Beranda > Artikel > Ikuti Tips dan Cara Memandikan Bayi dengan Benar Berikut Ini

Ikuti Tips dan Cara Memandikan Bayi dengan Benar Berikut Ini

Setiap orang tua perlu mengetahui cara memandikan bayi dengan benar dan aman. Aktivitas memandikan bayi mungkin menjadi hal yang membingungkan dan menakutkan, terutama bagi orang tua yang baru mempunyai anak. Akan tetapi, memandikan bayi merupakan hal yang penting agar kebersihan dan kesehatan buah hati tetap terjaga

Kapan lebih baik kita memandikan bayi baru lahir?

Beberapa dokter merekomendasikan untuk menunda mandi pertama bayi. Kenapa kita tidak perlu  memandikan bayi baru lahir? Jadi, pada saat lahir bayi itu diselubungi oleh zat putih seperti lilin yang dapat melindungi kulit bayi dari kuman-kuman yang berasal dari lingkungan.

Pada saat dibawa pulang, bayi boleh dimandikan dengan menggunakan kain halus atau busa/sponge mandi. Pada saat memandikan mulailah membersihkan bagian kepala, badan bayi, dan area bokong, lipat paha, dan area kelamin. Bila tali pusat bayi lepas, baru kita bisa memandikan bayi dalam bak mandi.

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum memandikan bayi? 

Nah, berikut ini barang-barang yang perlu dipersiapkan sebelum memandikan bayi.

  1. Kain bersih untuk alas
  2. Bak mandi bayi yang berisi air hangat
  3. Kain bilas.
  4. Popok bayi
  5. Handuk pengering yang lembut
  6. Sabun khusus bayi

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memandikan bayi yang tali pusatnya belum terlepas:

  • Langkah 1: Cari ruangan yang hangat dan nyaman untuk bayi.
  • Langkah 2: Mulai lepaskan pakaian dan popok bayi, kemudian bungkus dengan handuk atau kain hangat. Letakkan bayi pada meja ganti bayi.
  • Langkah 3: Isi baskom dengan air hangat
  • Langkah 4: Lepaskan handuk atau kain pembungkus dari bayi.
  • Langkah 5: Celupkan kain bilas ke dalam air hangat. Hindari penggunaan sabun karena berisiko mengenai bagian mata dan mulut bayi.

Usap setiap bagian tubuh bayi dengan lembut, mulai dari bagian puncak kepala bayi, telinga luar, turun ke dagu, leher (buka setiap lipatan leher), dan mata.

  • Langkah 6: Tambahkan dua tetes sabun bayi ke dalam air hangat di dalam baskom. Lalu celupkan kain bilas ke dalam air bersabun tadi, lalu peras kering.
  • Langkah 7: Usap bagian tubuh dan area kelamin. Setelah itu lakukan pembilasan dengan kain lap yang sudah dicelupkan ke dalam air bersih (bukan air bersabun)
  • Langkah 8: Keringkan seluruh badan bayi, serta seluruh lipatan kulit bayi. Pakaikan popok pada bayi, tidak perlu memberikan bedak untuk bagian kelamin bayi.

Jika tali pusat bayi sudah lepas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini

  • Langkah 1: Isi bak mandi atau baskom mandi dengan air hangat, kurang lebih 5 cm.
  • Langkah 2: Lepaskan pakaian bayi, lalu segera pindahkan bayi Anda ke dalam bak atau baskom mandi agar bayi tidak kedinginan.
  • Langkah 3: Hati-hati saat memasukkan bayi ke dalam bak mandi atau baskom. Tahan kepala bayi dengan satu tangan, masukkan kaki bayi dulu ke dalam air. Pastikan kepala dan leher bayi tetap berada di atas air untuk keamanan bayi.
  • Langkah 4: Basuh air ke kulit bayi secara perlahan dan hati-hati. Tujuan yang ingin dicapai yaitu agar bayi tetap hangat.
  • Langkah 5: Ambil lap mandi, kemudian lakukan pembersihan secara lembut bagian kepala dan wajah bayi. Berikan cairan pembersih rambut (shampoo bayi). Lakukan keramas satu sampai dua kali setiap minggu.
  • Langkah 6: Mandikan badan bayi dengan sabun mulai dari atas turun ke bawah dengan air mandi. Langkah ini bisa juga dilakukan dengan kain mandi.
  • Langkah 7: Angkat bayi Anda keluar dari bak mandi atau baskom mandi, lalu letakkan di handuk kering. Pastikan semua bagian kulit bayi kering terutama di daerah lipatan nya.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah jJangan pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan, terutama di dalam bak mandi berisi air. Kenapa? Bayi belum bisa menjaga keseimbangan sehingga risiko untuk tenggelam sangat tinggi.

  1. Chertoff, Jane (2018, November 29). How to give your newborn baby a bath. Diakses dari https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-bathe-newborn
  2. Brown, Maressa (2019, Maret 30). Baby’s first bath. Diakses dari https://www.whattoexpect.com/first-year/first-bath/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :