Beranda > Artikel > Inilah Manfaat Daun Pare untuk Batuk

Inilah Manfaat Daun Pare untuk Batuk

Hampir semua orang pasti pernah mengalami batuk. Gejala ini sebenarnya merupakan mekanisme proteksi tubuh terhadap benda asing yang terdapat dalam saluran nafas mulai dari rongga hidung sampai ke paru-paru. Selain itu, batuk juga dapat merupakan manifestasi dari penyakit atau adanya infeksi pada tubuh anda. Berikut adalah hal-hal yang dapat memicu terjadinya batuk :

  1. Virus
  2. Alergi dan asma
  3. Bahan iritan
  4. Postnasal drip
  5. Refluks cairan lambung

Tatalaksana untuk batuk sendiri akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya, namun tetap diperlukan terapi yang mengurangi gejala dan rasa tidak nyaman. Salah satu terapi tradisional yang dapat diberikan pada penderita batuk adalah daun pare.

 

Mengenai Daun Pare

Daun pare sendiri dapat diambil dari tanaman yang memproduksi buah pare. Daun ini tumbuh pada sulur dan akan melekat pada batang tanaman yang panjang dan tipis. Ukurannya medium dengan rata-rata lebar 4-12 cm. Rasa daun pare ini juga pahit sama seperti rasa buahnya. Daun pare sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional dari jaman dulu karena memiliki efek antihiperglikemi, antioksidan, antihelmintik, antibakteri, antivirus dan antiulserasi. Cara penyajian daun pare bermacam-macam, seperti dapat direbus dan diambil air rebusannya, ditumis, dijadikan sup, dibuat menjadi teh dan dicampur dengan bahan lain menjadi salad.

 

Manfaat Daun Pare Bagi Penderita Batuk

Sama seperti buahnya, kandungan nutrisi daun pare juga banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Nutrisi yang ada didalamnya seperti kandungan mineral kalsium, magnesium, sodium, kalium, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Selain itu, daun ini juga mengandung vitamin A, E, C, B12 dan asam folat serta tinggi kandungan antioksidan.

Batuk yang anda alami dapat diringankan dengan mengkonsumsi daun pare. Inflamasi yang terjadi pada saluran napas yang menyebabkan terjadinya batuk dapat berkurang karena adanya kandungan antioksidan seperti polifenol pada daun pare. Selain itu vitamin C juga dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan dan mengatasi gejala lebih cepat. Air rebusan daun pare jika dikonsumsi juga dapat melegakan saluran napas dan membuat sekret yang susah keluar menjadi lebih cair dan lebih mudah dikeluarkan. Efek antivirus dan antibakteri dari daun pare juga dapat langsung menghilangkan sumber penyebab batuk karena infeksi.

 

Informasi Penting Lain Mengenai Daun Pare

  1. Konsumsi saat sedang hamil

Sebaiknya hindari konsumsi daun pare jika anda sedang hamil. Kandungan zat bioaktif momocharins yang terdapat pada daun pare dapat memicu aborsi spontan. Jika ibu sedang menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi ini kaerna belum diketahui apakah zat dapat dikeluarkan melalui ASI

  1. Efek hipoglikemik

Walaupun daun pare sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah karena memiliki zat visin, charantin dan polipeptida p yang dapat mengontrol kadar gula darah. Namun, seperti obat antidiabetes lainnya, tanaman ini juga memiliki efek hipoglikemia atau kadar gula darah yang menjadi terlalu rendah. Jadi, jika anda memiliki diabetes dan sedang memgkonsumsi obat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Reaksi alergi

Alergi yang terjadi karena daun pare sebenarnya jarang terjadi. Jika anda memiliki alergi terhadap pare atau buah lain yang termasuk dalam famili cucurbitaceae seperti buah melon dan blewah sebaiknya menghindari konsumsinya.

 

Tips Lain Untuk Batuk

  1. Minum air dalam jumlah banyak
  2. Dapat menggunakan pelembab ruangan agar sekret pada saluran napas lebih cair dan mudah dikeluarkan
  3. Gunakan bantal lebih banyak agar dapat bernapas lebih leluasa
  4. Stop merokok
  5. Konsumsi makanan yang sehat dan hindari gorengan serta makanan berrminyak

 

Referensi

  • Bitter Melon Uses, Benefits & Dosage – Drugs.com Herbal Database. Drugs.com. Available from: https://www.drugs.com/npp/bitter-melon.html
  • Okunowo W. Nutritional and chemical evaluation of Momordica charantia. Journal of medicinal plant research. 2010 Jan 1;4:2189–93.
  • Tips for Calming Your Cough [Internet]. WebMD. Available from: https://www.webmd. com/cold-and-flu/ss/slideshow-cough-treatments
  • Why You Cough. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/cold-and-flu/overview

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :