Beranda > Artikel > Inilah Panduan New Normal Saat Pandemi

Inilah Panduan New Normal Saat Pandemi

Panduan New Normal

Menyambut masa New Normal, banyak sekali orang yang mengalami kendala dalam menjalani kehidupan normal akibat dari himbauan yang ditetapkan untuk mencegah penularan virus Covid-19, guna agar kita bisa hidup berdampingan dengan virus ini. Kematian yang disebabkan oleh virus corona terus meningkat setiap harinya, oleh sebab itu, perlu diketahui panduan new normal yang tepat dan mudah untuk diterapkan.

Seusainya pembatasan sosial berakhir, pemerintah menganjurkan kita untuk kembali melakukan kegiatan seperti biasa yang tentunya sesuai dengan protokol COVID-19 yang telah diberlakukan. Protokol-protokol tersebut adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70%, jaga jarak ketika berpergian setidaknya 1-2 meter dengan orang lain, memakai masker ketika berpergian, tidak menyentuh wajah terutama daerah mata dan hidung, langsung membersihkan diri setelah berpergian dari tempat umum, dan jangan pergi ke tempat yang ramai.

Berikut Tips Beraktivitas selama New Normal

Ketika pulang dari berpergian

Peraturan ketika new normal memang dilonggarkan sehingga kita lebih mudah untuk berpergian. Namun, untuk dapat berdampingan dengan virus corona tentunya kita harus dapat menerapkan langkah pencegahan dasar kemanapun kita pergi untuk menghindari tertular virus corona.

Apabila anda kondisi anda kurang fit atau sakit, jangan berpergian keluar rumah. Selain itu, jangan terlalu lama “nongkrong” di luar, terutama di tempat yang ramai. Disarankan segera pulang ke rumah apabila keperluan anda sudah selesai, dan ketika sampai di rumah, langsung lakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan langsung masuk ke dalam rumah, lepaskan alas kaki anda dan semprotkan dengan disinfektan
  • Bersihkan peralatan-peralatan yang anda bawa atau gunakan (contoh: handphone, tas, dompet, dll)
  • Jangan menyentuh wajah sebelum anda mencuci tangan
  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau langsung mandi dan bersihkan seluruh tubuh
  • Langsung cuci pakaian yang anda kenakan

Ketika memesan makanan online atau berbelanja online

Belanja onlinemerupakan salah satu opsi untuk menghilangkan rasa bosan ketika berada di rumah, dan menyediakan fasilitas instan bagi kita karena tidak perlu repot-repot keluar rumah. Berhubung banyaknya pusat perbelanjaan dan restoran yang tutup karena pandemik ini, belanja onlines semakin diminati dan menjadi alternatif untuk mengobati rasa rindu untuk memakan makanan dari restoran favorit atau belanja di mall. Meski begitu, beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berbelanja:

  • Jangan langsung menerima paket dari kurir atau gunakan masker ketika menerima paket. Setelah itu, semprotkan disinfektan pada paket, segera buka paket dan cuci tangan dengan air dan sabun
  • Opsi membayar secara non tunai dapat dipertimbangkan agar tidak bersentuhan langsung dengan kurir
  • Apabila memesan makanan, pilihlah opsi contactlessyang ada pada beberapa aplikasi
  • Panaskan makanan sebelum dimakan, dan pindahkan ke piring sendiri. Jangan pakai wadah dari restoran dan cuci tangan sebelum makan.

Saat bekerja

Ketika new normal mulai diberlakukan, banyak perkantoran yang mulai beroperasi kembali setelah beberapa saat memperkerjakan karyawannya di rumah. Agar tetap mematuhi protocol COVID-19, pastikan terapkan physical distancing di dalam ruangan setiap pekerja dalam setiap aktifitas di kantor, termasuk pada saat bekerja atau rapat. Jangan lupa untuk tetap memakai masker apabila bertemu dengan rekan lainnya.

Saat jam makan siang, alangkah lebih baik apabila membawa bekal sendiri dari rumah. Selain lebih hiegenis, kesehatan anda juga lebih terjamin. Ketika makan pun gunakan peralatan makan pribadi, dan tetap jaga jarak dengan rekan kantor.

Saat berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh selain mengkonsumsi makanan yang sehat. Saat new normal, banyak pusat kebugaran yang kembali beroperasi. Namun, sebaiknya anda mengurungkan niat anda untuk kembali berolahraga di pusat kebugaran, mengingat penyebaran di pusat kebugaran cukup tinggi. Sebaiknya, pilihlah jenis olahraga di rumah atau apabila ingin berolahraga di luar, tetap terapkan protocol physical distancing. Contoh olahraga yang dapat anda lakukan adalah berlari di komplek perumahan atau bersepeda.

Walaupun di indonesia telah melonggarkan aturan dengan cara mengadaan new normal, namun bukan berarti covid-19 telah hilang dan tidak berbahaya lagi. Oleh sebab itu, selain dengan menerapkan panduan saat new normal saat pandemi, anda juga tetap harus menjaga kekebalan tubuh dengan memperhatikan asupan nutrisi dan cairan harian, makan makanan sehat, beristirahat yang cukup, hindari stress, hindari alkohol dan rokok, serta berolahraga secara rutin. Mari kita terapkan gaya hidup sehat mulai sekarang.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

Bagikan ke orang terdekat anda