Beranda > Artikel > Inilah Berbagai Manfaat Buah Apel yang Bisa Anda Dapatkan

Inilah Berbagai Manfaat Buah Apel yang Bisa Anda Dapatkan

Buah apel dan kandungannya

Buah apel merupakan buah yang popular di dunia, dan dapat Anda temukan dimana – mana. Buah apel bertumbuh dari pohon apel (Malus domestica), secara alami ditemukan di Asia. Buah apel memiliki kandungan serat, vitamin C, dan berbagai macam komponen antioksidan. Buah apel selain memiliki banyak kandungan baik, juga dapat mengenyangkan, dan memiliki kalori yang rendah. Buah apel dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, Anda dapat menikmatinya langsung secara mentah, dapat digunakan dalam berbagai resep masakan, jus, dan minuman – minuman lain. Buah apel memiliki berbagai tipe, warna, dan ukuran.

Di dalam buah apel ukuran sedang (100 gram), Anda akan menemukan:

  • Jumlah kalori : 52 kalori
  • Kadar air : 86%
  • Protein : 0.3 gram
  • Karbohidrat : 13.8 gram
  • Gula : 10.4 gram
  • Serat : 2.4 gram
  • Lemak : 0.2 gram

Komponen dalam buah apel sebagian besar adalah karbohidrat dan air. Buah apel kaya akan gula sederhana (fruktosa, sukrosa, dan glukosa). Namun meskipun memiliki kadar gula yang tinggi, indeks glikemi nya rendah, yaitu berkisar 29 – 44. Indeks glikemi merupakan pengukuran dimana makanan mempengaruhi terjadinya peningkatan gula darah di tubuh setelah seseorang makan. Semakin rendah angkanya, maka semakin baik bagi kesehatan.

Buah apel kaya akan serat. Kandungan serat di dalamnya merupakan serat yang larut bernama pectin, dan serat yang tidak larut. Serat yang larut memiliki keunggulan bagi kesdehatan, karena dapat memberi makan bakteri alami yang ada di dalam usus.

Buah apel memiliki kandungan vitamin C dan kalium yang tinggi. Vitamin C memiliki kemampuan sebagai antioksidan sehingga memiliki banyak fungsi yang baik bagi tubuh, sedangkan kalium dapat menjaga kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak.

 

Manfaat Apel bagi Kesehatan

Buah apel dapat membantu menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Kandungan air dan serat ini dapat membantu seseorang merasa lebih cepat kenyang. Apabila Anda mengonsumsi buah apel sebelum Anda makan makanan utama, Anda akan merasa lebih mudah kenyang.

Buah apel juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat larut didalamnya membantu menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh Anda. Buah apel juga mengandung polyphenols, yang memiliki efek sebagai antioksidan, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa memakan buah apel dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Kandungan polyphenols dalam buah apel membantu mencegah kerusakan jaringan di dalam sel beta pankreas. Sel beta merupakan sel yang menghasilkan hormon insulin di dalam tubuh. Pada penderita diabetes tipe 2, sel ini seringkali mengalami kerusakan.

Selain untuk kesehatan jantung, buah apel mengandung serat yang berfungsi sebagai prebiotik, yaitu memberikan nutrisi dan makanan bagi bakteri alami di dalam usus. Usus halus tidak menyerap serat selama proseses mencerna, melainkan serat akan menuju ke usus besar untuk membantu pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus.

Beberapa kandungan dalam buah apel dapat menurunkan risiko terjadinya kanker akrena memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan mencegah kanker. Kandungan antioksidan di dalam buah apel juga bermanfaat menjaga kesehatan paru – paru dari kerusakan oksidatif.

Memakan buah apel dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang karena mengandung kalsium, membantu mengurangi efek pada lambung akibat mengonsumsi obat – obatan antinyeri, serta membantu menjaga kesehatan otak dengan mengurangi radikal bebas di sel otak.

Buah apel sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan Anda karena memiliki banyak manfaat untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk diabetes, hipertensi, hingga kanker. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejala penyakit dengan Apps Personal Health Record dari Carevo.

Bibliography

  • BSc, A. A. (2019, May 8). Apples 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/foods/apples
  • Jennings, K.-A. (2018, December 17). 10 Impressive Health Benefits of Apples. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/10-health-benefits-of-apples
  • Kubala, J. (2019, December 18). Wjat to know about apples. Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/267290
  • Sharp, T. (2018, December 12). All about Apples: Health Benefits, Nutrition Facts, and History. Retrieved from live science: https://www.livescience.com/44686-apple-nutrition-facts.html
  • Pathak, N. (2020, August 19). Apples. Retrieved from Web MD: https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-apples
  • MS, B. C. (2020, April 12). Apple Nutrition Facts and Health Benefits. Retrieved from verywell fit: https://www.verywellfit.com/apples-nutrition-facts-calories-and-their-health-benefits-4117992

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :