Beranda > Artikel > Ketahui Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit

Ketahui Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit

cara menenangkan saraf gigi yang sakit

Sakit gigi tentu menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Rasa sakit yang dirasakan akan bisa menghambat berbagai aktivitas harian Anda. Rasa sakit ini bisa menjalar hingga ke gusi dan juga mulut Anda. Salah satu solusi terbaik untuk meredakan sakit gigi dengan cepat tentu saja dengan menghubungi dokter dan mendapatkan penangan serta berbagai obat-obatan. Namun sakit gigi ini tidak hanya bisa disembuhkan dengan obat-obatan saja. Ada banyak cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit ini dengan cepat. Di bawah ini adalah berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk meredakan sakit gigi yang Anda alami dengan cepat, dan juga menggunakan bahan yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Penyebab Paling Umum Sakit pada Saraf Gigi

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit gigi, seperti gigi terbentur, gigi yang sensitif, atau gangguan pada gusi di bawah gigi. Namun, penyebab terjadinya sakit pada gigi yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh yang paling umum adalah gigi berlubang tanpa perawatan.

Lubang pada gigi awalnya terbentuk dari plak gigi. Plak gigi sendiri adalah lapisan yang melapisi gigi dan berisikan bakteri. Jika Anda tidak rutin menyikat gigi dengan cara yang benar, plak pada gigi akan terus menumpuk, hingga bakteri yang ada pada plak gigi pun akan merusak lapisan gigi dan menyebabkan terjadinya lubang pada gigi.

Bakteri-bakteri yang ada pada plak gigi ini akan merusah gigi secara bertahap seiring berjalannya waktu dan menyebabkan:

1. Rusaknya lapisan terluar gigi (enamel)

Bakteri pada plak gigi pertama kali akan merusak lapisan gigi paling luar yang disebut enamel. Pada tahap pertama terjadinya kerusakan gigi, Anda mungkin tidak akan merasakan sakit, tapi pada tahap ini lubang kecil sudah terbentuk yang menyebabkan Anda menjadi lebih sering merasakan makanan yang menyangkut pada gigi.

2. Rusaknya lapisan kedua gigi (dentin)

Setelah merusak lapisan pertama pada gigi, bakteri yang ada pada plak gigi ini akan terus-menerus merusak lapisan gigi. Lapisan gigi kedua yang akan diserang adalah dentin. Lapisan gigi ini sendiri adalah lapisan gigi yang sensitif dan apabila sudah terdapat lubang pada lapisan gigi dentin, Anda mulai merasakan sakit pada gigi, terutama pada saat mengunyah atau mengkonsumsi makanan panas dan dingin.

Jika telah terjadi kerusakan pada lapisan gigi dentin, itu tandanya Anda harus mulai melakukan perawatan untuk mengobati sakit gigi dengan pergi ke Dokter Gigi.

Baca Juga: Manfaat Rebung Bambu Kuning

3. Rusaknya saraf gigi (pulpa)

Meskipun gigi sudah terasa tidak nyaman dan bahkan sakit karena mulai terdapat lubang, banyak sekali orang yang masih membiarkan giginya berlubang hingga lubang pada gigi tersebut menjadi semakin besar. Karena lubang yang dibiarkan, seiring berjalannya waktu akan semakin meluas hingga lapisan terdalam gigi, yaitu lapisan pulpa atau saraf gigi. Jika saraf gigi sudah mengalami kerusakan, itu tandanya infeksi bakteri pada gigi Anda sangat perlu ditangani oleh Dokter Gigi untuk diberikan obat sakit gigi dan saraf gigi.

4. Tambalan Gigi yang rusak

Tambalan gigi yang rusak, seperti pecah, patah, atau rusak juga bisa menjadi salah satu indikasi penyebab terjadinya sakit gigi. Tanpa Anda sadari, tambalan yang ada pada gigi bisa pecah karena benturan kecelakaan, mengunyah dengan keras, dan beban kunyah yang terlalu besar.

5. Gigi sensitif

Penyebab sakit gigi selanjutnya adalah gigi yang sensitif. Gigi sensitif adalah salah satu indikator penyebab terjadinya sakit gigi yang paling umum setelah gigi berlubang. Dalam banyak kasus, gigi sensitif bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti terdapat lubang pada gigi, lapisan enamel yang sudah menipis karena kesalahan saat menyikat gigi, tambalan gigi yang rusak, sampai pola makan yang tidak sehat dan aman untuk kesehatan gigi dan gusi.

6. Infeksi di gusi

Faktor lain yang menyebabkan sakit gigi adalah terjadinya infeksi pada gusi pada gigi. Infeksi gusi pada gigi ini bisa disebabkan akibat terjadinya peradangan yang biasa disebut sebagai gingivitis. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penumpukan karang pada gigi dan gusi yang melapisi akar gigi. Karang gigi ini bisa menyebabkan kondisi yang tidak nyaman bagi Anda seperti sakit gigi. Jika tidak segera membersihkan karang gigi, gusi dan berbagai macam area gigi lainnya juga bisa terancam terinfeksi dan harus segera ditangani oleh Dokter Gigi.

Baca Juga: 7 Manfaat Jambu Biji Putih untuk Tubuh Manusia

7. Infeksi bakteri di gigi

Infeksi bakteri di gigi bisa terjadi karena gigi berlubang yang dibiarkan. Kondisi ini bisa memicu timbulnya abses, seperti yang telah disebutkan di atas. Bakteri-bakteri yang menumpuk ini akan mengeluarkan tekanan hingga membuat gigi terasa sangat ngilu, bahkan tanpa rangsangan apapun.

Personal Health Record

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Mudah dan Cepat

Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menerapkan 5 cara dibawah ini. Semuanya menggunakan bahan yang tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Mari kita mulai dengan cara yang pertama, yaitu:

1. Berkumur Dengan Air Garam

Air garam merupakan desinfektan alami yang dapat mengurangi berbagai partikel makanan atau benda lainnya yang berada di dalam mulut dan gigi Anda. Cara yang satu ini dianggap cukup efektif bagi sebagian orang untuk mengobati sakit gigi. Bahkan air garam ini juga bisa mengurangi inflamasi dan mengobati gigi yang terdapat berbagai luka.

Cara terbaik untuk mempraktekkan hal ini adalah dengan menjadi kan air garam sebagai cairan pencuci mulut untuk berkumur-kumur. Campurkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat, lalu berkumur-kumurlah dengan air garam selama 30 detik untuk mengobati sakit gigi.

2. Kompres Air Dingin

Kompres air dingin juga menjadi cara yang mudah dan cepat ketika mengobati sakit gigi, terlebih lagi jika rasa sakit ini disebabkan oleh trauma. Kompres air dingin ini menjadi obat sakit gigi yang efektif karena bisa membuat berbagai pembuluh darah di sekitar area yang dikompres untuk menyempit dan mengurangi rasa sakit. 

Kompres ini juga bisa mengurangi inflamasi dan pembengkakan. Cara terbaiknya adalah dengan membalutkan sebuah handuk kecil dengan satu kantong es, lalu mengompresnya di area yang terasa sakit selama 20 menit, lakukan secara terus menerus hingga rasa sakit gigi berkurang.

3. Kantong Teh Peppermint

Bagi Anda penikmat teh, ternyata kantong teh bekas juga bermanfaat untuk mengobati rasa sakit gigi. Kantong teh peppermint ini akan bisa meringankan gigi yang sakit berupa nyeri dan juga menenangkan gusi yang sensitif. Kamu bisa menggunakan kantong teh yang masih hangat, atau bisa juga mendinginkannya di freezer sebelum menggunakannya di gigi yang sakit.

Baca Juga: 5 Kandungan Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

4. Bawang Putih

Cara yang satu ini sudah ada selama ratusan tahun dan sudah diterapkan oleh para nenek moyang kita sebagai cara mengobati berbagai macam hal, salah satunya sakit gigi. Bawang putih memiliki kemampuan untuk membunuh banyak bakteri yang menyebabkan plak gigi dan juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit gigi.

Untuk bisa menggunakan bawang putih sebagai cara obat pereda nyeri untuk meredakan rasa sakit gigi, Anda harus menghancurkan bawang putih menjadi bentuk paste, kemudian oleskan pada area dimana kamu mengalami rasa sakit gigi., dan bisa juga kamu tambahkan sedikit garam. Cara lainnya adalah dengan mengunyah satu siung bawang putih mentah secara perlahan dan hindari area gigi yang sakit.

5. Cengkeh

Bahan alami yang satu ini juga sudah digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit gigi. Minyak yang dihasilkan dari cengkeh dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi inflamasi karena mengandung eugenol yang merupakan antiseptik dan obat pereda nyeri alami. 

Letakan sedikit minyak cengkeh ke atas kapas. Lalu oleskan secara perlahan di area rasa sakit. Mungkin kamu bisa mencampurkan sedikit minyak zaitun atau air ke dalam campuran minyak cengkeh. Masukan juga beberapa tetes minyak cengkeh kedalam segelas air, dan gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.

Itulah beberapa cara untuk meredakan rasa sakit gigi dengan cepat menggunakan berbagai bahan yang mudah untuk ditemukan. Namun jika obat sakit gigi alami di atas tidak terlalu membantu Anda dalam menangani sakit gigi, ada baiknya Anda pergi ke Dokter Gigi untuk memeriksakan kondisi sakit gigi Anda. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan Apps Personal Health Record Carevo.

  • Cronkleton, E. Healthline (2017). 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.
    https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache
  • Nazario, B. WebMD (2018). Home Remedies for Toothache. https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache#1

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics