Beranda > Artikel > Inilah Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Mata

Inilah Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Mata

Mata merupakan salah satu organ indra yang sangat penting. Indra penglihatan ini harus tetap dijaga kesehatannya sehingga selalu berfungsi secara optimal dan menghindari kebutaan. Salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata adalah belimbing wuluh.

Belimbing wuluh atau belimbing sayur merupakan buah yang sering dijumpai di Indonesia. Buah ini cukup mudah ditanam dan dapat menjadi tanaman rumah. Selain buahnya, daun dan bunga dari tanaman ini juga dapat dimanfaatkan dan dijadikan bahan pengobatan tradisional. Kandungan nutrisi pada belimbing wuluh cukup esensial dan dibutuhkan oleh tubuh seperti kandungan karbohidrat, serat, protein, berbagai vitamin termasuk vitamin A, B dan C, kalsium, kalium, zat besi dan kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid.

Manfaat belimbing wuluh untuk mata

  1. Mencegah diabetik retinopati

Diabetik retinopati merupakan salah satu komplikasi pada mata yang dapat terjadi karena gula darah yang tinggi atau penyakit diabetes melitus. Kadar gula yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah retina dan menyebabkan peenglihatan meenurun secara perlahan sampai kebutaan. Konsumsi belimbing wuluh dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan meeningkatkan sekresi  insulin. Kandungan antioksidan seperti flavonoid dan serat dapat mencegah kenaikan kadar gula mendadak dan mencegah komplikasi lebih lanjut dari penyakit diabetes.

  1. Mencegah hipertensi

Hipertensi merupakan faktor resiko utama penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung, serangan jantung, gangguan ginjal. Selain efek pada pembuluh darah dan organ vital, salah satu komplikasi yang dapat timbul adalah pada mata berupa retinopati hipertensi. Hal ini terjadi jika tekanan darah tidak terkontrol dalam jangka waktu panjang dan tekanan dalam arteri sangat tinggi sehingga fungsi retina akan terganggu dan menimbulkan berbagai gangguan penglihatan. Adanya kandungan kalium dalam belimbing wuluh dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium dapat nemarik garam tubuh dan membuangnya keluar dan juga melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat lebih terkontrol dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

  1. Mencegah terbentuk xanthelasma

Xanthelasma merupakan plak kekuningan yang muncul pada kelopak mata karena kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Plak ini dapat muncul pada berbagai area sekitar mata seperti sudut mata bagian dalam, kelopak atas dan kelopak mata bagian bawah. Belimbing wuluh memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol karena kandungan bioaktif seperti pectin dan niacin yang mencegah pembentukan radikal bebas dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol yang lebih terkontrol, maka pembentukan xanthelasma juga dapat dicegah.

  1. Meningkatkan sistem imun

Buah belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk sistem imun dan melindungi dari berbagai infeksi virus maupun bakteri. Mata merupakan salah satu organ yang juga terlindungi dari infeksi ini. Kandungan vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan sistem imun utama untuk melindungi tubuh dari virus atau bakteri. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari stress oksidatif.

  1. Mengobati alergi

Alergi adalah kondisi yang disebabkan oleh hipersensitifitas sistem imun tubuh baik karena makanan, obat, debu atau bahan lainnya. Salah satu gejala alergi yang dapat terjadi adalah pada mata berupa mata berair dan kemerahan. Belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan yang meningkatkan sistem imun dan dapat mengurangi reaksi alergi termasuk reaksi pada mata.

Referensi

  1. Alhassan AM, Ahmed QU. Averrhoa bilimbi Linn.: A review of its ethnomedicinal uses, phytochemistry, and pharmacology. J Pharm Bioallied Sci. 2016;8(4):265–71.
  2. Pushparaj P, Tan CH, Tan BK. Effects of Averrhoa bilimbi leaf extract on blood glucose and lipids in streptozotocin-diabetic rats. J Ethnopharmacol. 2000 Sep;72(1–2):69–76.
  3. Peris C, Singh K, Dsouza M. Nutritional and biochemical evaluation of Averrhoa bilimbi L. Archives of Pharmacy and Biological Sciences. 2013 Oct 1;1:58–62.
  4. 17 Health Benefits of Bilimbi Fruit (Beauty & Reproduction Organs). DrHealthBenefits.com. 2017. Available from: https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-bilimbi-fruit

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :