Beranda > Artikel > Inilah Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria

Inilah Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria

Apa itu minyak zaitun?

Minyak zaitun didapatkan dari ekstrak zaitun dan banyak digunakan dalam memasak, khususnya hidangan Mediterania. Selain itu, kandungan nutrisi yang tinggi asam lemak tak jenuh, yang disebut oleic acid, membuat minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsinya, seperti menurunkan kadar kolestrol dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi, dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, dan lain-lain. Selain itu minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk wajah dan rambut.

 

10 manfaat minyak zaitun untuk pria

  1. Kaya akan lemak tak jenuh

Minyak zaitun memiliki kadar lemak ak jenuh yang tinggi, yang berfungsi sebagai antiperadangan.

  1. Mengandung antioksidan

Selain mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan, minyak zaitun juga mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Konsumsi minyak zaitun dalam jumlah cukup dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam darah.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu tubuh membentuk keseimbangan lemak yang baik, di mana lemak darah (low density lipoprotein) yang tinggi merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner. Kadar lemak darah yang seimbang dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit jantung koroner.

  1. Membantu mencegah stroke

Gangguan suplai darah ke otak dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah dan stroke, dimana gangguan suplai ini dapat disebabkan oleh tingginya kadar lemak di dalam darah. Pada beberapa penelitian menunjukan bahwa pria yang mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah cukup memiliki risiko stroke yang lebih rendah dibanding yang tidak mengkonsumsi.

  1. Tidak berhubungan dengan peningkatan berat badan

Memakan makanan yang mengandung minyak berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Namun, studi menunjukan bahwa minyak zaitun justru memiliki efek yang baik untuk berat badan, tidak meningkatkan berat badan dan kandungan antioksidan yang tinggi juga berperan penting untuk mencapai berat badan ideal.

  1. Membantu meningkatkan kesuburan pria

Kesuburan seorang pria sangat erat kaitannya dengan jumlah sperma. Vitamin E yang terdapat di dalam minyak zaitun dapat meningkatkan jumlah sperma dan gerakannya. Selain itu, vitamin E ini juga melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Mengurangi risiko timbulnya kanker

Hingga saat ini tidak ada makanan khusus yang dapat mengobati kanker. Namun beberapa studi terbaru menunjukan bahwa konsumsi minyak zaitun ditunjang dengan gaya hidup sehat dapat memicu perubahan bakteri di usus yang membantu mencegah timbulnya kanker usus.

  1. Membantu melawan penyakit Alzheimer (pikun)

Alzheimer merupakan salah satu penyakit syaraf yang menyerang orang lanjut usia. Pada pria dengan Alzheimer ditemukan jumlah plak yang banyak di sel otak, dan beberapa penelitian awal menunjukan bahwa konsumsi minyak zaitun dapat membantu menekan terbentuknya plak-plak tersebut.

  1. Membantu menjaga kadar gula darah dan mencegah diabetes (kencing manis)

Pada sebuah penelitian di tahun 2017, menunjukan bahwa kelompok orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki kadar gula darah puasa yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengkonsumsi dan memiliki risiko 16% lebih rendah untuk menjadi diabetes. Selain itu kadar asam oleat (oleic acid) dalam minyak zaitun dapat membantu melawan resistensi insulin, salah satu faktor pencetus timbulnya kencing manis/diabetes.

 

Referensi

  • Eckelkamp, S. (2021, January 28). 12 Surprising Health Benefits Of Olive Oil. AboutOliveOil. https://www.aboutoliveoil.org/12-surprising-health-benefits-of-olive-oil
  • Feren, J. (2021). Extra Virgin Olive Oil and Men’s Health. Olive Wellness Institute. https://olivewellnessinstitute.org/article/extra-virgin-olive-oil-and-mens-health/
  • Leech, J. (2018, September 14). 11 Proven Benefits of Olive Oil. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-olive-oil
  • WebMD. (2021). Olive: Uses and Precautions. WebMD. https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientreview-233-olive?drugid=233&drugname=OLIVE

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :