Home » Ini Daftar Penyakit Kelainan Darah yang Harus Anda Waspadai!

Ini Daftar Penyakit Kelainan Darah yang Harus Anda Waspadai!

penyakit kelainan darah

Darah merupakan cairan tubuh yang berperan sebagai media transportasi dalam membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, juga membawa karbondioksida dan zat-zat sisa untuk dikeluarkan dari tubuh. Selain itu, darah berfungsi sebagai proteksi dengan menghasilkan sel-sel kekebalan tubuh dan membantu dalam proses pembekuan untuk mencegah perdarahan.

Perkiraan volume darah untuk orang dewasa adalah sekitar 5 liter yang bersirkulasi di dalam tubuh. Darah terutama diproduksi di sumsum tulang hingga mengalami pematangan, darah terdiri dari plasma darah dan komponen darah. Plasma darah merupakan cairan ekstrasel seperti protein, asam amino, nitrogen, zat-zat nutrisi, gas dan elektrolit, sementara komponen darah yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. 

Berikut adalah daftar kelainan darah yang harus diwaspadai:

Kelainan sel darah merah

Anemia

yaitu kekurangan jumlah sel darah merah akibat gangguan proses produksi, pemecahan darah (hemolysis) atau kehilangan darah. Contoh penyakit anemia yaitu anemia aplastic, anemia defisiensi besi, vitamin B12 dan asam folat, anemia akibat thalassemia, penyakit ginjal dan malaria serta anemia akibat perdarahan.

Polisitemia vera

yaitu kondisi ketika sel darah merah yang dihasilkan sumsum tulang terlalu banyak sehingga darah menjadi kental yang dapat menghambat aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Kelainan sel darah putih

Limfoma

Merupakan kelainan kanker darah yang memengaruhi organ kelenjar getah bening, limpa dan sumsum tulang, sehingga produksi sel darah putih berkembang tidak normal. Limfoma terdiri dari dua jenis yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin.

Leukemia

Merupakan kanker darah yang terjadi pada sel darah putih dimana terjadi produksi dan pematangan yang tidak normal di sumsum tulang. Leukemia terbagi menjadi 4 jenis utama, yaitu leukemia limfositik akut, leukemia myeloid akut, leukemia limfositik kronik dan leukemia myeloid kronik.

Kelainan trombosit dan plasma darah

Trombositopenia

Yaitu jumlah trombosit di dalam darah terlalu rendah, hal ini dapat disebabkan karena genetic atau pada infeksi virus dengue yang mengakibatkan
kebocoran pada pembuluh darah.

Hemofilia

Yaitu penyakit genetik berupa gangguan pembekuan darah akibat kekurangan faktor VII dan IX

Tanda dan gejala yang timbul pada penyakit kelainan darah tergantung dari jenis dan derajat penyakit, dari yang tidak bergejala hingga yang sangat berat. Beberapa gejala umum yang terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan darah yaitu: pucat, lemah, pusing, nyeri kepala, demam, bintik-bintik merah pada kulit, perdarahan yang sulit berhenti, memar-memar kebiruan pada tubuh gangguan partumbuhan.

Bila anda atau orang-orang terdekat anda memiliki riwayat gejala-gejala di atas, catat gejalanya di Carevo dan booking dokter sekarang!

Referensi:
Blood function and composition – HealthEngine Blog [Internet]. HealthEngine Blog. 2020 [cited 31
October 2020]. Available from: https://healthengine.com.au/info/blood-function-composition

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :