Beranda > Artikel > Kapankah Waktu yang Tepat ke Dokter Gigi?

Kapankah Waktu yang Tepat ke Dokter Gigi?

Mengapa perlu ke dokter gigi?

Kesehatan gigi bagi kebanyakan orang belum menjadi perhatian bagi kebanyakan orang. Padahal kesehatan gigi juga menjadi salah satu kunci kesehatan seseorang. Kesan menakutkan dari tempat praktik dokter gigi menyebabkan kebanyakan orang tidak mau atau takut berkunjung ke dokter gigi. Padahal kesehatan gigi itu sangat penting bagi anak-anak hingga orang dewasa karena bisa menjadi kendala di masa depan ketika kebersihan rongga mulut tidak menjadi perhatian utama. Apalagi kebanyakan orang baru akan berkunjung apabila mulai mengalami keluhan yang bisa jadi sudah terlambat.

Pada tahun 2019, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) melakukan sebuah survei yang melibatkan sekitar 500-an anak terkait masalah gigi dan mulut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sebanyak 64% anak yang terlibat di dalam penelitian mengalami sakit gigi. Dari 64% itu, 41% nya mengatakan bahwa tingkat rasa nyeri nya skala sedang hingga berat. Dengan adanya keluhan tersebut mengakibatkan mereka harus absen. Tentu masalah baru akan muncul ketika seseorang anak tidak masuk sekolah. Selain itu pada anak-anak dikarenakan gigi menjadi symbol kepercayaan diri seseorang, apabila kondisi gigi tidak memadai, anak-anak berisiko menjadi minder dan tidak percaya diri.

Bagi orang dewasa kontrol rutin ke dokter gigi merupakan sesuatu yang penting dan harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu pemeriksaan dokter gigi ditujukan untuk menjangkau area-area yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi, selain itu kita bisa mengetahui apakah di dalam rongga mulut kita terdapat masalah yang kelak bisa menjadi suatu penyakit di masa depan.

Berapa kali kunjungan yang direkomendasikan?

PDGI merekomendasikan kunjungan minimal ke dokter gigi dalam satu tahun sebanyak dua kali. Pada pasien-pasien yang memiliki kondisi kesehatan gigi yang baik terkadang dokter gigi menyarankan cukup berobat satu kali dalam satu tahun. Demikian juga apabila memerlukan perawatan khusus, maka bisa jadi kita diminta untuk datang bisa lebih dari 2 kali dalam satu tahun, kembali lagi pada rencana dokter gigi yang merawat kita.

Apa yang diperiksa oleh dokter gigi?

Seorang dokter gigi akan memeriksa rongga mulut kita secara keseluruhan, dimulai dari gigi, gusi, lidah, dan bagian lain yang tampak pada pemeriksaan rongga mulut. Kemudian setelahnya bila dokter gigi menemukan adanya kelainan pada gigi, maka ia akan menyarankan atau menyampaikan suatu pernyataan terkait tentang tindakan yang berikut nya akan ia lakukan. Seorang dokter gigi juga akan menyampaikan apa yang ia temukan selama pemeriksaan rongga mulut kita.

Lalu apa yang bisa kita tanyakan? Kita berhak mengetahui kondisi kesehatan rongga mulut secara keseluruhan dari dokter gigi yang merawat kita. Berikut ini pertanyaan yang bisa Anda tanyakan ketika berkunjung ke dokter gigi:

  1. Bertanya tentang kesehatan rongga mulut secara umum

Pada umumnya setiap kunjungan dokter akan mencatat setiap temuan yang ia peroleh pada kartu atau status kita. Jadi dari catatan itu, bisa diketahui kondisi perkembangan kesehatan mulut kita.

  1. Hal-hal yang perlu dilakukan dan yang harus dihindari

Dokter gigi perlu mengedukasi hal-hal terpenting untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Selain itu diit yang harus dihindari dan bisa dimakan.

  1. Rencana berobat rutin selanjutnya

Kita berhak mengetahui rencana dokter gigi yang menangani kita selanjutnya, ia akan menyarankan tanggal kunjungan atau kapan waktu yang tepat untuk kita datang kembali ke tempat praktiknya dan apa rencana yang akan ia lakukan selanjutnya.

Referensi

  • Hasil utama RISKESDAS 2018. Kementerian Kesehatan RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI.
  • Featured Review: how often should you see your dentist for a check-up? Cochcrane. Diakses pada: 2021, 12 Mei. Dari: https://www.cochrane.org/news/featured-review-how-often-should-you-see-your-dentist-check
  • Patient Education: why a regular dental check up is important. Diakses pada: 2021, 12 Mei dari: https://www.dentalcare.com/en-us/patient-education/patient-materials/why-are-regular-dental-visits-important
  • Dental check-ups: healthy body. NHS. Diakses pada: 2021, 12 Mei dari: https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/dental-check-ups/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :