Beranda > Artikel > Kenali Manfaat Vitamin C untuk Wajah Berjerawat Anda

Kenali Manfaat Vitamin C untuk Wajah Berjerawat Anda

Apa itu vitamin C dan peranannya di kulit?

Vitamin C (atau dikenal juga dengan asam askorbat) adalah salah satu vitamin larut air dan merupakan antioksidan yang dapat digunakan untuk kesehatan kulit kita. Banyak tumbuhan dan hewan yang dapat memproduksi vitamin C sendiri, namun manusia tidak dapat memproduksinya karena tidak ada nya enzim yang berperan dalam pembentukan vitamin C, sehingga harus mengandalkan makanan tertentu untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Kulit normal mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi dibandingkan bagian tubuh yang lain. Dan karena peranannya sebagai antioksidan alami, vitamin C banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada beragam kosmetik dan krim.

Apa saja manfaat vitamin C untuk wajah?

Karena sel-sel tubuh sebagian besar mengandung air dan vitamin C merupakan vitamin larut dalam air, vitamin ini banyak ditemukan di dalam sel (intraselular), terutama di kulit kita. Vitamin C ini memiliki banyak fungsi, yaitu:

  1. Proteksi terhadap gelombang ultraviolet sinar matahari

Sinar matahari, yang mengandung gelombang ultraviolet, dapat membentuk radikal bebas atau oksidan di kulit dan menimbulkan beragam masalah, seperti jerawat, wajah tampak menua, kulit yang terbakar, dan kanker. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab kulit keriput dan age spot di kulit. Radikal bebas ini dapat dilawan oleh antioksidan, salah satu fungsi dari vitamin C.

Vitamin C menghambat pembentukan radikal bebas dan mengurangi respon peradangan seperti terbakar dan kemerahan pada kulit akibat paparan ultraviolet.

  1. Penyembuhan luka

Vitamin C merupakan salah satu elemen penting pada enzim untuk penyembuhan luka, sehingga dapat menstabilkan kolagen yang berperan besar pada hal ini. Kekurangan vitamin C membuat kolagen menjadi tidak stabil dan akan memperlama proses penyembuhan luka.

  1. Anti-pigmen

Selain untuk penyembuhan luka, vitamin C juga dapat menghambat pembentukan melanin (zat warna kulit), sehingga dapat membantu mengurangi munculnya bercak-bercak kehitaman di kulit.

  1. Mengurangi peradangan penyebab jerawat di kulit

Peradangan/inflamasi merupakan kondisi yang mendasari timbulnya permasalahan di kulit. Hal ini dapat menyebabkan dermatitis atopik, jerawat, dan gejala-gejala lain seperti nyeri, kulit kemerahan, dan gatal. Vitamin C meningkatkan pembentukan barier/lapisan pelindung kulit untuk mengurangi akibat peradangan tersebut.

Makanan yang mengandung vitamin C yang bagus untuk wajah

  • Jeruk
    Setiap 100 mg jeruk mengandung 53 mg vitamin C.
  • Lemon
    Lemon mengandung 77 mg vitamin C setiap 100 gram.
  • Leci
    Selain mengandung 72 mg vitamin C setiap 100 gram, leci juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kesehatan otak, jantung, dan pembuluh darah.
  • Kiwi
    Kiwi mengandung 93 mg vitamin C untuk setiap 100 gram buah. Beberapa penelitian menunjukan orang yang mengkonsumsi 2-3 buah kiwi per hari memiliki kadar kolesterol lebih rendah dan tingkat imunitas yang lebih tinggi.
  • Jambu
    Jambu mengandung 126 mg vitamin C setiap 100 gram nya.
  • Pepaya
    Sebagai salah satu buah yang mudah dijumpai di iklim tropis, pepaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah ini mengandung 62 mg vitamin C setiap 100 gram nya.
  • Brokoli
    Brokoli mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk, 89 mg vitamin C untuk setiap 100 g sayuran.

 

Referensi

  • Hill, C. (2018, June 5). 20 Foods That Are High in Vitamin C. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods
  • NIH. (2021, March 26). Vitamin C Fact Sheet for Health Professionals. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/
  • Pullar, J. M., Carr, A. C., & Vissers, M. C. M. (2017). The roles of vitamin C in skin health. In Nutrients (Vol. 9, Issue 8). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/nu9080866
  • Ravetti, S., Clemente, C., Brignone, S., Hergert, L., Allemandi, D., & Palma, S. (2019). Ascorbic acid in skin health. In Cosmetics (Vol. 6, Issue 4). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/COSMETICS6040058

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :