Beranda > Artikel > Ketahui Bahaya Meminum Obat Tidak Sesuai Dosis

Ketahui Bahaya Meminum Obat Tidak Sesuai Dosis

baha overdosis

Obat merupakan sesuatu yang tidak lagi awam didengar ketika anda sakit. Maka dari itu, pemakaian suatu obat tentunya merupakan suatu hal penting yang perlu diperhatikan secara berhati-hati. Cara minum obat yang benar tentunya harus dipelajari dengan baik agar mendapat manfaat positif dan tentunya mencegah terjadinya efek samping obat. Dengan demikian, efektifitas penggunaan obat dan kesembuhan pasien akan meningkat.

Mengapa minum obat sesuai anjuran penting?

Setiap orang yang akan mengkonsumsi obat-obatan diharapkan memperhatikan dosis, cara kerja, serta efek samping pengobatan tersebut karena setiap obat memiliki cara kerja, kegunaan serta efek samping yang berbeda-beda. Mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter atau sesuai dengan petunjuk kemasan merupakan suatu hal yang penting. Tentunya dosis, cara pemberian, waktu pemberian serta interaksinya dengan zat lain (makanan, minuman atau obat lain) perlu diketahui agar memberikan efek kerja obat yang optimal serta mencegah terjadinya efek samping seperti overdosis obat.

Apa yang terjadi jika meminum obat tidak sesuai dosis?

Tidak sedikit orang yang mencoba meningkatkan atau mengurangi dosis obat dengan sendirinya tanpa anjuran dokter karena mereka berpikir efek yang didapat belum sesuai dengan yang diinginkan. Namun, nyatanya pemberian obat yang tidak sesuai dosis justru dapat memperlambat efek kerja obat tersebut atau malah memberikan efek samping yang membahayakan orang yang mengkonsumsinya. Jika mengkonsumsi obat yang berlebihan tentunya akan berdampak pada organ-organ diseluruh tubuh seperti kerusakan organ bahkan dapat berujung pada kematian.

Beberapa kondisi yang dapat terjadi jika anda mengkonsumsi obat berlebihan:

  • Muntah-muntah
  • Diare
  • Sesak nafas
  • Pusing
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan tanda vital tubuh seperti denyut nadi, tekanan darah, laju pernafasan dan suhu tubuh

Kondisi tersebut merupakan suatu kondisi emergensi medis yang memerlukan penangan segera yang cepat. Maka dari itu, alangkah baiknya anda segera pergi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat jika menemukan gejala serupa.

Dengan mengetahui mengapa minum obat sesuai anjuran penting serta konsekuensi yang dapat terjadi jika meminum obat tidak sesuai dosis, anda diharapakan dapat mendapatkan efek positif dari obat serta mendapatkan tingkat kesembuhan yang tinggi. Untuk itu alangkah baiknya agar anda mengikuti petunjuk, aturan pakai obat serta saran dari dokter. Pasang mode pengingat minum obat ada dan selalu catat dosis obat yang diberikan di Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :