Beranda > Artikel > Kenali Berbagai Manfaat Berjemur Untuk Ibu Hamil

Kenali Berbagai Manfaat Berjemur Untuk Ibu Hamil

Kehamilan bukan menjadi halangan seseorang untuk berjemur dibawah sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat membantu tubuh memenuhi kecukupan vitamin D harian terlebih pada ibu hamil. Walaupun selama kehamilan akan terjadi perubahan hormonal dan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif jika terpapar matahari karena lebih mudah terbakar serta lebih mudah terjadi pigmentasi kulit wajah karena peningkatan produksi pigmen melanin, manfaat yang didapatkan lebih besar daripada efeknya.

 

Berikut berbagai manfaat berjemur bagi ibu hamil

  1. Mencegah resiko kelahiran prematur

Vitamin D dapat mencegah proses kelahiran yang lebih cepat dari pada normal dan mencegah infeksi yang dapat terjadi selama masa kehamilan pada ibu

  1. Menjaga kesehatan tulang

Ibu hamil membutuhkan vitamin D yang adekuat karena memiliki resiko tulang menjadi lebih rapuh karena asupan nutrisi bukan hanya untuk satu orang namun untuk 2 orang. Dengan vitamin D yang cukup, maka perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi bayi serta ibu dapat lebih terjaga. Janin juga dapat terhindar dari penyakit riketsia dan osteomalasia yang berkaitan dengan gangguan pertumbuhan tulang

  1. Memperkuat sistem imun

Vitamin D berperan dalam menjaga imunitas tubuh dengan merangsang sel imun spesifik untuk memberikan proteksi pada tubuh kita. Tidak terkecuali pada ibu hamil, dengan mendapatkan vitamin D, maka respon imun dapat diperkuat

  1. Mencegah depresi post partum

Paparan sinar matahari dapat membuat dihasilkannya senyawa serotonin yang dapat memperbaiki mood, membuat pikiran lebih tenang dan tubuh yang lebih rileks. Jadi, dengan berjemur, resiko ibu mengalami depresi setelah melahirkan lebih rendah

  1. Menurunkan resiko darah tinggi selama kehamilan

Berdasarkan hasil penelitian, paparan sinar ultraviolet dapat mencegah terjadinya darah tinggi pada ibu hamil. Hal ini sangat baik karena jika ibu hamil menderita darah tinggi selama kehamilan, ibu beresiko mengalami kejang dan membahayakan nyawa ibu maupun bayi.

 

Tips Berjemur Bagi Ibu Hamil

Terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan ibu untuk keselamatan dirinya serta janin dalam kandungannya sebelum berjemur

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian longgar, mudah meneyerap keringat dan warna terang seperti putih, kuning dan biru muda karena dapat merefleksikan cahaya. Ibu dapat juga membawa payung, menggunakan kacamata pelindung matahari dan juga topi agar paparan tidak terkena langsung

  1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Konsumsi cairan dalam jumlah cukup agar menghindari deheidrasi. Cairan yang dikonsumsi berupa air putih atau jus juga dapat menejadi pilihan. Jika akan berjalan dibawah terik matahari, pastikan selalu membawa air minum

  1. Batasi waktu paparan

Berjemur disarankan selama 10-15 menit setiap harinya dan tidak melebihi 20 menit. Jika kulit terasa terbakar atau panas berlebih, jangan lanjutkan proses berjemur anda

  1. Mengetahui waktu yang tepat

Penelitian menunjukkan waktu yang tepat untuk keluar adalah pada siang hari pukul 10.00 atau pukul 15.00, tidak terlalu pagi hari atau terlalu sore. Pada waktu ini, pembentukan vitamin D paling efektif dan resiko untuk menderita efek samping melanoma maligna lebih rendah

  1. Gunakan tabir surya

Radiasi sinar UV tetap dapat terjadi walaupun di hari yang berawan. Maka, pastikan anda tetap menggunakan tabir surya jika akan keluar rumah

  1. Pertimbangkan sumplementasi

Jika anda berencana tidak mau berjemur dan terkena matahari sama sekali, maka konsultasikan kedokter sebagai bahan pertimbangan pemberian suplementasi vitamin D

 

Referensi

  • Botyar M, Khoramroudi R. Ultraviolet radiation and its effects on pregnancy: A review study. J Family Med Prim Care. 2018;7(3):511–4.
  • How to Safely Get Vitamin D From The Sun [Internet]. Healthline. 2018. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-from-sun

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :