Beranda > Artikel > Ketahui Manfaat Wortel untuk Anak Anda

Ketahui Manfaat Wortel untuk Anak Anda

Apakah manfaat dari sayuran?

Sayuran merupakan komponen diet yang penting bagi tubuh kita. Secara alamiah sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Vitamin dan mineral yang dikandung dalam sayur seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, fosfor, dan asam folat. Mari kita lihat satu persatu secara detil manfaat yang diberikan oleh sayur-sayuran:

  1. Sayuran merupakan jenis makanan yang rendah lemak, rendah garam, dan rendah gula.

Sayuran menjadi sumber makanan yang mengandung banyak komponen serat dalam setiap sajiannya. Karena rendah lemak, rendah garam, rendah gula, sayur-sayuran dapat menjaga tubuh dan mencegah terjadinya obesitas, menurunkan kadar kolesterol darah, dan mengontrol tekanan darah.

  1. Sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit.

Tahukah Anda bahwa dalam setiap sajian sayur-sayuran mengandung antioksidan yang dapat menjaga tubuh Anda dari terserangnya oleh berbagai macam penyakit kronik seperti penyakit jantung, penyakit kencing manis, darah tinggi, dan penyakit keganasan.

 

Memberikan asupan sayur sayuran untuk anak

Selain orang dewasa, anak-anak harus dibiasakan untuk mengonsumsi sayur-sayuran. Sayur-sayuran dapat memberikan anak-anak nutrisi yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh mereka. Namun kesulitan sering dialami oleh orang tua karena anak tidak mau mengonsumsi sayur. Tetapi tahu kah Anda seberapa penting memberikan sayuran bagi anak-anak? Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh oleh anak-anak:

  1. Sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh anak-anak Anda untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Terutama penyakit kronis seperti penyakit jantung, kencing manis.

  1. Membiasakan anak untuk berperilaku hidup sehat.

Anak-anak mengikuti orang tua nya dalam berperilaku sehari-hari. Dengan membiasakan anak untuk hidup sehat, maka di masa depan anak akan terbiasa untuk melakukan apa yang dahulu dilakukan bersama orang tuanya.

 

Manfaat wortel

Wortel mungkin merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa jadi disukai oleh anak-anak. Apalagi dengan rasa nya yang manis, anak-anak bisa menyukainya. Salah satu olahan dari wortel adalah dibuat menjadi jus. Tetapi tahukah Anda apa saja manfaat wortel yang bisa diperoleh anak Anda? Yuk mari kita lihat sama-sama:

  1. Memperkuat sistem imun

Wortel kaya akan vitamin dan antioksidan salah satu nya adalah mengandung beta karoten. Senyawa ini memberikan warna yang menarik untuk wortel sehingga dapat berwarna merah cerah. Selain itu beta karoten juga diubah menjadi vitamin A. Salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A berperan dalam menjaga kulit, saluran cerna, dan saluan pernafasan.

  1. Melindungi gusi dan gigi.

Wortel memiliki mineral yang berperan sebagai antioksidan, yang menstimulasi gusi dan merangsang kelenjar ludah untuk mengeluarkan air liur. Fungsi air liur ini untuk menjaga kebersihan rongga mulut pada anak.

  1. Menjaga kesehatan saluran cerna pada anak.

Sayur dengan warna cerah ini memiliki kadar serat yang tinggi sehingga mampu untuk membantu melancarkan pencernaan anak.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan betakaroten pada wortel berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Fungsi nya memproduksi vitamin A, mencegah katarak, mencegah terjadinya penurunan fungsi penglihatan pada mata, dan mencegah rabun senja.

Sayur menjadi salah satu komponen penting dalam tumbuh kembang buah hati. Namun terkadang orang tua jarang memberikan asupan sayuran untuk anak-anaknya. Setelah melihat manfaat-manfaat yang dimiliki oleh sayuran, apakah Anda tetap tidak mau memberikan sayuran untuk buah hati? Yuk ajak buah hati Anda untuk hidup sehat mulai dari sekarang!

 

Referensi:

  • Fruit and vegetables. Diakses pada: 2021, April 11 dari: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/fruit-and-vegetables
  • Health benefits of carrots: the nutrious veggie kids love to eat. Diakses pada: 2021, April 12 dari: https://eminencekidsfoundation.org/health-benefits-carrots/
  • Vegetables: tips to encourage your child to eat more. Diakses pada: 2021, April 11. Dari: https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/healthy-eating-habits/vegetables

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :