Beranda > Artikel > Ketahui Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Anda

Ketahui Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Anda

cara menenangkan saraf gigi yang sakit

Sakit gigi tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak juga dapat mengalami kondisi yang tidak menyenangkan ini. Maka sebagai orang tua tentu saja Anda akan mencari berbagai cara mengobati sakit gigi pada anak karena kita tidak akan tega melihat aktivitas si kecil menjadi terhambat karena rasa sakit di gigi mereka. Namun ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu mengenai penyebab rasa sakit gigi ini, dan kemudian barulah mengetahui cara mengobati sakit gigi pada anak.

Berbagai Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

Anak akan mengalami nyeri di gigi mereka, namun belum tentu yang terjadi adalah sakit gigi. Sebelum memulai pengobatan sakit gigi, periksa mulut mereka untuk mengetahui tanda-tanda penyebab nyeri yang umum. Yang harus Anda perhatikan adalah:

  • Rasa sakit di mulut anak
  • Air liur/ Ngences
  • Dan jika mereka sudah cukup besar, tanyakan gigi mana yang sakit.

Rasa sakit ini bukan hanya bisa disebabkan oleh sakit gigi, namun bisa saja karena tumbuhnya gigi yang baru, luka di mulut, atau infeksi sinus. Akan lebih baik jika Anda dapat memeriksakan mereka ke dokter. Namun jika terlihat rasa sakit yang mereka rasakan berasal dari gigi yang sakit, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan dan mengobati sakit gigi pada anak.

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

Sebagai orang tua, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menangani anak yang mengalami sakit gigi.

  • Ajak anak untuk berkumur-kumur dengan air hangat
  • Bersihkan sela-sela gigi mereka dari benda yang mungkin tersangkut di antara gigi yang sakit dengan sikat gigi atau benang pembersih gigi (dental floss)
  • Coba perhatikan kondisi gigi anak, apakah ada gigi yang longgar. Atau adanya pembengkakan di gusi yang bisa menandakan terjadinya abses gigi.

Jika terlihat adanya infeksi, hindari untuk menyentuh bagian tersebut, dan langsung bawa anak Anda ke dokter gigi.

Sedangkan itu, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sakit gigi yang diderita oleh anak. Beberapa caranya adalah:

1. Manfaatkan Peppermint

Peppermint merupakan pereda nyeri tradisional yang umumnya aman dan juga merupakan salah satu obat sakit gigi buatan rumah yang tidak aneh rasanya. Kantong teh peppermint yang baru digunakan, bisa didinginkan secara alami atau selama beberapa menit di dalam freezer, letakkan di antara pipi dan gusi untuk memberikan kompres pereda nyeri. 

2. Bawang Putih yang Berguna

Mungkin, cara yang satu ini tidak terlalu disukai oleh anak, namun cukup efektif untuk meredakan rasa sakit. Bawang putih dikenal dengan sifat antibakterinya. Sempurna untuk iritasi yang dapat menyebabkan infeksi. Cukup haluskan satu atau dua siung bawang putih (dan sejumput garam jika diinginkan), buat menjadi paste. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan pasta ini ke gigi yang sakit.

3. Gunakan Minyak Cengkeh

Selain untuk mengobati rasa nyeri pada sakit gigi orang dewasa, car ini juga bisa digunakan untuk anak-anak, namun hati-hati. Kandungan eugenol yang ada di dalam cengkeh bila digunakan terlalu sering atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi dapat memperburuk nyeri dan bahkan merusak saraf. Oleh karena itu, untuk menggunakan obat sakit gigi buatan sendiri ini, beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas dapat membantu anak-anak yang menderita sakit gigi cukup parah.

Itulah cara mengobati sakit gigi pada anak. Selalu jaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi. Selalu jaga kesehatan anak Anda, dan catat gejalanya dengan Aplikasi Personal Health Record Carevo

  • Healtychildren.org (2015). Toothaches in Children  https://www.healthychildren.org/English/health-issues/injuries-emergencies/Pages/Toothaches-in-Children.aspx
  • Childrens Dentistry (2018). 4 Homemade Toothache Remedies That Are Safe For Kids
    https://childrensedationdentist.com/4-homemade-toothache-remedies-safe-kids/
  • Seattle Children’s Hospital (2019). Toothache
    https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/toothache/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :