Beranda > Artikel > Ketahui Manfaat Pare Belut Berikut

Ketahui Manfaat Pare Belut Berikut

Manfaat mengonsumsi sayuran

Sayuran adalah semua bahan makanan yang berasal dari tumbuhan mulai dari daun, akar, buah ataupun biji-bijian. Sayuran memiliki kalori yang rendah, sehingga banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran setiap hari. Selain itu berikut ini manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayur-sayuran secara teratur, yaitu:

  1. Meningkatkan fungsi saluran cerna

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa serat membantu saluran cerna kita untuk menyerap berbagai vitamin dan mineral, sehingga tubuh dapat memanfaatkan nya secara maksimal.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sayuran memiliki kadar mineral yang tinggi, salah satunya adalah kadar kalium. Kalium mampu mengontrol tekanan darah pada manusia.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang mampu mencegah terjadinya penumpukan plak dalam pembuluh darah. Plak ini berisiko menjadi penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah lain nya. Konsumsi sayuran secara rutin mampu mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan memanfaatkan mineral yang dikandungnya.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Sayuran memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga setelah makan, kadar gula tidak segera melonjak naik.

 

Mengenali apa itu buah pare?

Buah pare memiliki nama Latin Momordica charantia, buah ini merupakan tanaman buah bersulur yang masuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Buah ini dapat ditemukan di daerah Asia, Afrika, dan Karibia. Buah pare memiliki ciri khas yaitu berukuran panjang, berwarna hijau, dan kulitnya memiliki permukaan yang tidak rata.

 

Si buah pahit kaya manfaat

Buah pare memiliki rasa yang khas yaitu rasa pahit yang tajam, tetapi meskipun rasa yang tajam tahukah Anda bahwa pare memiliki berbagai macam manfaat, mari kita simak sama-sama:

  1. Mengandung banyak nutrisi penting

Dalam satu cangkir (sekitar 94 gram) pare mengandung serat sebanyak dua gram, vitamin C yang mampu memenuhi 93% kebutuhan harian, vitamin A yang mampu memenuhi 44% kebutuhan harian, kemudian asam folat sebesar 17% dari kebutuhan harian, dan mengandung beberapa mineral lain yang dibutuhkan tubuh.

  1. Mampu membantu menurunkan kadar gula darah

Dari beberapa sumber penelitian, buah pare terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kadar gula darah penderita kencing manis (Diabetes mellitus). Pare mampu membantu menurunkan kadar HbA1C pada penderita, serta mampu mengontrol dan memperbaiki sekresi insulin sehingga kadar gula darah dapat terjaga dengan baik.

  1. Mengandung zat anti kanker

Pada suatu penelitian didapatkan pare secara efektif mampu membunuh sel-sel ganas. Namun perlu diketahui kadar yang diperlukan berbeda-beda pada setiap orang.

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Konsumsi pare mampu menurunkan kolesterol jahat yaitu LDL dan trigliserida. Semakin banyak pare yang dikonsumsi, menunjukkan hasil yang baik dibandingkan konsumsi jumlah kecil.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Buah pare memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam satu cangkir pare (94 gram) memiliki kandungan serat sebanyak dua gram. Selain itu karena kadar serat yang tinggi, maka saluran cerna kita akan terasa lebih cepat penuh dan menjaga kenyang yang lebih lama.

  1. Dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Buah pare dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, dapat ditumis, dikukus, atau bisa dimakan mentah. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa nya yang pahit pare dapat diubah menjadi makanan yang enak, misalkan ditumis dengan bawang putih, tomat, dan telur.

Mengonsumsi sayur-sayuran secara teratur sangat diperlukan untuk menjaga pola hidup sehat kita, namun perlu diingat bahwa tidak ada satupun buah ataupun sayuran yang dikonsumsi sekali saja langsung dapat memenuhi kebutuhan harian seorang manusia. Agar Anda memperoleh manfaat yang maksimal, disarankan untuk berdiskusi lebih lanjut dengan ahli.

 

Referensi:

  • Health benefits of vegetables. Diakses pada: 2021, April 11 dari: webmd.com/diet/health-benefits-vegetables#1
  • Rachel L. (2019). 6 benefits of bitter melon (bitter gourd) and its extract. Diakses pada: 11 April 2021. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/bitter-melon
  • The nutrition source, vegetables and fruits. Harvard School of Public Health. Diakses pada: 2021, April 11 dari: hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/vegetables-and-fruits

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :