Beranda > Artikel > Ketahui Manfaat Jus Pare untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Jus Pare untuk Kesehatan

Buah pare atau yang dikenal dengan nama latin Momordica charantia merupakan buah dengan warna hijau, bentuk lonjong dan memiliki kulit yang kasar. Cara konsumsinya bervariasi mulai dari dimasak sebagai lauk makanan atau dijus yang dikenal dengan nama jus karela. Rasa dari buah ini pahit dan tidak semua orang menyukainya, namum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini memiliki daging berwarna putih dan rasa makin pahit saat buah matang. Jus pare dibuat dengan cara mencampur air dan buah pare lalu diblender dan langsung dapat diminum.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 1 gelas jus pare (± 93 gram) adalah sebagai berikut :

  • Kalori              : 16
  • Karbohidrat  : 3,4 gram
  • Serat               : 2,6 gram
  • Proteein         : 0,9 gram
  • Lemak            : 0,2 gram
  • Vitamin C      : 95% dari RDI
  • Asam folat     : 17% dari RDI
  • Zinc                 : 10% dari RDI
  • Kalium            : 6% dari RDI
  • Zat besi           : 5% dari RDI
  • Vitamin A       : 4% dari RRDI

Selain itu, jus pare juga kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan dan provitamin A yang merupakan substansi yang diperlukan sebelum diubah menjadi vitamin A oleh tubuh

 

Manfaat Jus Pare Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan gula darah

Gula darah yang tinggi dapat merusak sel tubuh dan jika kondisi terjadi secara kronis dapat menyebabkan penyakit diabetes yang menimbulkan banyak komplikasi.Selain karena konsumsi gula berlebih, kerusakan sel pankreas juga merupakan salah satu penyebab kondisi diabetes karena pankreas merupakan organ yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan insulin. Jus pare dapat membantu menjaga kadar gula darah karena memiliki komponen yang dapat menurunkan kadar gula, yaitu polipeptida p, charantin dan visin. Polipeptida-p memiliki fungsi yang mirip dengan insulin yang merupakan hormon yang membantu meregulasi gula darah dengan membantu absorbsi gula dari darah ke sel dan jaringan. Charantin dan visin juga telah terbukti untuk menurunkan kadar gula darah. Komponen bioaktif lainnya pada jus pare juga dapat membantu menjaga pankreas dan regenerasi sel pankreas.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu efek yang didapatkan dengan mengkonsumsi jus pare adakah mempercantik kulit. Jus pare dapat membuat kulit lebih bersinar dan lebih cerah. Selain itu, dalam pengobatan tradisional jus pare juga dapat dikonsumsi untuk mengobati penyakit kulit seperti psoriasis, dermatitis dan ulserasi. Kandungan yang kaya antioksidan juga membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan membuat kulit lebih ceoat menua dan berkeriput. Jus pare juga terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat memicu produksi kolagen kulit.

  1. Menurunkan berat badan

Dengan kandungan kalori yang rendah, kaya akan serat dan terdapat kandungan air cukup banyak, jus pare sangat baik dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan seratnya dapat membuat kenyang lebih lama sehingga keiinginan untuk makan dapat berkurang. Jus pare juga dapat membantu membakar lemak pada bagian perut. Hal ini membantu untuk mengurangi berat badan dan mencapai tubuh ideal

 

Walaupun ada yang menyukai rasa dari jus pare, tidak semua orang dapat mentolerir rasa pahitnya. Konsumsi jus pare juga tidak disarankan lebih dari 1 porsi tiap harinya karena jika berlebihan dapat menyebabkan nyeri perut dan diare. Karena konsumsi jus ini dapat memberikan efek pada sistem endokrin yang mengontrol hormon dan reproduski, wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya konsultasi terlebih dulu dengan doker sebelum memasukkan jus pare dalam konsumsi rutin.

 

Referensi

  • Karela Juice: Nutrition, Benefits, and How to Make It. Healthline. 2019. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/karela-juice
  • Joseph B, Jini D. Antidiabetic effects of Momordica charantia (bitter melon) and its medicinal potency. Asian Pac J Trop Dis. 2013 Apr;3(2):93–102.
  • 6 Benefits of Bitter Melon (Bitter Gourd) and Its Extract. Healthline. 2019. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/bitter-melon
  • Health Benefits of Bitter Gourd. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/ diet/health-benefits-bitter-gourd

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :