Anda Buruk? Konsumsi Makanan Berikut

Hari Anda Buruk? Konsumsi Makanan Berikut

Mengapa mood bisa buruk?

Iritabilitas atau mood buruk bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti stress, kadar gula darah yang rendah, kurang istirahat, dan perubahan hormonal. Iritabilitas sendiri bisa jadi menandakan suatu gejala sakit yang Anda sedang alami, seperti proses infeksi dan kencing manis, atau bisa jadi Anda sudah mengalami gangguan mental, seperti ansietas atau depresi. Iritabilitas bisa saja disertai dengan keluhan lain, misalkan Anda mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, keluhan keringat dingin, keluhan berdebar, laju nafas meningkat.

Stress menjadi salah satu pencetus perubahan mood seseorang. Misalkan seseorang sedang dikejar jeda waktu pengumpulan pekerjaan, tekanan ini menjadi membuat emosional seseorang menjadi naik turun dan mudah terpancing emosi.

Yang kedua adalah depresi. Gejala awal depresi adalah iritabilitas. Selain itu depresi juga mampu mengubah hari-hari Anda menjadi buruk dan membuat Anda menjadi mudah kesal. Bila Anda mengalami depresi bisa jadi Anda juga mengeluhkan gejala-gejala berikut ini, seperti rasa bersalah, kehilangan minat terhadap sesuatu pekerjaan yang Anda suka, kemudian rasa mudah lelah, sulit untuk berkonsentrasi, gangguan pencernaan, dan penurunan berat badan.

Kecemasan meningkatkan beban pikiran Anda sehingga membuat mood Anda naik dan turun. Masalah pekerjaan, sekolah atau relasi bisa menimbulkan kecemasan bagi Anda. Dalam jangka waktu panjang kecemasan bisa menjadi sebuah penyakit dan bisa menimbulkan gangguan bagi Anda.

Rasa ketakutan pada sesuatu (fobia) bisa jadi membuat mood Anda berubah. Misalkan seperti ketakutan akan darah, ketinggian, ketakutan untuk berbicara di depan orang banyak atau takut akan hewan tertentu, dan lain sebagainya.

Kurang waktu istirahat, bagi Anda yang kekurangan waktu tidur, biasanya mood Anda menjadi lebih labil dan gampang terpancing emosi. 

Bila saat pagi hari Anda tidak sarapan, kadar gula darah Anda akan rendah. Salah satu gejala bahwa kadar gula darah Anda rendah adalah iritabilitas. Anda mudah kesal dan gampang berdebar, serta berkeringat dingin.

Gangguan keseimbangan hormonal. Jika mood Anda dapat dengan mudah berubah-ubah, berhati-hatilah Anda bisa jadi mengalami gangguan keseimbangan hormonal dan bisa menunjukkan suatu penyakit yang sedang Anda alami, seperti kencing manis, hipertiroid, dan menopause. Atau bagi Anda, perempuan dengan usia produktif, perubahan mood bisa jadi masa-masa Anda masuk ke dalam masa premenstruasi.

Cara-cara mudah untuk memperbaiki mood Anda

Anda sedang mengalami mood yang tidak enak, lakukan cara-cara ini untuk memperbaiki mood Anda:

  • Ajak obrol orang lain atau ajak orang lain bermain atau keluar.
  • Jangan paksakan diri Anda mengerjakan semua dalam satu waktu, perkecil semua pekerjaan Anda.
  • Lakukan hobi Anda, bila Anda suka membaca buku, cobalah memulainya.
  • Bila Anda sedang jenuh di rumah, saat nya Anda keluar dari kepenatan yang ada di dalam rumah. Seperti jalan-jalan.
  • Makan-makanan yang Anda suka.
  • Hindari untuk membuat suatu keputusan, bila Anda sedang tidak mood.
  • Beristirahatlah, seperti ambil waktu untuk tidur sebentar saat siang hari.
  • Bila semua cara-cara di atas tidak dapat memperbaiki mood Anda, mungkin saat nya Anda mencari pertolongan.

Makanan yang bisa memperbaiki mood Anda

Satu hari Anda bisa rusak mood Anda sedang tidak baik. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas mood, salah satunya adalah mengonsumsi makanan. Berikut ini adalah makanan yang selain sehat dan bisa memperbaiki kualitas mood Anda, yuk kita simak sama-sama:

  1. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung komponen omega-3 yang baik untuk Anda selain menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga bisa memperbaiki kualitas mood Anda. Sumber minyak ikan yang baik adalah berasal dari ikan salmon atau ikan tuna.

  1. Dark chocolate

Tahukah Anda coklat murni memiliki komponen-komponen peningkat mood. Salah satu nya adalah komponen gula yang menjadi sumber energy untuk fungsi kerja otak Anda. Selain gula, ternyata coklat memiliki komponen kafein, theobromine, dan N-asilethanolamin, komponen kimiawi yang memiliki cara kerja seperti kanabis, yaitu memperbaiki mood. Lebih hebat lagi, coklat memiliki bau, tekstur, dan rasa yang mengundang selera untuk perbaikan mood Anda.

  1. Makanan yang difermentasi

Yoghurt adalah salah satu jenis makanan fermentasi yang bisa Anda pilih untuk menjadi teman memperbaiki mood Anda. Makanan fermentasi dibuat dari bakteri baik yang memecah gula menjadi sumber alkohol dan asam. Keduanya bermanfaat sebagai sumber probiotik untuk usus Anda, selain itu probiotik juga menjadi sumber pendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga mereka meningkatkan produksi hormon serotonin. Serotonin menjadi salah satu hormon kunci yang mampu meningkatkan mood.

  1. Buah pisang

Pisang mengandung vitamin B6 yang menjadi sinyal untuk produksi neurotransmitter berupa dopamine dan serotonin. Selain itu kandungan gula yang dimiliki pisang secara perlahan bisa menjadi sumber perbaikan mood yang perlahan.

  1. Oat

Oat adalah salah satu jenis whole grain yang bisa meningkatkan mood Anda. Kandungan serat yang dimiliki oleh oat mampu membantu Anda mencerna gula secara bertahap sehingga bisa menjaga stabilitas kadar energi dalam tubuh Anda, dan otomatis bisa menjadi penjaga stabilitas mood Anda.

  1. Buah beri

Selanjutnya ada buah beri. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan bisa menurunkan kemungkinan terjadinya depresi yang bisa Anda alami. Tetapi meskipun demikian hubungan nya masih belum jelas sampai saat ini. Kandungan antioksidan di dalam buah beri, memegang peranan penting untuk mencegah inflamasi dan gangguan ketidakseimbangan mood.

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian ini mengandung sumber protein dan lemak nabati yang baik. Selain itu mereka memiliki sumber triptofan salah satu asam amino yang bertanggung jawab dalam memproduksi hormon serotonin. Kacang almond, kacang tanah, walnut, biji bunga matahari, dan biji buah labu itu lah sumber yang baik untuk memperoleh perbaikan mood.

  1. Kopi

Sama seperti dark chocolate, kopi memiliki kandungan kafein yang bisa meningkatkan konsentrasi kerja Anda. Kafein bisa memberikan sinyal kepada tubuh untuk melepaskan neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin.

Referensi

  • Davidson K. 9 Healthy foods that lift your mood. Diakses pada: 16 Mei 2021. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/mood-food
  • Godos J, Castellano S, Ray S, Grosso G, Galvano F. Dietary polyphenol intake and depression: results from the Mediterranean healthy eating, lifestyle, and aging (MEAL) study. (2018). Molecules . 2018 Apr 24;23(5):999. DOI: 10.3390/molecules23050999
  • Burton N. 10 simple ways to improve your mood when you’re feeling down. (2017). Diakses pada: 16 Mei 2021. Dari: https://www.psychologytoday.com/us/blog/hide-and-seek/201701/10-simple-ways-improve-your-mood-when-youre-feeling-down
  • Eske J. What causes irritability? Diakses pada: 16 Mei 2021. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325564

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :