Beranda > Artikel > Inilah Manfaat Makan Tomat Sebelum Tidur

Inilah Manfaat Makan Tomat Sebelum Tidur

Apa saja manfaat sayur-sayuran itu?

Sayur adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan manfaat karena kandungan nutrisi nya. Sayuran memiliki kandungan berupa vitamin, mineral, dan serat. Masing-masing sayuran memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda bagi setiap orang, semua bergantung pada pola makan, kesehatan dari orang tersebut, serta kebutuhan nutrisi harian orang tersebut. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda bergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, sedang hamil atau tidak.

Lalu apa saja manfaat yang dimiliki dari mengonsumsi sayur, berikut ini manfaat-manfaat yang dimilikinya:

  1. Mencegah proses peradangan

Kandungan mineral dan vitamin dalam sayur memiliki manfaat antioksidan dan melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel akibat reaksi oksidasi sel-sel.

  1. Membantu memperbaiki kandungan bakteri baik di dalam usus.

Secara normal, usus manusia memiliki kandungan banyak bakteri agar dapat bekerja dengan baik. Kandungan serat dalam bahan makanan yang dikonsumsi memiliki fungsi prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri usus.

  1. Menjaga keseimbangan berat badan

Sayuran mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi, selain itu karena kaya akan serat, maka orang yang mengonsumsi banyak sayur akan cepat merasa kenyang dan rasa kenyang yang lebih lama.

  1. Mencegah berbagai penyakit kronis

Tingginya angka kesakitan karena penyakit kronis di Indonesia saat ini terus meningkat dikarenakan konsumsi sayur-sayuran yang rendah. Penyakit kencing manis dan penyakit jantung kronis.

 

Kandungan alami dalam buah tomat

Berikut ini adalah kandungan alami dalam buah tomat:

  1. Senyawa karotenoid

Senyawa karotenoid memiliki beberapa komponen seperti likopen, beta karoten, dan lutein. Senyawa ini memiliki fungsi menangkal berbagai radikal bebas yang dapat merusak tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

  1. Berbagai vitamin

Dalam satu buah tomat terkandung berbagai macam vitamin yang dikandung seperti vitamin E, vitamin C, dan asam folat.

  1. Komponen fenol

Komponen fenol yang terkandung dalam buah tomat berfungsi dalam mencegah terjadinya penyakit keganasan bagi orang-orang yang rutin mengonsumsi buah ini.

 

Manfaat mengonsumsi tomat sebelum tidur

 Saat hendak tidur dan saat tidur, tubuh mengeluarkan hormon yang bernama melatonin, hormon ini berperan dalam meregulasi siklus tidur dan bangun seorang manusia. Selain hormon melatonin, tidur juga melibatkan hormon serotonin yang merupakan suatu mood stabilizer alami yang bersama-sama dengan melatonin menjadi sinyal penting agar kita bisa tertidur dan menjaga kualitas tidur. Tomat merah memiliki efek yang sangat luar biasa dalam merangsang produksi hormon melatonin.

Selain dapat membantu produksi hormon, ternyata tomat memiliki efek yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Peran penting tomat dalam hal ini adalah mencerahkan wajah, meregenerasi kulit dari dalam agar semakin sehat terjaga. Tomat memiliki khasiat antioksidan yang disebut lycopene yang bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak kulit dan menimbulkan kerusakan lainnya dalam tubuh kita. Selain itu kandungan vitamin C dalam buah tomat bisa membantu pembentukan kolagen yang berperan dalam merawat kulit, rambut, dan kuku.

Konsumsi buah tomat pada malam hari juga bisa menurunkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit kanker, penyakit jantung, darah tinggi, dan kencing manis. Antioksidan kembali berperan disini dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Secara langsung tomat menangkal radikal bebas dalam pembentukan plak-plak pada pembuluh darah yang berisiko menjadi penyakit jantung di kemudian hari.

Selanjutnya tomat berperan dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten yang dimiliki tomat bisa diubah menjadi vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Bagi ibu hamil peranan vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan mata janin saat nanti bertumbuh. Buah tomat juga mengandung asam folat yang alami. Asam folat merupakan salah satu vitamin yang diperlukan untuk membentuk selubung saraf pada janin. Ketika bertumbuh tidak terjadi kegagalan penutupan selubung saraf yang berisiko menimbulkan kecacatan.

Itulah berbagai macam manfaat yang dimiliki buah tomat yang sangat baik untuk Anda konsumsi. Namun perlu Anda perhatikan bahwa untuk memperoleh hasil yang maksimal dan keamanan Anda tetap terjaga, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan para ahli, agar memperoleh masukkan dan saran bagaimana mengatur pola diet yang tepat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

 

Referensi

  • 10 benefits of eating vegetables. Diakses pada 2021, April 11 dari: https://marthamckittricknutrition.com/10-benefits-of-eating-vegetables/
  • Katherine S. 18 foods that help you sleep better. Diakses pada 2021, April 16 dari: https://www.epicurious.com/expert-advice/18-foods-that-help-you-sleep-better-article
  • Assunta R., Maria M.R., Roberta C, Luigi F, and Amalia B. Enhancing the health-promoting effects of tomato fruit for biofortified food. (2014). Mediators Inflamm.2014; 2014: 139873. DOI: 1155/2014/139873
  • Megan W. Everything you need to know about tomatoes. (25 September 2017). Diakses pada: 17 April 2021. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :